mural
homeforward
Catat! Ini Daftar Kampus dan Info Beasiswa Kuliah di Prancis yang Bisa Dicoba

Catat! Ini Daftar Kampus dan Info Beasiswa Kuliah di Prancis yang Bisa Dicoba

Prancis bukan hanya negara yang cocok untuk liburan, tetapi juga melanjutkan pendidikan. Ada banyak sekali beasiswa kuliah di Prancis yang ditawarkan kepada masyarakat dari berbagai penjuru dunia yang berminat kuliah di sana.

Kira-kira apa saja jenis beasiswa tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, simak artikel terkait kampus-kampus di Prancis berikut ini hingga selesai.

Baca Juga: Minat Kuliah di Prancis? Yuk Cari Tahu Biaya Studinya!

1. Ecole Polytechnique

ecole polytechnique

Sumber: Pexels

Ecole Polytechnique merupakan salah satu kampus terbaik di Prancis dengan program studi unggulan di bidang sains dan teknologi.

Secara umum, kampus ini menjalankan metode pengajaran berbasis riset, baik di jenjang sarjana maupun magister. Hal ini tentunya membuat mahasiswa semakin terbiasa dengan aktivitas ilmiah, sehingga ke depan bisa mencetak ilmuwan-ilmuwan berkualitas tinggi.

Nah, jika kamu tertarik buat melanjutkan studi ke kampus ini, ada beberapa beasiswa kuliah di Prancis yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah beasiswa Merit-based Excellence bagi para mahasiswa yang berprestasi.

Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan biaya studi sebesar 4.000 Euro per tahun atau setara dengan Rp68,2 juta. Beasiswa ini biasanya diberikan secara bertahap selama kurang lebih 10 bulan.

2. IFA Paris

IFA Paris

Sumber: Pexels

Jika Ecole Polytechnique unggul di bidang sains dan teknologi, kampus di Kota Paris ini terkenal sebagai kampus fashion paling terkemuka di Prancis.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya alumnus International Fashion Academy (IFA) Paris yang memiliki karier cemerlang sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

Melihat fakta tersebut, tidak heran jika biaya kuliah di sana cukup tinggi. Namun demikian, bagi mahasiswa internasional dengan catatan prestasi baik, ada beberapa beasiswa kuliah di Prancis yang bisa dimanfaatkan.

Mulai dari Full Scholarship (biaya pendidikan 100 persen), Excellent Scholarship (potongan biaya pendidikan 40 persen), hingga Distiction Scholarship (potongan biaya pendidikan 20 persen).  

Oleh sebab itu, jika berhasil mendapatkannya, kamu bisa mengenyam pendidikan di salah satu kampus bergengsi di Prancis tersebut secara gratis. 

3. HEC Paris

Transfer lebih murah ke luar negeri

Tidak hanya di bidang sains dan fashion, Prancis juga punya kampus bergengsi di bidang ekonomi dan bisnis, yaitu Hautes Etudes Commerciales (HEC) yang berada di Kota Paris. Secara konsisten, kampus ini selalu menduduki peringkat lima besar  sebagai kampus terbaik di Eropa.

Jika tertarik untuk melanjutkan studi di kampus ini, ada beberapa beasiswa kuliah di Prancis yang bisa diupayakan. Salah satunya adalah Foundation Rainbow Bridge Scholarship bagi mahasiswa perempuan dari Asia dan Afrika yang berminat mengambil program Master of Business Administration  (MBA).

Melalui beasiswa ini, kandidat terpilih bisa mendapat bantuan biaya pendidikan hingga sebesar 20 ribu Euro atau setara Rp341,5 juta. Dana ini akan diberikan secara bertahap selama satu tahun penuh.

4. Paris Science et Lettres (PSL)

Paris Science et Lettres

Sumber: Pexels

Kampus bergengsi lainnya di Prancis adalah Paris Science et Lettres (PSL). Menurut beberapa sumber, kampus ini sudah meraih 28 penghargaan Nobel dalam berbagai bidang, seperti kimia, literatur, fisika, ekonomi, obat-obatan, dan lainnya.

Di samping itu, PSL juga menawarkan beberapa program studi bagi para mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan. Mulai dari social science, applied mathematics and organizational computer sciences, law, sustainability science, hingga managament.

Seluruh program tersebut tersedia dalam jenjang S1 (bachelor), S2 (master), serta graduate. Jika berminat untuk menekuninya, ada beberapa beasiswa kuliah di Prancis yang bisa dimanfaatkan, antara lain Merit, Emergency Aid, dan Financial Aid.

Bantuan biaya yang akan diterima oleh masing-masing kandidat terpilih selalu berbeda. Hal ini bergantung pada masing-masing jenis beasiswa yang diraih. 

Untuk beasiswa Merit misalnya, kamu bisa mendapatkan dana hingga 900 Euro, atau setara Rp15,3 juta per tahun. Beasiswa ini akan rutin diberikan selama maksimal tiga tahun, ketika kamu masih menjadi mahasiswa.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Universitas di Prancis dengan Biaya Tahunan Termurah

5. Universite Paris-Saclay

universite Paris-Saclay

Sumber: Pexels

Berikutnya ada Universite Paris-Saclay  yang merupakan salah satu kampus riset paling populer di dunia.

Menurut beberapa sumber, setiap tahunnya kampus ini sukses menghasilkan lebih dari 12 ribu publikasi ilmiah. Di samping itu, Universite Paris-Saclay  juga memiliki 275 laboratorium yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Jika berminat untuk lanjut studi di kampus ini, ada beberapa beasiswa kuliah di Prancis yang bisa dilirik.

Sebagai contoh, Universite Paris-Saclay Scholarship yang menawarkan bantuan biaya kuliah sebesar 10 ribu Euro atau setara Rp170,9 juta per tahun, selama maksimal satu hingga dua tahun.

Di samping itu, ada juga biaya tambahan untuk proses akomodasi, meliputi biaya perjalanan dari negara asal ke Prancis, biaya visa, dan lainnya. Jumlahnya bergantung dengan negara asal mahasiswa, atau maksimal sebesar 1.000 Euro atau sekitar Rp17 juta.

Itulah daftar beberapa kampus dan info seputar beasiswa kuliah di Prancis yang bisa dicoba seleksinya. Selanjutnya, jika kamu perlu transaksi pengiriman dana antarnegara, jangan lupa untuk melakukannya melalui Flip.

Dengan fitur Flip Globe yang menyediakan layanan transfer dana ke berbagai negara termasuk kirim uang dari Indonesia ke Prancis. Kamu bisa mengirim dana ke luar negeri secara lebih cepat, mudah, dan murah.

Manfaatkan aplikasi ini untuk memudahkan semua proses transaksimu. Unduh aplikasi Flip secara gratis melalui Play Store maupun App Store. Pakai Flip, urusan transaksi pasti beres.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi