mural
homeforward
Cara Belanja di Alibaba untuk Dijual Kembali dengan Profit Maksimal

Cara Belanja di Alibaba untuk Dijual Kembali dengan Profit Maksimal

Alibaba adalah salah satu platform e-commerce terbesar di dunia. Maka, wajar bila banyak pedagang online belanja di Alibaba untuk dijual lagi. Cara belanja di Alibaba pun terbilang mudah dengan banyak opsi pembayaran. Namun, dengan jutaan produk dari ribuan supplier, belanja di Alibaba bisa membingungkan bagi mereka yang belum terbiasa. 

Bagi pedagang online yang ingin belanja di Alibaba untuk dijual lagi, ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meraih cuan. Simak pembahasan tips dan trik berikut ini!

Buat Akun Alibaba

Untuk dapat bertransaksi di Alibaba, kamu harus punya akun di platform ini. untuk membuat akun, kunjungi situs web resmi Alibaba di www.alibaba.com kemudian klik “Join Free” dan isikan data-data yang diperlukan. Setelah mengisikan data, klik tombol "Create Account" dan lakukan verifikasi melalui email.

Setelah akun selesai dibuat, kamu bisa mulai menjelajahi situs dan mencari produk yang ingin dibeli.

 

          Baca Juga : Tips Belanja di Alibaba

Cari Produk Menarik untuk Dijual Kembali

Buat kamu yang tertarik menjadi reseller atau kulakan di Alibaba untuk dijual kembali, tentunya produk yang dibeli haruslah menarik sesuai kebutuhan konsumen. Ikuti tips berikut untuk mendapatkan produk yang tepat.

1. Tentukan Niche

Strategi berjualan yang baik adalah dengan menyasar satu niche saja. Karenanya, tentukan kategori produk yang ingin kamu jual dan fokuslah pada niche tersebut. Ini akan membantu mempersempit pencarian sehingga menemukan produk yang lebih spesifik dan menarik untuk pelanggan kamu.

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Saat melakukan pencarian produk, cobalah beberapa kombinasi kata kunci yang berbeda. Gunakan juga filter pencarian untuk mempersempit hasil pencarian kamu.

Alibaba memiliki filter pencarian yang sangat lengkap, seperti harga, jumlah pesanan minimum, lokasi, dan jenis produk. Hal ini akan membantu kamu menemukan produk yang cocok dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Pilih Supplier untuk Kulakan

Cara belanja di Alibaba haruslah teliti. Alibaba memiliki jutaan produk dari ribuan supplier yang berbeda. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli, tapi telusuri seluruh situs untuk menemukan supplier yang tepat. Cermatlah dalam menentukan supplier dan ikuti tips berikut:

1. Perhatikan Reputasi Supplier

Pastikan untuk memeriksa reputasi dan kredibilitas supplier sebelum memutuskan untuk membeli dari mereka. Perhatikan peringkat bintang, ulasan dari pelanggan sebelumnya, dan jumlah transaksi yang telah dilakukan.

2. Minta Sampel Sebelum Kulakan

Mintalah contoh produk dari supplier sebelum memutuskan untuk membeli dalam jumlah besar. Hal ini akan membantu kamu memeriksa kualitas produk dan memastikan bahwa produk yang kamu beli sesuai dengan ekspektasi.

3. Tinjau Pengalaman dan Keahlian

Kamu juga perlu memperhatikan pengalaman dan keahlian supplier di bidang produk yang ingin kamu beli. Pastikan mereka memiliki pengalaman yang cukup dan kemampuan untuk menyediakan produk berkualitas tinggi.

4. Perhatikan Komunikasi

Pastikan komunikasi dengan supplier lancar dan efektif. Perhatikan bagaimana mereka merespons pertanyaan dan kebutuhanmu. Mengingat banyak supplier Alibaba dari China, pastikan juga mereka memiliki staf yang berbahasa Inggris agar komunikasi lancar.

5. Periksa Ketentuan Pembayaran

Pastikan ketentuan pembayaran dengan supplier jelas dan bisa kamu penuhi. Buatlah kesepakatan tertulis dan jangan memberikan pembayaran penuh sebelum menerima produk.

6. Tinjau Kebijakan Pengembalian dan Garansi

Pastikan supplier memiliki kebijakan pengembalian dan garansi yang jelas. Pelajari dan pahami kebijakan tersebut sebelum memutuskan untuk membeli dari mereka.

Perhatikan Limit Transaksi Agar Bebas Pajak

Kebanyakan penjual di Alibaba adalah penjual berskala besar di Tiongkok. Karena belanja dari luar negeri, belanja di Alibaba kena pajak impor jika melampaui limit tertentu. Pembelian di Alibaba dikenakan pajak impor dengan harga produk minimum Rp45.000 atau $3.

Produk dengan harga di bawah $3 tidak dikenakan pajak impor, tapi masih akan dikenakan pajak lain seperti PPh. Namun, jika membeli barang dari Alibaba dengan nilai di atas $75, kamu tidak perlu membayar pajak lagi saat barang tersebut dikirimkan langsung ke Indonesia.

 

          Baca Juga : Wajib Dicatat! Ini Keuntungan dan Tips Belanja di Alibaba

Manfaatkan Promo dan Diskon

Alibaba sering menawarkan promosi dan diskon, terutama pada acara-acara besar. Pantau situs web dan aplikasi Alibaba secara berkala atau ikuti akun media sosial Alibaba untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promosi dan diskon.

Alibaba juga menyediakan kupon yang dapat digunakan untuk diskon tambahan atau potongan harga. Cari kupon yang sesuai dengan produk yang ingin kamu beli dan pastikan untuk menggunakannya saat melakukan transaksi.

Tentukan Metode Pengiriman agar Ongkir Murah

Belanja untuk dijual kembali, pastilah harus menekan biaya sebisa mungkin, termasuk menekan ongkir. Begini cara belanja di Alibaba agar ongkir murah:

  1. Lakukan negosiasi dengan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih baik
  2. Memaksimalkan pengiriman dalam satu paket untuk mengurangi biaya ongkir per unit barang
  3. Gunakan jasa pihak ketiga sebagai pengiriman
  4. Pilih metode pengiriman yang lebih ekonomis, seperti pengiriman laut
  5. Tentukan perusahaan logistik yang dapat dipercaya dengan mempertimbangkan waktu pengiriman, kualitas layanan, dan biaya tambahan
  6. Lakukan riset dan perbandingan antara berbagai opsi pengiriman untuk menemukan yang paling efektif dan efisien
  7. Cari kode promo dan diskon khusus untuk pengiriman 

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Langkah terakhir cara belanja di Alibaba yang tak kalah pentingnya adalah melakukan transaksi dengan metode pembayaran yang reliable. Apalagi, kulakan barang untuk bisnis pastilah melibatkan transaksi dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka, kamu perlu metode transaksi yang aman, mudah, dan cepat.

Nah, untuk keperluan transaksi belanja di Alibaba, kamu bisa memanfaatkan layanan Flip Globe dari Flip. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa menyelesaikan transaksi belanja di Alibaba dari smartphone.

Yuk, unduh aplikasi Flip untuk smartphone Android dan iOSCoba Flip sekarang juga dan rasakan kemudahan transaksi untuk keperluan bisnismu!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi