mural
homeforward
Fully Funded, Ini Dia Beasiswa S2 Jerman untuk Mahasiswa Internasional

Fully Funded, Ini Dia Beasiswa S2 Jerman untuk Mahasiswa Internasional

Jika kamu punya mimpi untuk kuliah di luar negeri sambil bekerja, Jerman adalah negara yang tepat untuk dituju. Selain ada banyak peluang untuk bekerja sambilan, kamu juga berkesempatan mendapat beasiswa S2 Jerman.

Tidak tanggung-tanggung, jika berhasil  jadi awardee (penerima beasiswa), biaya kuliahmu bisa ditanggung secara penuh (fully funded). Artinya, di samping menghasilkan uang dari kerja sambilan, kamu juga tidak perlu memikirkan soal biaya pendidikan.

Nah berikut ini adalah beberapa beasiswa kuliah di Jerman yang bisa dicoba oleh para mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain menawarkan fasilitas yang menarik, persyaratan beasiswa-beasiswa ini juga tidak terlalu rumit untuk dilengkapi.

Baca Juga: Kuliah Bisa Gratis di 5 Universitas di Jerman In

1. Erasmus Mundus Scholarship

erasmus mundus scholarship

Sumber: Pexels

Erasmus Mundus Scholarship menjadi beasiswa S2 Jerman pertama yang bisa dicoba. Beasiswa ini cukup populer dan banyak kuotanya, karena merupakan beasiswa umum yang ditujukan kepada orang-orang di seluruh dunia yang ingin kuliah di Eropa.

Artinya, Erasmus Mundus Scholarship memang tidak hanya dikhususkan bagi mahasiswa di Jerman, tetapi tetapi juga untuk negara-negara lainnya di Benua Eropa.

Secara umum Erasmus+ merupakan program yang diselenggarakan oleh European Union (EU)—organisasi antar-pemerintahan negara-negara Eropa—untuk mendukung kegiatan pelatihan, pendidikan, olahraga, serta pemuda di Eropa.

Salah satu bentuknya adalah beasiswa Erasmus Mundus Joint Master  yang akan memberikan beasiswa penuh kepada pelamar yang diterima. Meliputi biaya belajar, pelatihan, penelitian, hingga persiapan tesis, dan sebagainya.

Di samping itu, para penerima beasiswa ini juga akan mendapat ganti biaya perjalanan dari negara asal ke negara tujuan studi, permohonan visa, bahkan sampai biaya hidup sehari-hari selama menjalankan studi.

2. AMIS Programme (EIT RawMaterials) – Added Value Student Activities Grant Scholarship

amis programee

Sumber: Pexels

Berbeda dengan Erasmus Mundus yang tidak mempersyaratkan jurusan saat kuliah, beasiswa S2 Jerman ini diberikan khusus untuk mahasiswa di bidang teknik dan bisnis.

Selain itu, AMIS Programme (EIT RawMaterials) – Added Value Student Activities Grant Scholarship juga tidak hanya menyasar para mahasiswa asing di Jerman, tetapi juga di negara-negara sekitarnya seperti Finlandia, Latvia, Prancis, Belgia, dan lainnya. 

Jika berminat mengikuti seleksi, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Mulai dari hasil Graduate Record Examination atau GRE (tes standar untuk kuliah S2 di beberapa negara), ijazah dan transkrip nilai S1, hasil tes TOEFL dan IELTS, letter of statement, surat rekomendasi, publikasi, serta dokumen identitas diri.

Peserta yang lolos seleksi beasiswa ini akan mendapat benefit berupa uang tunai sekitar 13.500 Euro atau setara Rp230,6 juta.

Secara umum, dana tersebut dialokasikan untuk membayar biaya perjalanan dari negara asal ke negara tujuan, biaya hidup sehari-hari, menghadiri workshopinternship, study exchange ke universitas lain, dan sebagainya.

3. Heinrich Boll Scholarships

Transfer lebih murah ke luar negeri

Beasiswa S2 Jerman berikutnya adalah Heinrich Boll Scholarships yang bisa didapat oleh siapa pun dan dari mana pun. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga tidak mensyaratkan calon penerimanya untuk mengambil jurusan tertentu. Artinya, kamu bebas memilih jurusan studi.

Kalau berminat untuk mendaftar, pastikan kamu sudah diterima di kampus negeri di Jerman atau kampus lain yang telah diakui pada jenjang S2 maupun S3.

Di samping itu, jangan lupa untuk belajar bahasa Jerman, sebab yayasan penyelenggara beasiswa ini memprioritaskan calon awardee yang mahir berbahasa Jerman.

Sementara itu, terkait benefit, masing-masing awardee akan menerima jumlah berbeda, bergantung pada jenjang studi yang ditempuh. Untuk penerima beasiswa S2 Jerman misalnya, setiap bulan mereka mendapat 934 Euro atau sekitar Rp15,9 juta untuk biaya hidup selama studi di Jerman.

4. DAAD Scholarship

daad scholarships

Sumber: Pexels

Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) atau German Academic Exchange Service merupakan sebuah organisasi bersama dari asosiasi mahasiswa dan institusi pendidikan tinggi Jerman untuk meningkatkan kerja sama akademik di seluruh dunia.

Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan beberapa program, seperti pertukaran mahasiswa, kursus singkat, hingga pemberian beasiswa S2 Jerman. Program-program ini terangkum sebagai DAAD Scholarship yang bisa dimanfaatkan banyak pihak.

Salah satu yang menarik dari beasiswa ini, meskipun pendaftar sudah mendapat beasiswa lain, ia tetap bisa mengikuti seleksi dan berkesempatan mendapatkannya. Oleh sebab itu, jika tertarik melanjutkan studi di Jerman, kamu bisa mencoba  beasiswa ini.

Baca Juga: Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Jerman

5. Deutschland Stipendium

deutschland stipendium

Sumber: Pexels

Beasiswa kuliah di Jerman lainnya adalah Deutschland Stipendium, yaitu beasiswa bagi mahasiswa internasional dengan catatan prestasi baik dan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Beasiswa ini merupakan salah satu program kemitraan publik-swasta paling besar di Jerman, sehingga ada banyak sponsor dan universitas yang terlibat. Jika kamu tertarik mendaftar, selain meningkatkan kemampuan akademik di bidang sesuai keahlian, kamu juga perlu aktif di masyarakat.

Kedua hal tersebut, yaitu prestasi akademik dan kegiatan sosial masyarakat, menjadi poin utama untuk menilai performa para pendaftar beasiswa.

Demikian uraian tentang  lima jenis beasiswa S2 Jerman yang dibiayai secara penuh untuk mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Semoga dapat memberi pencerahan buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Nah, kalau butuh pencerahan soal cara kirim dana ke luar negeri yang paling mudah, cepat, dan hemat, Flip bisa memberikan solusinya. Melalui fitur Flip Globe, kamu bisa mengirim uang ke berbagai negara tanpa perlu repot ke mana-mana.

Cukup gunakan smartphone, proses transfer bisa dilakukan saat itu juga. Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh Flip di Play Store atau App Store sekarang juga. Pakai Flip, semua dijamin sip!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi