mural
homeforward
Begini Cara Belanja di AliExpress Tanpa Pajak di Indonesia

Begini Cara Belanja di AliExpress Tanpa Pajak di Indonesia

Cara belanja di AliExpress sebetulnya tidaklah sulit. Apalagi situs belanja luar negeri ini memang menarik karena menawarkan berbagai produk yang unik, berkualitas, dan murah. Namun, ada satu hal yang sering membuat konsumen Indonesia ragu untuk berbelanja di sana: pajak. 

Ya, barang impor yang masuk ke Indonesia dikenakan bea masuk dan pajak impor yang bisa membuat harga barang menjadi lebih mahal. Lantas, bagaimana cara belanja di AliExpress tanpa pajak di Indonesia? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

 

          Baca Juga : Wajib Dicatat! Ini Keuntungan dan Tips Belanja di Alibaba

Pengaruh Pajak Impor di Indonesia pada harga produk Luar Negeri

Pajak impor adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah Indonesia terhadap barang-barang yang masuk ke wilayah Indonesia dari luar negeri. Pajak impor terdiri dari bea masuk, PPN, dan PPh 22 impor. 

Pajak impor dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor perdagangan karena memberikan sumber pendapatan bagi pemerintah Indonesia. Hal ini dapat digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, pajak impor memiliki pengaruh pada harga produk luar negeri yang dijual di Indonesia. Diberlakukannya pajak impor dapat meningkatkan harga produk luar negeri di Indonesia karena menambah biaya produksi dan distribusi barang-barang tersebut. 

Dampaknya, pajak impor mengurangi permintaan konsumen Indonesia terhadap produk luar negeri karena membuat produk tersebut menjadi lebih mahal. Imbasnya, hal ini dapat mengurangi daya saing produk luar negeri dengan produk dalam negeri yang lebih murah.

Lantas, bagi warga negara Indonesia yang ingin mendapatkan produk buatan luar negeri, adanya pajak membuat pembeli berpikir dua kali. Namun, ternyata kita bisa membeli produk dari luar negeri tanpa dikenakan pajak. Bagaimana caranya?

Tips Menghindari Pajak Saat Belanja di AliExpress

Belanja di AliExpress dapat menjadi pilihan yang menarik bagi kamu yang ingin mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau dari luar negeri. Namun, kamu juga perlu memperhatikan pajak impor yang mungkin dikenakan oleh pemerintah Indonesia terhadap barang-barang yang dibeli.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari atau mengurangi pajak saat belanja di AliExpress:

1. Perhatikan nilai pabean

Nilai pabean adalah ambang harga di mana bea dan pajak berlaku. Misalnya, di Indonesia, nilai ambangnya adalah 3 USD (sekitar Rp45.000) sesuai PMK 199/2019. Jika harga barang yang kamu beli melebihi nilai ambang tersebut, kamu akan dikenakan pajak impor sekitar 32,5% - 50%.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih barang-barang yang harganya di bawah nilai ambang tersebut atau membeli dalam jumlah sedikit. Namun, perlu diketahui, meski tidak dikenai pajak impor, produk dengan harga di bawah 3 USD masih akan dikenakan pajak lain seperti PPN 11%.

2. Bagi pesanan menjadi paket-paket yang lebih kecil

Jika harga pesanan kamu melebihi nilai ambang batas, kamu dapat membagi pesanan menjadi beberapa paket. Dengan demikian, harga masing-masing paket di bawah nilai ambang. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat biaya pajak dan ongkos kirim.

3. Beli dari gudang lokal

Belanja di Aliexpress kena cukai jika kamu memesan dari luar negeri. Namun, kamu dapat menghindari biaya bea cukai sama sekali jika produk tersebut ada gudang lokal AliExpress. Selain itu, waktu pengiriman juga akan lebih cepat dan lebih terjamin.

 

          Baca Juga : Cara Belanja di Alibaba untuk Dijual Kembali dengan Profit Maksimal

Langkah-langkah untuk Belanja Bebas Pajak

Cara belanja di Aliexpress tanpa kena pajak bisa menghemat biaya untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau dari luar negeri. Salah satu cara belanja bebas pajak adalah dengan mengubah informasi pabean menjadi NO saat mengatur alamat pengiriman. 

Hal ini akan membuat barang yang dibeli tidak dikenakan bea masuk atau pajak impor oleh pemerintah Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa hal ini juga berisiko membuat barang kamu ditahan oleh Bea Cukai jika terdeteksi sebagai barang impor.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa langkah aman cara belanja di Aliexpress tanpa kena pajak:

  1. Cari produk yang ingin dibeli dan sesuaikan harganya dengan nilai ambang pabean. Perhatikan harga, ulasan, rating, dan deskripsi produk sebelum memilihnya.
  2. Pilih metode pengiriman yang sesuai. Beberapa produk di AliExpress menawarkan opsi free shipping atau gratis ongkos kirim yang dapat menghemat biaya. Namun, pastikan juga untuk memeriksa estimasi waktu pengiriman dan nomor pelacakan paket.
  3. Pilih metode pembayaran yang tersedia di AliExpress. Beberapa metode pembayaran yang diterima di AliExpress adalah kartu kredit, kartu debit, Alipay, transfer bank, Doku Wallet, atau Alfamart. Ikuti instruksi pembayaran sesuai dengan metode yang kamu pilih dan selesaikan transaksi.
  4. Tunggu sampai barang tiba di alamat tujuan. Jika ada masalah dengan barang atau pengiriman, hubungi penjual atau layanan pelanggan AliExpress untuk mendapatkan bantuan.

Itulah beberapa cara belanja di AliExpress tanpa pajak di Indonesia yang bisa kamu coba. Dengan cara-cara tersebut, kamu bisa mendapatkan barang impor yang kamu inginkan dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan, kamu juga bisa jadi reseller dengan menjual kembali barang tersebut untuk dapat cuan!

Untuk setiap transaksi, kamu bisa memanfaatkan layanan Flip Globe dari Flip. Layanan ini memudahkan kamu untuk transfer uang ke luar negeri di berbagai negara di Asia, Amerika, Eropa, dan Oceania. Ini juga bisa menjadi cara belanja di Aliexpress tanpa kartu kredit, lho!

Yuk, download aplikasi  Flip di Play Store atau App Store dan rasakan manfaatnya!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi