mural
homeforward
Berapa Biaya Transfer ke Luar Negeri? Cek di Sini!

Berapa Biaya Transfer ke Luar Negeri? Cek di Sini!

Transfer uang ke luar negeri adalah salah satu aktivitas keuangan yang umum terjadi dalam bisnis internasional maupun dalam transaksi pribadi. Hanya saja, biaya transfer ke luar negeri tidak bisa dibilang murah dan cenderung bervariasi sesuai dengan bank atau penyedia jasa yang digunakan. Nah, artikel ini akan membahas biaya yang terkait dengan transfer uang ke luar negeri dari beberapa bank ternama di Indonesia dan opsi non-perbankan yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca Juga: Macam-Macam Alat Pembayaran Luar Negeri, Pengusaha Wajib Tahu!

Biaya Transfer ke Luar Negeri di Berbagai Bank

biaya transfer luar negeri

Photo by Mitra Bukalapak

Berikut adalah biaya transfer uang ke luar negeri di lima bank di Indonesia.

1. BCA

Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank swasta di Indonesia yang menawarkan layanan remittance untuk mengirimkan uang ke luar negeri. Layanan ini disebut dengan pengiriman valas atau istilah kerennya adalah outward remittance. Selain mengirimkan, BCA juga memiliki layanan penerimaan transfer uang dari luar negeri yang disebut dengan penerimaan valas atau inward remittance.

Biaya administrasi transfer uang ke luar negeri dari BCA mencakup biaya Telex sebesar Rp50.000. Selain itu juga masih ada biaya Full Amount sebesar 20 dollar AS per transaksi. Sebagai catatan, layanan ini hanya bisa dilakukan langsung di kantor cabang BCA.

2. OCBC NISP

OCBC NISP merupakan bank asing asal Singapura yang telah beroperasi di Tanah Air sejak tahun 1941. Bank ini juga menyediakan layanan untuk mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri dalam 10 mata uang berbeda. Adapun kesepuluh mata uang tersebut antara lain NZD, CHF, CAD, CNY, SGD, HKD, GBP, AUD, EUR, USD.

Sama seperti BCA, biaya transfer ke luar negeri di OCBC NISP adalah sekitar Rp50.000 sebagai biaya Telex. Sementara untuk rekening Business Signature, biaya transfernya sebesar RP75.000 dan Rp100.000 untuk rekening jenis Business Smart & Giro.

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang juga menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Layanan ini disebut sebagai Mandiri Remittance yang dapat digunakan untuk mengirim uang ke 16 valuta asing.

Biaya transfer Mandiri Remittance tergantung pada jenis valuta asing yang menjadi tujuan pengiriman dana. Untuk pengiriman dalam dolar AS, biaya transfer uangnya adalah sekitar 25 dolar AS atau setara dengan Rp398.000. Sementara untuk valuta asing selain dolar AS, biaya transfernya adalah 30 dolar AS atau Rp477.000.

4. CIMB Niaga

CIMB merupakan bank asing di Indonesia yang juga menawarkan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Melalui layanan online CIMB Clicks, nasabah bisa melakukan transfer dana ke sejumlah negara. Biaya yang dikenakan adalah sekitar 25 dolar AS per transaksi atau sekitar Rp398.000 dengan asumsi kurs saat ini sebesar Rp15.000.

5. BNI

Satu lagi bank BUMN yang menyedia layanan transfer uang ke luar negeri, yakni BNI. Bank Negara Indonesia ini memiliki layanan yang disebut BNI Smart Remittance yang memungkinkan nasabah untuk mengirimkan uang ke negara lain. Layanan ini hanya bisa digunakan lewat kantor cabang langsung atau online melalui aplikasi mobile banking BNI.

Biaya transfer ke luar negeri melalui BNI adalah Rp35.000 menggunakan TT swift. Namun masih ada provisi, yakni sekitar 5 hingga 50 dolar AS dan biaya koresponden kurang lebih sebesar 25 dolar AS.

Alternatif Non-perbankan untuk Transfer ke Luar Negeri

Memilih bank yang tepat untuk mengirim uang ke luar negeri memang penting. Namun kamu juga harus mempertimbangkan faktor lain, seperti kemudahan penggunaan layanan dan tentunya adalah nilai tukar serta biaya transfer itu sendiri. Selain bank, kamu juga bisa mempertimbangkan alternatif non-perbankan.

Flip Globe

Flip Globe merupakan layanan transfer uang ke luar negeri dari Flip. Dengan Flip Globe, kamu bisa mengirim dana ke lebih dari 55 negara di seluruh dunia. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Flip Globe, salah satunya terkait biaya transfer.

Dengan Flip Globe, kamu hanya akan dikenakan biaya transfer mulai dari Rp45.000 saja, tergantung negara tujuan. Tak hanya itu, kurs tukar pada layanan Flip Globe juga cukup kompetitif dan bahkan lebih murah dibanding kurs di lembaga perbankan konvensional. Dengan demikian, kamu tak perlu mengkhawatirkan soal total biaya transfer ke luar negeri akan membengkak. 

Keunggulan lainnya dari Flip Globe adalah kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan atau biaya tersembunyi lainnya. Semua rincian total pengiriman dana ke luar negeri bisa langsung kamu cek di layar aplikasi begitu kamu melakukan transaksi. Oh iya, transaksi ini dilakukan secara real-time dan kamu bisa mengecek status pengiriman di aplikasi Flip.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Itu tadi ulasan mengenai biaya transfer ke luar negeri di lima bank di Indonesia. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan Flip Globe untuk mempermudah proses pengiriman uang dari Indonesia ke lebih dari 55 negara. Biaya transfernya juga terjangkau, loh. Jadi, yuk, pakai Flip Globe sekarang juga.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi