mural
homeforward
Nggak Beda Jauh dari Indonesia, Ini Besaran Biaya Hidup di Turki

Nggak Beda Jauh dari Indonesia, Ini Besaran Biaya Hidup di Turki

Punya banyak situs bersejarah, Turki menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan. Mulai dari Masjid Hagia Sophia, Benteng Konstantinopel, hingga Cappadocia, membuat negara ini tampak seperti negeri dongeng. Namun siapa sangka, biaya hidup di Turki tak jauh berbeda dari Indonesia. Nggak percaya? Simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Termasuk Kota Kaya, Ini Biaya Hidup Di Dubai Selama Sebulan

Mengenal Turki dan Gaya Hidupnya

turki

Sumber : Unsplash

Turki adalah negara yang unik, selain punya banyak destinasi wisata, negara ini juga berada di dua benua sekaligus. Secara geografis, 97 persen wilayah Turki masuk ke Benua Asia. Sementara sisanya, masuk ke wilayah Eropa. Hal ini membuat masyarakat Turki memiliki perpaduan gaya hidup antara Barat dan Timur.

Namun demikian, Turki lebih mengidentifikasi diri sebagai negara Eropa. Hal itu terwujud dengan keputusan mereka mengikuti event-event Eropa seperti European Games, dan tidak mengikuti event Asia seperti Asian Games.

Luas negara ini adalah 783 ribu kilometer persegi atau setara dengan luas Pulau Papua. Menurut Population Today, saat ini populasi Turki mencapai 85,8 juta jiwa, dan mayoritas bekerja di sektor jasa, industri, serta pertanian. Melansir Bloomberg Technoz,  upah minimum di Turki adalah US$483 atau sekitar Rp7,2 juta per bulan.

Secara umum, dengan jumlah gaji tersebut, masyarakat di sana masih bisa mencukupi berbagai kebutuhan dengan baik. Artinya, biaya hidup di Turki memang tidak terlalu tinggi. Bahkan, tidak beda jauh jika dibanding biaya hidup di Indonesia, sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin menjadi ekspatriat.

Rata-Rata Biaya Hidup di Turki

Buat yang ingin merantau ke Turki, entah untuk wisata, bekerja, maupun menempuh studi, tak ada salahnya jika terlebih dahulu mencari informasi terkait biaya yang diperlukan untuk hidup di sana.

Dikutip dari Okezone, biaya hidup di negara yang beribu kota di Ankara itu hanya sekitar US$300 hingga US$400 atau setara Rp4,5 hingga Rp6 juta. Masih di bawah upah minimum yang dapat diterima pekerja di sana. Secara lebih detail, berikut rincian biaya hidup untuk keluarga, pekerja, maupun mahasiswa asing yang berada di Turki.

Untuk Keluarga Asing

Setiap keluarga di Turki, termasuk keluarga yang berisi warga negara asing, memiliki beberapa kebutuhan pokok agar bisa tinggal di Negeri Pesakitan Eropa tersebut secara nyaman. Di antaranya adalah tempat tinggal, makan, transportasi, dan lain-lain.

Nah, kebutuhan biaya hidup di Turki untuk tempat tinggal bisa dibilang cukup terjangkau. Kamu bisa menyewa rumah untuk sekeluarga hanya dengan membayar sekitar 800 hingga 1.500 Lira Turki atau sekitar Rp448 ribu hingga Rp841 ribu setiap bulannya. Tentunya harga sewa ini bisa berbeda di tiap wilayah dan tipe rumah.

Sementara itu, biaya hidup keluarga di Turki untuk kebutuhan makan juga tak kalah murah. Kamu masih bisa membeli makanan dengan harga mulai 6 hingga 30 Lira Turki atau sekitar Rp3 ribu hingga Rp16 ribu.

Untuk transportasi, ada berbagai moda yang bisa digunakan. Mulai dari transportasi lokal, taksi, mobil, dan sebagainya. Biaya yang diperlukan pun masih cukup terjangkau, mengingat harga bahan bakar kendaraan di sana hanya sekitar 7,4 Lira Turki atau setara dengan Rp4 ribu per liternya.

Untuk Pekerja Asing

Kebutuhan biaya hidup untuk pekerja asing di Turki tak jauh berbeda dengan kebutuhan keluarga, sebab biasanya keluarga asing yang tinggal di Turki pun juga bekerja. Hanya saja, jika keluarga harus mengeluarkan biaya untuk setiap anggota yang ditanggung, pekerja yang hanya sendiri cukup memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Dari estimasi kebutuhan biaya hidup di Turki untuk keluarga di atas, pekerja asing bisa langsung menghitung untuk kebutuhannya sendiri. Jika memang tak ada kebutuhan lain, atau gaya hidupnya biasa-biasa saja, pekerja di Turki bisa hidup layak dan menabung banyak dari penghasilannya.

Untuk Mahasiswa Asing

Sementara itu, biaya hidup untuk mahasiswa asing sedikit berbeda dari biaya dua kategori warga asing sebelumnya. Hal tersebut karena selain membayar biaya untuk kebutuhan sehari-hari, mahasiswa juga perlu membayar kebutuhan kuliah, seperti biaya per semester, praktikum, buku, dan lainnya.

Menurut data Kumparan, biaya kuliah di Turki sangat beragam, bergantung kampus dan program studinya. Secara umum, kisarannya berada di angka 1.700 Lira Turki hingga 10.700 Lira Turki atau sekitar Rp953 ribu hingga Rp6 juta, sesuai kurs saat ini.

Namun demikian, jika kamu mendapatkan beasiswa, hal tersebut akan sangat meringankan dalam memenuhi biaya hidup di Turki. Saat ini ada banyak sekali beasiswa yang bisa diraih oleh warga negara asing untuk kuliah di Turki, baik di tingkat S1, S2, maupun S3.

Tips Menghemat Biaya Hidup di Turki

turki

Sumber : Unsplash

Tidak jauh berbeda dari tips menghemat biaya hidup di negara lain, selama di Turki kamu bisa melakukan beberapa hal berikut agar bisa menyimpan lebih banyak dana.

  • Selalu membuat anggaran belanja bulanan dan menaatinya.
  • Membeli bahan makanan dan memasak sendiri dibanding beli jadi.
  • Tidak mengikuti gaya hidup hedon.
  • Rajin mencari promo sebelum belanja.
  • Mau mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan bekerja sampingan.

Jika tips ini kamu lakukan, kebutuhan biaya hidup di Turki pun bisa semakin ditekan. Artinya, kamu bisa hidup dengan lebih nyaman selama di sana.

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan JHT

Demikian halnya jika kamu ingin transfer uang ke luar negeri. Ketika bisa memilih platform transfer yang tepat, kamu pun bisa lebih hemat. Oleh sebab itu, jika perlu transfer ke luar negeri, seperti ke Turki atau negara lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Flip yang telah dilengkapi fitur Flip Globe.

Melalui fitur tersebut, kamu bisa transfer uang antarnegara secara cepat, mudah, dan murah. Cukup download aplikasinya di Play Store atau App Store, lalu bikin akun, buka fitur Flip Globe, kemudian pilih negara tujuan dan masukkan nominal. Proses transfer pun bisa segera dilakukan. Pakai Flip, dijamin semua beres!

new banner flip globe
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi