mural
homeforward
Antiribet! Ini Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Online Lengkap

Antiribet! Ini Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Online Lengkap

Saat ini, untuk membuka rekening di bank sudah bisa dilakukan meskipun nasabah tidak datang ke kantor cabang. Termasuk jika kamu ingin memiliki tabungan di Bank Central Asia (BCA), kamu bisa buka rekening BCA online melalui smartphone. Bagaimana caranya? Simak uraian lengkapnya berikut!

Keuntungan Bikin Rekening BCA Online

Keuntungan Bikin Rekening BCA Online Sumber : Lifepal

Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara membuka rekening BCA secara online, kamu perlu tahu dulu keuntungan yang bisa didapat dengan membuat rekening online.

Salah satunya, cara ini lebih praktis dilakukan karena nasabah tidak perlu mengantre di kantor cabang. Cukup memanfaatkan smartphone, jaringan internet, dan aplikasi BCA Mobile. Selanjutnya, rekening BCA bisa segera jadi milik kamu.

Syarat Buka Rekening BCA Online

Cara Buka Rekening BCA Online Sumber : Ratu Bank

Dari beberapa jenis tabungan BCA, hanya ada tiga jenis tabungan yang bisa dibuat secara online menggunakan aplikasi BCA Mobile. Ketiganya meliputi tabungan Tahapan BCA, Tahapan Gold, serta Tahapan Xpresi.

Syarat untuk membuka salah satu dari tiga jenis tabungan BCA ini tidak begitu berbeda antara satu dengan yang lain. Secara umum, untuk mendaftar jadi nasabah BCA secara online, kamu hanya perlu mempersiapkan kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, nomor handphone (HP) aktif, juga tanda tangan.

Cara Buka Rekening BCA Online

Cara Buka Rekening BCA Online Sumber : Liputan 6

Berikutnya, jika syarat-syarat seperti yang disebutkan di atas telah dipenuhi, kamu bisa segera membuat rekening BCA secara online. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya!

  1. Jika belum punya aplikasi BCA Mobile, kamu harus men-download-nya terlebih dahulu di AppStore maupun PlayStore. Kemudian membukanya.
  2. Berikutnya, pada tampilan depan aplikasi BCA Mobile ini, pilih tab bertajuk “Buka Rekening Baru”.
  3. Kamu akan dibawa ke tampilan berikutnya guna memilih jenis tabungan yang hendak dibuat. Pilih salah satu yang paling sesuai di antara Tahapan BCA, Tahapan Gold, atau Tahapan Xpresi.
  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memverifikasi nomor HP. Klik “Kirim” guna mengirim pesan ke nomor HP yang digunakan. Namun sebelumnya, pastikan nomor tersebut belum pernah dipakai untuk buka rekening BCA online.
  5. Buat kode akses, dan jangan dilupakan. Nanti akan dipakai untuk akses masuk.
  6. Lengkapi berbagai dokumen yang diperlukan, meliputi foto diri, identitas diri, tanda tangan, juga NPWP (kalau punya). Semua foto diambil langsung dengan aplikasi BCA Mobile.
  7. Setelah klik “Lanjut”, muncul tampilan untuk mengisi data identitas diri. Isi semuanya secara lengkap, termasuk tujuanmu membuka rekening tersebut.
  8. Pilih jenis kartu yang dibutuhkan, kemudian pilih kantor cabang BCA. Kamu nanti bisa mengambil buku rekening dan kartu di kantor cabang pilihan ini.
  9. Setelah me-review dan memastikan semua data benar, lanjutkan untuk melakukan video call dengan customer service BCA untuk mengonfirmasi kembali data-datamu.
  10. Usai itu, kamu bisa segera mengaktivasi mobile banking dengan klik “Aktivasi Mobile Banking”. Masukkan PIN berupa enam digit angka, dan rahasiakan dari siapa pun. Rekening kamu pun sudah aktif.

Baca Juga : Cek Limit Tarik Tunai BCA Berdasarkan Jenis Tabungan dan Kartu ATM

Biaya yang Dibutuhkan

Biaya yang Dibutuhkan Sumber : Android Ponsel

Sebenarnya, biaya buka rekening BCA online hingga aktif adalah gratis. Namun, agar rekening yang sudah aktif tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, kamu harus melakukan setoran awal terlebih dahulu.

Jumlah setoran awal untuk setiap jenis tabungan berbeda-beda. Untuk Tahapan BCA, dibutuhkan setoran awal minimal Rp500 ribu. Sementara untuk Tahapan Xpresi, setoran awalnya minimal hanya Rp50 ribu. Kemudian, untuk Tahapan Gold, setoran awalnya minimal Rp10 juta.

Setoran ini dapat dilakukan dengan cara transfer dari rekening lain ke nomor rekening BCA yang baru saja dibuat. Bisa juga datang ke kantor cabang yang dipilih untuk mengambil buku rekening dan melakukan setoran, atau setoran tunai BCA langsung ke ATM setor tanpa kartu.

Produk Rekening BCA Online

Produk Rekening BCA Online Sumber : Lifepal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hanya ada tiga jenis produk tabungan yang bisa dipilih ketika membuka rekening BCA secara online. Ketiganya bisa diproses selama jam layanan online, yaitu pukul 06.00 sampai 20.00 WIB.

Meski layanan buka rekening BCA online 24 jam belum bisa dilakukan Tetapi jenis produknya bisa dipakai untuk transaksi selama 24 jam penuh.

Tahapan BCA

Tahapan BCA atau Tabungan Hari Depan BCA adalah jenis tabungan mata uang rupiah yang dilengkapi paspor BCA. Maksudnya, paspor di sini berfungsi untuk kartu debit, ATM, juga tunai. Biaya administrasi bulanannya berbeda-beda, antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribu (bergantung jenis kartu).

Tahapan Xpresi

Jenis tabungan BCA yang memang diperuntukkan bagi kaum muda. Sehingga setoran awalnya cukup terjangkau. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dan hanya membutuhkan Rp7.500 untuk biaya administrasi bulanannya.

Tahapan Gold

Jenis tabungan ini biasanya dipakai pelaku usaha atau yayasan, sehingga wajar jika setoran awalnya cukup besar. Namun demikian, Tahapan Gold juga memberikan fasilitas yang luar biasa. Salah satunya, info mutasi rekening yang lengkap, yaitu berisi nama penerima dan pengirim, nominal transaksi, jumlah saldo, juga berita.

Dari ketiga produk tabungan BCA ini, ada satu kekurangan yang dimiliki oleh ketiganya. Yaitu, sama-sama membutuhkan biaya Rp6.500 untuk transaksi transfer antarbank. Padahal, tidak semua orang memiliki rekening BCA.

Lalu, bagaimana menyiasatinya? Tak perlu khawatir! Kini ada aplikasi Flip yang siap membantu kamu transfer antarbank ke lebih dari 100 bank di Indonesia secara gratis. Unduh aplikasinya di PlayStore atau AppStore, dan nikmati berbagai layanan yang diberikan Flip. Gratis transfer antarbank, bikin kita tak ragu lagi untuk buka rekening BCA online.

Bagikan

Lainnya

Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi