mural
homeforward
BPJS Kesehatan Bermasalah? Cari Tahu Call Center BPJS Kesehatan di Sini!

BPJS Kesehatan Bermasalah? Cari Tahu Call Center BPJS Kesehatan di Sini!

Untuk memudahkan warga negara Indonesia dalam mengatasi masalah kesehatan, pemerintah menyediakan layanan BPJS Kesehatan. Dengan layanan jaminan sosial ini, masyarakat bisa menerima beban biaya yang lebih ringan jika sewaktu-waktu ada masalah kesehatan yang terjadi. 

Nah, demi memberikan pelayanan yang maksimal, pihak BPJS Kesehatan juga menyediakan call center untuk menjawab pertanyaan atau pengaduan masyarakat. Memangnya, berapa nomor call center BPJS Kesehatan ini?

Layanan Call Center BPJS Kesehatan 

call center BPJS Kesehatan

Sumber: Dunia Fintech

Kalau kamu tengah menghadapi kendala terkait BPJS Kesehatan, jangan khawatir. Layanan call center BPJS Kesehatan bisa dihubungi melalui nomor 1500400. Untuk memastikan bahwa semua orang yang membutuhkan bantuan dapat terlayani, tersedia care center 165 yang beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Sayangnya, nomor tersebut tidaklah gratis. Bagi masyarakat yang ingin menghubungi call center BPJS kesehatan bebas pulsa, bisa mencoba cara-cara lain yang akan dijelaskan di bawah.

Nah, saat menghubungi nomor BPJS Kesehatan call center 24 jam, tersedia berbagai layanan berikut ini:

1. Layanan VIKA

Layanan VIKA merupakan asisten virtual yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar BPJS Kesehatan. Layanan ini dapat diakses melalui website BPJS Kesehatan, aplikasi mobile JKN, dan melalui layanan call center BPJS kesehatan

Lewat layanan VIKA, masyarakat dapat menanyakan informasi seputar cara mendaftar BPJS Kesehatan, cara mengecek status kepesertaan, cara membayar iuran BPJS, cara mengganti data pribadi, dan masih banyak lagi.

2. Perubahan atau mutasi data

Karena alasan-alasan tertentu, bisa saja ada data diri kamu yang berubah setelah mendaftar BPJS Kesehatan. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan di masa depan, tentu kamu perlu melakukan perubahan data agar sesuai dengan yang terkini.

Nah, kalau kamu ingin melakukan perubahan data pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya, kamu bisa melakukannya melalui layanan call center BPJS Kesehatan. Tak harus menelepon, kamu juga bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk memproses perubahan yang diinginkan.

3. Pengaduan

Jika terdapat masalah terkait layanan BPJS Kesehatan, masyarakat dapat menghubungi nomor BPJS Kesehatan call center 24 jam untuk melakukan pengaduan. Pengaduan ini bisa berupa masalah klaim, masalah pelayanan kesehatan, atau masalah lain yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

Cara Lain Menghubungi BPJS Kesehatan 

Sumber: Freepik

Selain layanan call center, masih ada beberapa cara lain untuk menghubungi layanan BPJS Kesehatan, di antaranya:

1. Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN adalah sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan. Di dalam aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan beberapa hal, seperti cek status kepesertaan, cek saldo iuran, cek riwayat kesehatan, hingga mengajukan klaim.

2. PANDAWA

Tidak semua orang punya banyak waktu luang untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, apalagi kalau harus antre lama menunggu giliran. Untuk mengatasi hal ini, ada Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) yang akan memudahkanmu mengakses kebutuhan administrasi.

Mulai dari daftar baru, penambahan anggota keluarga, perubahan FKTP, dan lainnya, sekarang bisa dilakukan lewat WhatsApp saja ke nomor 08118165165. Masyarakat juga bisa mengirimkan email ke alamat [email protected].

3. CHIKA 

Kalau kamu tipe orang yang kurang nyaman berbicara langsung dengan operator call center BPJS kesehatan, kamu tetap bisa menghubungi mereka lewat chat. Telah hadir Chika, alias chat assistant JKN, yang bisa membantu saat kamu membutuhkan pelayanan informasi atau melakukan pengaduan.

Chika bisa diakses melalui Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp. Respons yang akan kamu terima juga super cepat karena chat-nya berupa sistem AI, sehingga kamu bisa langsung mengakses layanan yang kamu butuhkan. Hubungi nomor 0811-8750-400 atau Telegram (@BPJSKes_bot) untuk berkomunikasi dengan Chika.

Baca Juga : Syarat dan Cara Bikin BPJS Kesehatan Online di Tahun 2023

Sebagai program jaminan kesehatan bagi semua masyarakat Indonesia, ada beberapa cara yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk menghubungi mereka. Pilihannya mulai dari akun media sosial ataupun call center BPJS kesehatan bebas pulsa yang siap melayanimu 24 jam. Meski begitu, tetap saja ada beberapa masalah yang sering dihadapi masyarakat, seperti masalah pembayaran iuran.

Kamu memang bisa membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM atau internet banking, tapi sayangnya, masih banyak orang yang mengalami kesulitan. Untuk membantu  mengatasi kebingungan dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, kamu bisa pakai aplikasi Flip biar lebih praktis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi Flip di Playstore atau App Store, 
  2. Pilih menu BPJS Kesehatan, 
  3. Masukkan nomor kepesertaan dan pilih periode tagihan,
  4. Setelah muncu detail tagihan, kemudian klik Pilih Pembayaran, 
  5. Pilih metode pembayaran yang disediakan. Bisa melalui Flip Saldo, Transfer Bank atau Virtual Account.
  6. Klik Lanjutkan dan selesaikan pembayaran. 

Sangat mudah bukan? selain itu proses cepat, dan yang tidak kalah penting semua transaksi kamu aman. Jadi, tunggu apa lagi? Download Flip sekarang juga!

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi