mural
homeforward
Biaya Pasang Listrik Token dan Panduan Lengkapnya

Biaya Pasang Listrik Token dan Panduan Lengkapnya

Jika ditanya salah satu kebutuhan primer masyarakat modern itu apa saja, jawaban yang akan masuk jajaran atas tentunya adalah listrik. Banyak sekali peran listrik dalam kehidupan sehari-hari maupun industri. 

Kemajuan teknologi pun kini memungkinkan hadirnya listrik token yang lebih praktis daripada listrik pascabayar. Untuk kamu yang berminat untuk pindah ke listrik token, mari disimak  panduan lengkap dan biaya pasang listrik token berikut ini.

Baca Juga: Catat! Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA Mobile

Tentang Listrik Token

biaya pasang token listrik baru

Sumber: Envato

Listrik token adalah sebuah metode pra-bayar di mana pelanggan harus membeli kredit listrik dalam bentuk token yang nanti akan dimasukkan pada meteran listrik di rumah mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengontrol dan memantau pengeluaran listrik mereka.

Cara seperti ini mirip dengan metode pembayaran pulsa seluler di mana pelanggan harus membeli dahulu kreditnya sebelum bisa menggunakan jaringan selulernya.

Biaya Pasang Listrik Token Baru

Pemasangan listrik baru mematok biaya yang berbeda-beda tergantung pada berapa daya yang ingin kamu pasang. Biaya pasang listrik token maupun pascabayar memiliki tarif dasar penyambungan yang sama.

Sebagai acuan, berikut ini informasi estimasi biaya pemasangan listrik baru berdasarkan Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2017.

  • Biaya pasang listrik 450 VA = Rp421.000
  • Biaya pasang listrik 900 VA = Rp843.000
  • Biaya pasang listrik 1.300 VA = Rp1.218.000
  • Biaya pasang listrik 2.200 VA = Rp2.062.000

Untuk perhitungan lebih rinci mengenai simulasi biaya penyambungan listrik baru, kamu bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile dan menggunakan menu “Simulasi Biaya”. Pada menu tersebut kamu bisa memasukkan data-data berkaitan dengan pemasangan dan melihat simulasi biaya yang harus kamu keluarkan nanti.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Sebelum memutuskan untuk memasang listrik token ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan selain biayanya. Salah satunya yaitu soal kemudahan pembelian token listrik itu nantinya. Apakah kamu punya akses untuk membeli token listrik yang mudah dan praktis.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga yaitu mengenai penggunaan energi listrik harian kamu. Bagaimana pola konsumsi energinya, karena jika misalkan kamu tipe yang menggunakan energi besar, kejadian token habis ketika sedang dipakai bisa jadi akan sangat mengganggu.

Bujet juga merupakan hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih tipe listrik. Listrik token memungkinkan kamu untuk mengatur bujet konsumsi listrik dengan lebih pasti karena kamu membeli hanya sebanyak yang kamu bisa. Sementara jika listrik pascabayar, kamu bisa dikejutkan sendiri oleh besarnya tagihan di akhir periode pembayaran.

Cara Pemasangan Listrik Token Baru

beli token dan bayar listrik di flip

Pemasangan listrik di era digital ini semakin mudah. PLN pun sudah menerapkan teknologi digital dan daring untuk memperbaiki dan mempermudah pelayanan mereka. Pemasangan listrik PLN saat ini bisa dilakukan dengan dua cara: online dan offline.

1. Daftar Secara Daring (Online)

Buat kamu yang sibuk dan punya segudang aktivitas, opsi mendaftar layanan pemasangan listrik baru secara daring dapat menjadi solusi yang lebih praktis. Kelebihannya adalah pelanggan tidak perlu repot-repot datang ke kantor PLN.  Cukup mengurus proses pendaftaran dengan cepat dan efisien menggunakan gawai saja.

Cara pendaftarannya pun sangat mudah, bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Setelah proses pendaftaran selesai, tim teknisi PLN akan langsung melakukan pemasangan kWh meter yang baru di lokasi pelanggan.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk mendaftar layanan pemasangan listrik baru melalui PLN Mobile:

  1. Download aplikasi PLN Mobile dari PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah berhasil terpasang di gawai, lakukan pendaftaran akun dan masuk ke dalam aplikasi.
  3. Pilih menu “Pasang Baru Listrik” di beranda aplikasi.
  4. Lengkapi formulir pendaftaran dengan informasi yang dibutuhkan, seperti lokasi pemasangan, detail layanan, data SLO, dan data pelanggan. Pastikan kamu memilih tipe prabayar jika ingin memasang listrik token.
  5. Setelah formulirnya diisi lengkap, klik “kirim permohonan”.
  6. Setelah permohonan disetujui, lakukan pembayaran biaya pasang listrik token melalui ATM atau di kantor PLN terdekat.
  7. Setelah seluruh proses selesai, akan ada tim teknisi penyambungan yang melaksanakan pemasangan kWh meter di rumahmu.

Baca Juga: Kenapa Tagihan Listrik Belum Tersedia? Ini Jawabannya

2. Daftar ke Kantor PLN

Cara ini tentunya adalah cara lama yang mungkin lebih familiar jika kamu tidak suka pendaftaran online. Kamu bisa datang ke kantor PLN terdekat dan membawa berkas-berkas yang diperlukan untuk pendaftaran seperti KTP atau surat kuasa jika permohonanmu diwakilkan orang lain.

Nanti akan ada petugas mengarahkan dokumen yang harus kamu isi dan prosedurnya. Setelah administrasi selesai akan ada petugas PLN yang datang untuk survei pemasangan listriknya. Setelah survei kamu akan diminta melakukan pembayaran biaya pasang listrik token melalui ATM atau kantor PLN langsung.

Itu dia informasi singkat mengenai panduan dan biaya pasang listrik token untuk kamu yang berniat melakukan penyambungan listrik baru. Setelah listrik terpasang kamu tidak perlu bingung untuk pembelian tokennya, karena kamu bisa menggunakan aplikasi Flip saja.

Flip dikenal sebagai aplikasi transfer antarbank gratis, juga sudah memiliki fitur bayar tagihan listrik dan beli token listrik. Dengan harga yang lebih murah, tentu menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan bayar tagihan listrik (pascabayar) dan beli token listrik (prabayar). 

Semoga bermanfaat!

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip

*) Biaya pasang listrik diatas belum termasuk biaya lainnya. Cek selengkapnya di aplikasi PLN Mobile

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi