mural
homeforward
Minat Kuliah di Prancis? Yuk Cari Tahu Biaya Studinya!

Minat Kuliah di Prancis? Yuk Cari Tahu Biaya Studinya!

Kuliah di Prancis memberi peluang untuk mendapat perspektif budaya baru. Tidak heran jika Prancis berhasil menarik minat ribuan mahasiswa internasional tiap tahunnya. Melalui ulasan ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai alasan Prancis jadi tujuan studi, estimasi biaya kuliah, hingga beasiswa yang ditawarkan. 

kuliah di prancis

Sumber : Envato

Alasan Prancis Jadi Tujuan Mahasiswa untuk Studi 

Prancis punya daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa. Tentunya daya tarik ini tidak hanya terkait soal pendidikan saja, melainkan berbagai faktor pendukung lain yang kami jelaskan di bawah ini: 

Kualitas Pendidikan

Sistem pendidikan di Prancis sangat baik, terbukti dengan masuknya 32 institut pendidikan mereka di daftar universitas terbaik dunia. 

Selaras dengan kualitasnya, jurusan pilihan kuliah di Prancis juga beragam. Bahkan ada banyak jurusan yang populer karena menjadi best courses. Contohnya seperti Data Sciences, Mathematics, hingga Natural Sciences. 

Infrastruktur yang Bagus

Negara ini memiliki infrastruktur yang bagus sehingga mendukung mobilitas warganya, termasuk juga para mahasiswa internasional. Kemudahan akses dari dan ke manapun dan juga ketersediaan fasilitas umum yang layak mampu menumbuhkan rasa nyaman. 

Bahasa

Salah satu persyaratan kuliah di Prancis adalah menguasai bahasa Prancis. Ini menjadi nilai lebih karena kamu mendapat kemampuan baru dalam berbahasa. Apalagi saat ini semakin bertambah perusahaan Prancis di Indonesia. Selain itu, bahasa Prancis  menjadi bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. 

Warisan Budaya

Budaya dan sejarah Prancis menjadi alasan lain mengapa negara ini menjadi tujuan studi. Ada lebih dari 40.000 monumen dan situs dilindungi, 41 situs budaya berstatus warisan budaya UNESCO, 8.000 museum, dan ratusan festival setiap tahunnya yang bisa kamu eksplor. 

Subsidi

Cara kuliah di Prancis bisa kamu tempuh melalui jalur mandiri maupun beasiswa. Namun, sebagai mahasiswa internasional, kamu di posisi menguntungkan karena mendapat cukup banyak kemudahan. 

Kemudahan ini dalam bentuk subsidi oleh pemerintah Prancis saat menempuh studi. Ada subsidi biaya pendidikan, transportasi, hingga asuransi kesehatan gratis. 

Prospek Karir dan Bisnis

Prancis adalah salah satu negara yang berpengaruh dalam perekonomian dunia. Prospek karir dan bisnis para mahasiswa yang lulus dari universitas di Prancis sangat baik. 

Ekonomi negara yang beribukota di Paris ini juga ada di sektor pariwisata, teknologi, transportasi, energi, hingga agrikultur. Kamu berkesempatan untuk masuk ke sektor manapun sesuai dengan keahlian. 

Gerbang Menuju Eropa

Prancis bisa menjadi gerbang masuk ke negara-negara Eropa lain karena posisinya strategis. Kamu bisa mengeksplor negara-negara lain saat masa libur tiba. Total ada 6 negara terdekat termasuk Spanyol, Italia, Belgia, Jerman, Inggris, hingga Luxembourg. 

Baca juga: Segini Biaya Kuliah di Eropa, Mana yang Termurah?

Estimasi Biaya Kuliah dan Hidup di Prancis

Pengeluaran selama menempuh studi di Prancis terbagi menjadi dua bagian yakni biaya hidup dan biaya kuliah. Biaya hidup di negara ini bervariasi tergantung bagaimana kamu mengatur keuangan dan gaya hidup. Namun, rata-rata biaya hidup di kota Paris antara  ⍷ 800 hingga ⍷ 1.000. Sementara biaya ini turun menjadi ⍷ 600 - ⍷ 800 untuk kota lain. 

Lalu bagaimana dengan biaya kuliah di Prancis? 

Ada dua jenis universitas di Prancis yakni swasta dan negeri. Biaya kuliah di universitas negeri tentunya lebih murah dari universitas swasta. Apalagi pemerintah Prancis memberikan subsidi sebesar ⅔ dari total biaya pendidikan. Jadi, kamu hanya perlu membayar ⅓ biaya studi saja. 

Rata-rata biaya studi di Prancis adalah ⍷ 2770 per tahun. Namun beberapa universitas negeri di Prancis ada yang menawarkan biaya studi lebih murah lagi. 

Daftar Beasiswa untuk Meringankan Biaya Studi

Biaya untuk studi di Prancis mungkin terasa berat bagi beberapa orang. Namun, ada beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus, pemerintah Indonesia, dan juga Prancis yang bisa kamu manfaatkan. Apa saja beasiswanya? 

Beasiswa dari Universitas

Setiap universitas di Prancis memiliki program beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswanya. Rata-rata beasiswa berbentuk bantuan potongan biaya pendidikan, namun ada juga yang fully-funded

Eiffel Scholarship

Beasiswa kuliah di Prancis ini khusus untuk jenjang S2 dan S3 yang mencakup biaya studi, biaya hidup, hingga perjalanan PP. 

LPDP

Ini adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yang mencakup biaya studi dan biaya pendukung. Total ada 17 institusi pendidikan di Prancis yang masuk daftar universitas LPDP. 

IFI Excellence

Beasiswa ini merupakan program dari pemerintah Prancis dan tersedia untuk jenjang S1, S2 serta S3. Melalui beasiswa ini, kamu bisa mendapat bantuan berupa biaya studi, biaya hidup, pembuatan visa, perjalanan PP, hingga asuransi. 

Baca Juga: Catat, 8 Universitas Di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!

Jika kamu berhasil kuliah di Prancis dengan beasiswa maupun biaya mandiri, pastikan untuk tidak melewatkan Flip Globe. Layanan ini akan sangat membantu transaksi keuanganmu karena cakupannya sudah mencapai lebih dari 50 negara di dunia. Transfer dana lebih cepat dan mudah, lho! 

Yuk, unduh aplikasi Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi