mural
homeforward
Tips Belanja di Alibaba

Tips Belanja di Alibaba

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, Alibaba dikenal sebagai salah satu pasar jual beli online kenamaan Asia. Marketplace ini memungkinkan penggunanya membeli berbagai produk lokal dan internasional secara mudah. Jika tertarik belanja di sini, berikut beberapa tips berburu barang di Alibaba. 

Baca juga: 

 

Membuat Akun Alibaba 

Membuat Akun Alibaba

Sumber : itworks 

Cara belanja di Alibaba yang pertama adalah membuat akun. Ya, tanpa akun kita tidak bisa mencari produk untuk dibeli ataupun dijual kembali. Cara membuat akun Alibaba cukup mudah, kamu hanya perlu memilih menu sign up dan ikuti instruksi yang tertera di layar. Saat pengisian biasanya kamu akan diminta untuk memilih sign up sebagai pembeli biasa atau wholesaler. Jika memilih menjadi wholesaler, kita tidak akan diperkenankan menjual produk Alibaba di tempat lain. Untuk menjual di tempat lain, kita butuh bantuan pihak ketiga atau e-commerce. 

 

Mencari Produk 

Filter Hasil Pencarian

Sumber : ukm indonesia 

Setelah proses sign up diselesaikan, kita bisa mulai mencari produk yang sedang diinginkan. Cara paling mudah adalah dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian di halaman paling atas situs. Namun jika ingin hasil yang akurat, carilah barang berdasarkan kategori. Pencarian berdasarkan kategori terletak di bagian pojok kiri halaman utama. 

 

Filter Hasil Pencarian 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, jangan ragu menggunakan fitur filter pencarian. Filter ini dapat membantu mengerucutkan hasil berdasarkan warna atau jenis barang. Misalnya, kamu sedang mencari rompi wanita warna hitam. Masukkan saja filter berdasarkan warna agar hasil pencarian hanya menunjukkan rompi wanita warna hitam. Pencarian barang dengan memanfaatkan fitur filter lebih efektif sebab kita bisa memperoleh barang yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan mudah. Kita juga tidak perlu berlama-lama browsing. 

 

Kirim Permintaan Penawaran 

Cara belanja di Alibaba selanjutnya adalah mengirimkan permintaan penawaran. Ya, kerennya belanja di marketplace ini, kita bisa mengirimkan penawaran ke beberapa supplier. Jadi barang yang diperoleh benar-benar sesuai harapan baik dari segi harga maupun kualitas. Untuk melakukan penawaran, kamu hanya perlu mengklik tombol “submit RFQ,” dan buatlah kiriman permintaan di halaman yang disediakan. Jika sudah, masukkan kata kunci produk dan tambahkan spesifikasi lain yang sesuai. Terakhir, tambahkan detail tujuan pengiriman dan metode pengiriman yang diinginkan. 

 

Cek Profil Penjual dan Review Toko 

Cek Profil Penjual dan Review Toko Alibaba

Sumber : Asean Today 

Demi lebih yakin, sebelum checkout dan menyelesaikan transaksi, cek dulu profil penjual dan review toko mereka. Pastikan kamu membeli di penjual yang sudah terverifikasi. Lihat pula lencana profil untuk memastikan bahwa penjual yang dipilih benar-benar terpercaya. Setidaknya ada 3 jenis lencana penjual di Alibaba, yaitu: 

- A&V 

Penjual dengan lencana ini telah melalui proses verifikasi Alibaba ataupun jasa pihak ketiga pemberi verifikasi. Proses verifikasi yang dilalui tersebut biasanya berupa pemeriksaan orisinalitas untuk mencegah penjualan barang palsu. 

- Onsite Check

Penjual dengan lencana ini berarti telah melalui proses verifikasi tempat oleh pihak Alibaba. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa toko tersebut benar-benar ada di dunia nyata dan barang yang dijual bukan hanya barang abal-abal atau foto semata. 

- The Assessed Supplier Check

Lencana ini menunjukkan bahwa penjual telah diverifikasi oleh pihak ketiga yang dipercaya Alibaba. Biasanya lencana ini diberikan pada penjual yang berlokasi di luar China. 

 

Checkout Belanjaan 

Terakhir, lakukan checkout belanjaan dengan kembali ke cara ketiga. Saat memilih jasa pengiriman, pilih yang bisa mengirim barang ke Indonesia. Setidaknya ada beberapa pilihan ekspedisi terpercaya yang melayani pengiriman barang ke Indonesia yaitu DHL atau EMS (Express Mall Service). Setelah itu kita bisa lanjut ke transaksi pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih untuk menyelesaikan transaksi di Alibaba. 

Untuk pembayaran menggunakan rupiah, kamu bisa memilih layanan Western Union, Alfamart, POS Indonesia, Pegadaian, atau Indomaret. Jika ingin lebih praktis, pilih pembayaran dengan metode transfer bank melalui Flip. Jadi tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa menyelesaikan transaksi belanja di Alibaba dengan mudah. 

Untuk pembayaran melalui Flip, kita tidak akan ditarik biaya administrasi. Jika pembayaran sudah dilakukan, kita tinggal menunggu barang sampai di rumah. Mengingat Alibaba merupakan marketplace asing, proses pengiriman barang tentu butuh waktu lama. Barang yang dibeli dikirim langsung dari China dan butuh proses untuk bisa masuk ke Indonesia. 

Meskipun begitu, kita tidak perlu khawatir. Alibaba juga sudah bekerja sama dengan pihak ketiga sehingga setiap barang yang dikirim bisa dipastikan sampai ke pembeli dengan mudah. Apabila selama transaksi kita mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Alibaba. 

 

Baca juga: Cara Belanja di Alibaba untuk Dijual Kembali dengan Profit Maksimal

Nah, itulah cara belanja di Alibaba yang semakin mudah berkat adanya fitur transfer tanpa admin dari Flip. Jadi pastikan aplikasi Flip ada di smartphone sebelum berburu barang favorit di Alibaba, ya! Selamat berbelanja.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi