mural
homeforward
Kuliah Luar Negeri Gratis Bukan Cuma Mimpi, Begini Caranya!

Kuliah Luar Negeri Gratis Bukan Cuma Mimpi, Begini Caranya!

Kuliah luar negeri gratis menjadi incaran banyak orang. Tak hanya lulusan SMA, tetapi juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2. Perjuangan mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri tanpa biaya tak selalu mudah. Pasalnya, kamu harus bersaing dengan ratusan atau ribuan calon penerima beasiswa. 

Selain harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pihak kampus ataupun penyelenggara beasiswa, kamu harus memastikan kemampuan bahasa asingmu mumpuni. Tanpa kemampuan berbahasa asing yang baik, kamu akan kesulitan berkomunikasi maupun menyerap materi yang diberikan oleh dosen. 

Baca Juga: Syarat Dan Cara Daftar Beasiswa LPDP Reguler, Cek Di Sini!

Sederet Beasiswa Kuliah Luar Negeri Gratis

beasiswa luar negeri

Sebenarnya, cukup banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi, dan perusahaan baik partially funded (sebagian) maupun fully funded (penuh). Tentunya setiap jenis beasiswa memiliki kelebihannya tersendiri. 

Beasiswa partially funded hanya memberikan bantuan finansial sebagian. Artinya, kamu tetap harus mempersiapkan dana untuk kebutuhan yang tidak dicover. Namun, tingkat persaingannya tidak seketat beasiswa fully funded. Berbeda dengan partially funded, beasiswa fully funded memberikan dukungan penuh secara finansial sehingga kamu hanya perlu mempersiapkan dana darurat saja. Tak heran, beasiswa penuh ini sangat diminati sehingga tingkat persaingan tinggi. 

Kalau kamu tertarik mencoba peruntungan untuk berkuliah di luar negeri gratis, berikut daftar program beasiswa yang dapat kamu pertimbangkan.

  • Beasiswa LDPD: beasiswa ini tersedia berbagai jenjang dan bidang studi, mulai dari sarjana hingga doktor. Terdapat beberapa jenis LDPD, yakni reguler, kewirausahaan, dan afirmasi.
  • Beasiswa Kominfo: peluang kuliah gratis dari Kominfo untuk lulusan S1 yang ingin melanjutkan gelar master.
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik (PTA): beasiswa ke luar negeri untuk jenjang S2 dan S3. 
  • Beasiswa IISMA: beasiswa kuliah di luar negeri IISMA Undergraduate Path ini khusus S1 dan hanya berlangsung selama satu semester saja. IISMA Vocational Path ditujukan untuk mahasiswa D3/D4 Exchange untuk kuliah di luar negeri selama satu semester.
  • Beasiswa Indonesia Maju: beasiswa untuk lulusan SMA dan S1 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
  • Program Fulbright: menyediakan beasiswa penuh untuk pascasarjana serta penelitian di Amerika dan sejumlah negara lain.
  • Program Chevening: beasiswa dari pemerintah Inggris untuk mahasiswa calon di berbagai belahan dunia.

Selain beasiswa tersebut, terdapat program kuliah gratis di luar negeri yang disediakan oleh lembaga swadaya dan yayasan. Kamu juga bisa mencoba beasiswa dari negara tujuan ataupun beasiswa penelitian dan proyek. Beberapa perusahaan bonafit juga memberikan kuliah gratis ke luar negeri untuk karyawan berprestasi. Biasanya beasiswa ini lebih banyak ditawarkan pada lulusan S1.

Tips Agar Bisa Kuliah Gratis di Luar Negeri

Kalau kamu tertarik mencoba beasiswa kuliah gratis di luar negeri, pastikan untuk merancang strategi untuk meningkatkan peluang lolos. Berikut cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri yang bisa kamu terapkan. 

Cari Informasi

Jangan berhenti untuk mencari informasi, baik secara langsung pada pihak kampus, seperti dosen, profesor, atau penasihat akademik. Selain itu, kamu juga bisa mengecek media sosial dan website mengenai beasiswa secara berkala untuk mendapatkan informasi beasiswa terkini. Kamu juga bisa bertanya pada teman atau senior yang sedang atau pernah menerima beasiswa.

Membuat Daftar Kampus Tujuan

Cara agar bisa kuliah di luar negeri gratis selanjutnya adalah memilih daftar kampus beserta negara tujuan. Agar lebih terencana, buat daftar berisikan kampus pilihan beserta kampus alternatif lainnya lengkap dengan jurusan yang hendak kamu ambil, bahasa yang digunakan, kuota beasiswa, serta jadwal penerimaan dan penutupan berkas pengajuan beasiswa.

Pilih Negara Minim Pelamar

Mendapatkan beasiswa di kampus populer di negara maju merupakan suatu prestasi membanggakan. Namun, kamu juga perlu realistis. Caranya dengan memilih negara minim pelamar beasiswa sebagai alternatif. Jumlah peminat yang rendah akan membuat kamu mendapatkan peluang lolos beasiswa lebih besar.

Cek Syarat Beasiswa

Setelah memastikan kampus tujuan, kamu perlu mengecek apa saja syarat dan kriteria dari program beasiswa yang hendak diambil. Siapkan dokumen yang dibutuhkan. Lakukan pendaftaran setelah seluruh dokumen siap. 

Asah Kemampuan 

Mengingat persaingan beasiswa ke luar negeri tanpa biaya sangat ketat, alangkah bijak untuk mempersiapkan diri dengan mengasah kemampuan yang diperlukan. Perbanyak bacaan untuk membuka wawasan. Makin banyak yang kamu ketahui, kamu akan lebih mudah melalui proses wawancara. Alhasil, peluang lolos pun makin terbuka lebar.

Cari Tahu Mengenai Negara Tujuan

Ketika kamu telah memutuskan untuk mengambil beasiswa ke luar negeri, kamu harus mencari tahu bagaimana kondisi negara tujuan. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari kultur syok yang biasa dialami mahasiswa. Mengetahui kultur negara tujuan juga akan membuat kamu mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Baca Juga: Berapa Biaya Transfer Ke Luar Negeri? Cek Di Sini! 

Demikianlah cara kuliah luar negeri gratis yang bisa kamu pelajari. Berbekal informasi tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya. Kalau kamu lolos beasiswa dan membutuhkan aplikasi transfer uang internasional, Flip Globe bisa bantu kamu! Flip Globe membuat urusan transaksi internasional lebih cepat, mudah, dan terjamin keamanannya. 

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi