mural
homeforward
5 Bank Asing di Indonesia yang Paling Ternama, Apa Saja?

5 Bank Asing di Indonesia yang Paling Ternama, Apa Saja?

Indonesia dapat dibilang sebagai rumah bagi banyak lembaga perbankan asing yang memiliki pengaruh besar dalam industri perbankan di negara ini. Bank-bank asing ini hadir dengan membawa berbagai layanan dan produk perbankan yang komprehensif dan berperan dalam memajukan industri keuangan Tanah Air. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas lima bank asing di Indonesia yang paling ternama. Jadi, baca sampai habis, ya.

Baca Juga: 3 Bank Singapura Terpopuler Di Indonesia, Apa Saja?

5 Bank Asing yang Terkenal di Indonesia

bank asing di indonesia

Foto: AsiaToday

Langsung saja, berikut adalah lima bank asing yang cukup terkenal di Tanah Air.

1. DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia merupakan bagian dari DBS Group, sebuah lembaga perbankan yang berbasis di Singapura dan beroperasi di Indonesia sejak tahun 1989. Dengan lebih dari satu kantor pusat di Jakarta, 14 cabang, dan 17 cabang pembantu di seluruh Indonesia, DBS Indonesia hadir menawarkan layanan perbankan komprehensif yang mencakup segmen UKM, korporasi, serta konsumen umum.

DBS termasuk salah satu bank asing yang cukup berprestasi. Bank ini pernah merebut  gelar The World’s Best Banks dari Forbes pada 2020. DBS juga memenangkan Best Data Analytics Project – Indonesia dalam ajang Triple Asset Triple A Award. Tak hanya itu, bank asal Singapura ini juga mendapat julukan sebagai “bank sehat” setelah mendapatkan pengakuan dari Warta Ekonomi dalam ajang Indonesia Best Bank Award 2020.

DBS fokus pada inovasi dan efisiensi dalam layanan perbankan dengan memanfaatkan teknologi modern dan pendekatan berorientasi pelanggan. Hal ini menjadikannya salah satu bank asing di Indonesia yang terpercaya.

2. OCBC NISP

Bank asing di Indonesia yang selanjutnya adalah OCBC NISP. Bank asal Singapura ini telah beroperasi di Tanah Air sejak 1941. Tak jauh berbeda dari bank pada umumnya, OCBC NISP menyediakan layanan perbankan, seperti layanan nasabah individu, korporasi, syariah, dan masih banyak lagi. Bank ini juga mendukung transaksi antar negara dan menawarkan produk kartu kredit dengan banyak rewards menarik.

Salah satu layanan yang paling diunggulkan OCBC NISP adalah kartu debit global. Kartu ini memungkinkan nasabah untuk bisa mengambil uang dari jenis tabungan valas di berbagai negara. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan nasabah yang kerap bertransaksi menggunakan mata uang asing.

Ada pula layanan eksklusif dari OCBC, yakni Interest Rate Derivative dan Private Banking yang memudahkan nasabah untuk mengelola aset mereka. Layanan tersebut menjadi bukti bahwa OCBC akan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya.

3. Citibank

Citibank, N.A. (Citibank) adalah cabang dari Citibank N.A yang berada di New York, Amerika Serikat. Bank Citibank telah beroperasi di Indonesia sejak 1968 dan telah terdaftar dan mendapatkan lisensi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

Citibank menawarkan beragam layanan dan produk perbankan, seperti perbankan harian, korporasi, dan juga investasi. Jaringan ATM mereka juga cukup luas dan akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman teknologi perbankan yang terbaik bagi nasabahnya.

Citibank Indonesia termasuk salah satu bank asing yang cukup berprestasi. Buktinya, bank ini menerima penghargaan sebagai Best International Bank of The Year pada acara The Asset Triple A Digital Award 2021. Citibank juga menyabet gelar sebagai “Bank Sehat” dalam acara Indonesia Best Bank Award 2019 menurut Warta Ekonomi.

4. CIMB Niaga 

Bank asing di Indonesia yang berikut ini cukup familiar di telinga banyak masyarakat dalam negeri. Semula CIMB Niaga hanya dikenal dengan sebutan Niaga sebelum akhirnya ganti nama pada 1955. Bank ini masih menjadi bagian dari CIMB Group yang merupakan perusahaan jasa keuangan terbesar di Negeri Jiran, Malaysia. 

Pada 2021, CIMB Niaga berhasil menyabet penghargaan TOP GRC Award, yang mengakui keunggulan mereka dalam infrastruktur, implementasi, serta sistem Good Corporate Governance (GCG). Meskipun sebagian besar transaksi bank ini telah beralih ke platform online melalui aplikasi OCTO Mobile, CIMB Niaga tetap memiliki kehadiran fisik yang cukup kuat.

CIMB Niaga terus menawarkan berbagai produk perbankan. Program Interest Rate Derivative mereka dan layanan trade finance adalah contoh nyata dari komitmen mereka dalam mendukung finansial nasabah Indonesia.

5. UOB

UOB Indonesia sudah beroperasi di Tanah Air sejak 1956. Bank yang awalnya dikenal sebagai PT Bank Buana Indonesia ini memutuskan untuk berganti nama pada 2011 menjadi PT Bank UOB Indonesia. Jaringannya cukup luas, yakni ada sekitar 41 cabang, 168 cabang pembantu, dan kurang lebih 191 ATM di 18 provinsi Tanah Air.

Salah satu layanan yang diunggulkan UOB Indonesia adalah layanan perbankan mobile TMRW. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna Android. Bank ini terkenal sebagai bank asing yang fokus pada layanan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

Di samping itu, UOB Indonesia juga menjadi mitra Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam mendistribusikan obligasi ritel syariah. Bank ini pun sudah mendapatkan lisensi obligasi non-syariah pada 2019 dan menyediakan produk seperti sukuk retail serta Sukuk Retail (SR) dan Obligasi Retail Indonesia (ORI).

Baca Juga: Kuliah Luar Negeri Gratis Bukan Cuma Mimpi, Begini Caranya!

Itulah lima bank asing di Indonesia yang cukup ternama karena sudah lama beroperasi di Tanah Air. Kalau kamu salah satu nasabah dari bank-bank di atas dan kebetulan mau transfer dana ke luar negeri, kamu bisa memakai Flip Globe. Layanan dari Flip satu ini mempermudah kamu untuk mentransfer uang ke lebih dari 55 negara secara real-time dan dengan biaya yang terjangkau. Yuk, pakai Flip Globe sekarang juga.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi