mural
homeforward
Kenalan dengan Kartu Kredit dan Cara Bayar Kartu Kredit, Yuk!

Kenalan dengan Kartu Kredit dan Cara Bayar Kartu Kredit, Yuk!

Sebelum membahas tentang cara bayar kartu kredit, mari kita kenalan sedikit dengan kartu ajaib ini. Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang sangat populer dan punya daya tariknya sendiri pada zaman di mana pembayaran serba nontunai seperti sekarang. Dulu hanya orang-orang tertentu yang bisa punya, sekarang kepemilikannya sudah jadi barang biasa saja,

Pertama kali muncul pada era 1900-an di Amerika Serikat, dulunya disebut "Charge-It" dan diperkenalkan oleh John Biggins,  seorang bankir dari Flatbush National Bank of Brooklyn. Kartu kredit mempunyai bentuk yang kurang lebih sama dengan kartu ATM atau kartu debit. Mari kita simak ulasan lebih lanjutnya berikut.

Baca Juga: Serba-serbi Suku Bunga Kredit Bank di Indonesia

Sejarah Singkat Kartu Kredit

sejarah singkat kartu kredit

Sumber: Freepik

Pada tahun 1946, diperkenalkan kepada masyarakat Amerika sebuah sistem pembayaran kredit dengan nama "Charge-It" oleh seorang bankir bernama John Biggins dari Flatbush National Bank of Brooklyn. Tujuannya untuk memudahkan konsumen (nasabah bank) saat bertransaksi dengan merchant yang jadi nasabah dari bank tersebut. 

Proses berikutnya, merchant-merchant menyerahkan bukti slip transaksi konsumen kepada pihak bank. Selanjutnya, bank akan menagihkan kepada nasabahnya yang menggunakan fasilitas "Charge-It". Untuk bisa diproses, nasabah tentunya harus memiliki rekening atau dana di bank tersebut.

Selanjutnya diciptakan kartu yang bernama Diners Club Card oleh seorang pengusaha bernama Frank McNamara. Diners Club yang saat itu merupakan kartu berjenis "charge card". Dengan kartu ini  konsumen dapat menunda pembayaran pada saat bertransaksi, tetapi pada bulan berikutnya konsumen nanti membayar penuh. 

Pada tahun 1958, American Express memperkenalkan kartu kredit mereka yang dikenal sebagai AMEX. Tidak lama kemudian, Bank of America meluncurkan kartu kreditnya sendiri yang diberi nama VISA. 

Pada dekade 1970-an, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peraturan terkait penggunaan dan aturan kartu kredit. Sejak itu, perusahaan kartu kredit pun berkembang sangat pesat dan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Pentingnya Bayar Kartu Kredit Tepat Waktu

pentingnya bayar kartu kredit tepat waktu

Sumber: Freepik

Bayar kartu kredit tepat waktu adalah kunci untuk keuangan personal yang sehat. Selain agar terhindar dari denda dan bunga yang tinggi, membayar tagihan tepat waktu juga akan membantumu membangun reputasi kredit yang baik.  Reputasi kredit yang baik dapat membuka pintu untuk pinjaman atau fasilitas kredit lainnya di masa depan.

Solusi Praktis Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit

Kirim uang jadi hemat pakai Flip

Dulu, sebelum saluran pembayaran elektronik sebanyak sekarang, cara bayar kartu kredit adalah dengan melalui ATM dan datang ke bank secara langsung. Perkembangan teknologi kini memungkinkan banyak layanan pembayaran online yang tersedia baik saluran pembayaran elektronik dari bank maupun dari perusahaan teknologi keuangan.

Berikut ini beberapa cara praktis bayar kartu kredit yang kamu punya:

1. Melalui Internet Banking

Sekarang kebanyakan bank sudah menyediakan layanan pembayaran tagihan kartu kredit melalui internet banking mereka. Kamu bisa dengan mudah masuk ke akun internet banking yang kamu punya, lalu pilih opsi pembayaran tagihan, isi informasi yang diperlukan, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

2. Melalui ATM

Cara bayar tagihan kartu kredit berikutnya adalah melalui mesin ATM. Cukup kunjungi mesin ATM bank yang terkait dengan kartu kredit yang kamu punya, lalu pilih opsi pembayaran tagihan, dan masukkan informasi yang diperlukan. Langkah-langkah pembayaran melalui ATM biasanya cukup praktis untuk diikuti.

3. Autodebet

Beberapa bank menawarkan opsi autodebet untuk bayar kartu kredit, di mana pembayaran tagihan kartu kredit nanti secara otomatis akan  dipotong dari rekening bank kamu pada tanggal jatuh tempo. 

Ini adalah cara yang sangat nyaman untuk memastikan pembayaran tepat waktu. Tapi tentu saja untuk cara ini berhasil, pastikan saldo tabunganmu cukup untuk membayar nominalnya.

Baca Juga: 6 Perbedaan Kredit dan Debit untuk Pembayaran

Cara Bayar Kartu Kredit dengan Flip

Flip adalah perusahaan teknologi keuangan di Indonesia yang menawarkan solusi keuangan berbasis transfer uang. Tapi Flip juga bisa kamu gunakan untuk bayar kartu kredit, caranya pun tidak sulit:

  1. Unduh dulu aplikasi Flip dari Google Play Store atau App Store dan buat akun dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan masuk ke akunmu.
  2. Pilih opsi “Kartu Kredit” setelah membuka menu “Top Up & Tagihan”. 
  3. Pilih penyedia dan masukkan nomor kartu kreditmu.
  4. Masukkan jumlah pembayaran dan selesaikan transaksi dengan metode yang kamu inginkan.
  5. Selesai.

Menggunakan aplikasi Flip, bayar tagihan kartu kredit jadi semakin mudah tanpa stres. Kamu juga bisa berhemat karena bisa mendapatkan bebas biaya admin di Flip untuk 2 transaksi pertama setiap bulannya. Transaksi melalui aplikasi ini juga dijamin aman karena Flip terlisensi dan diawasi Bank Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut cara bayar kartu kredit dan mulai menggunakan layanan Flip.id, kamu bisa kunjungi situs web resminya di Flip. Jadi, jangan biarkan tagihan kartu kredit menumpuk dan manfaatkan layanan praktis ini sekarang juga!

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi