mural
homeforward
Cari Agen Kerja Luar Negeri yang Tepercaya? Begini Caranya!

Cari Agen Kerja Luar Negeri yang Tepercaya? Begini Caranya!

Bisa bekerja dan berkarier di luar negeri adalah impian banyak orang. Jika kamu adalah salah satunya, mencari agen kerja di luar negeri adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Saat ini sudah banyak sekali agen tenaga kerja ke luar negeri yang bisa membantu kamu mencari pekerjaan ke luar negeri. Tapi, apakah segampang itu?

Meski terdengar mudah, kamu tetap perlu waspada. Pasalnya sekarang juga banyak agen kerja di luar negeri yang bodong. Simak beberapa tips berikut ini agar kamu bisa menemukan agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri resmi!

Baca Juga: Berapa Biaya Transfer Ke Luar Negeri? Cek Di Sini!

Apa Itu Agen Kerja Luar Negeri? 

agen kerja luar negeri

Photo by Daihatsu

Seperti namanya, agen kerja luar negeri adalah perusahaan atau instansi yang membantu calon pekerja untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Mereka berperan sebagai perantara yang menghubungkan antara pekerja dengan peluang kerja di negara lain.

Agen kerja di luar negeri membantu berbagai proses mulai dari perekrutan, pembuatan visa hingga pengaturan keberangkatan ke negara tujuan. Tugas utama agen ini termasuk menyediakan informasi dan bantuan kepada calon pekerja untuk memperlancar proses migrasi dan penempatan kerja di luar negeri.

Bagaimana Memilih Agen Kerja Luar Negeri yang Tepercaya?

Dengan begitu banyak agen tenaga kerja luar negeri, kamu mungkin jadi memiliki banyak opsi. Tapi, jangan sembarangan memilih, ya! Ada beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan dalam memilih agen tepercaya. Apa saja?

Pastikan Perusahaan Memiliki SIUP

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah indikator pertama bahwa agen penyalur yang kamu pilih sudah terdaftar dan punya izin resmi. SIUP merupakan izin perusahaan untuk mengadakan usaha di bidang perdagangan baik barang maupun jasa yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat 2 atas nama Menteri.

Apabila perusahaan tersebut mencantumkan alamat dengan jelas dan terbukti legalitasnya, maka perusahaan itu bisa dipastikan sudah punya SIUP.

Pastikan Perusahaan Memiliki Penanggung Jawab

Cek informasi terkait agen yang ingin kamu gunakan dengan memeriksanya lewat situs resmi pemerintah di bidang penyaluran tenaga kerja. Misalnya saja lewat www.bp2mi.go.id (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) atau lewat sipermit.id (situs resmi perwakilan RI di Malaysia yang memuat informasi terkait pekerja migran Indonesia yang ada di Malaysia).

Cek Identitas Petugas Agen

Apabila kamu menemui petugas agen kerja di luar negeri, pastikan identitasnya memang benar. Ini perlu diperhatikan, terutama jika kamu menemui petugas di luar kantor. Ketahui nama, minta surat tugas hingga nomor telepon kantor pusatnya. Agar lebih aman, sebaiknya kamu langsung datang saja ke kantornya.

Cermati dengan Baik Proses Seleksinya

Saat proses seleksi, kamu juga perlu memastikan segala prosesnya tidak ada yang mencurigakan. Umumnya proses seleksi terdiri dari registrasi, tes kemampuan, wawancara, pemeriksaan kesehatan, pembuatan visa dan berbagai dokumen lainnya.

Kamu juga mungkin akan diminta ikut pelatihan bahasa atau pelatihan skill yang berkaitan dengan posisi yang akan kamu isi. Jika ada hal lain yang kamu anggap tidak sesuai, ada baiknya kamu memeriksa kembali legalitas agen kerja di luar negeri yang kamu gunakan itu.

Rekomendasi Agen Kerja Luar Negeri

Bingung memilih agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri resmi? Simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

PT. Abul Pratamajaya

Agen tenaga kerja luar negeri ini sudah berdiri sejak tahun 1989. Beralamat di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, PT. Abul Pratamajaya sudah memiliki lisensi dengan nomor 328 Tahun 2016. Perusahaan ini menyalurkan tenaga kerja ke berbagai negara mulai dari Malaysia, Singapura, Arab Saudi hingga Korea Selatan.

PT. Kalip Sukses Jaya

Agen tenaga kerja luar negeri yang beralamat di Bekasi ini sudah memiliki izin dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia No. 144 Tahun 2017 sebagai P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia).

PT. Kalip Sukses Jaya siap membantu kamu yang ingin bekerja di berbagai negara termasuk Malaysia, Taiwan, Jepang, Singapura dan Hongkong.

PT. Las Olas Indonesia

Agen satu ini sudah bersertifikasi Maritime Labour Convention (MLC) 2006 oleh Lloyd's Register Asia (LR) dan siap membantu penempatan tenaga kerja yang ingin berkarier di luar negeri. Perusahaan ini beralamat di Denpasar Timur, Provinsi Bali. Kamu bisa mengecek situs resminya di www.lasolas.id.

Baca Juga: Macam-Macam Alat Pembayaran Luar Negeri, Pengusaha Wajib Tahu!

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat memilih agen kerja luar negeri. Saat kamu sudah bekerja di luar negeri, kamu pasti membutuhkan layanan pengiriman uang dari maupun ke Indonesia. Untuk proses transfer uang antarnegara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan Flip Globe. Hanya di Flip Globe, kirim uang ke luar negeri jadi super praktis dan bebas biaya tersembunyi!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi