mural
homeforward
Ingin Tinggal di Luar Negeri? Kota-Kota Berikut Menjadi Tujuan Favorit!

Ingin Tinggal di Luar Negeri? Kota-Kota Berikut Menjadi Tujuan Favorit!

Apakah Anda ingin tinggal di luar negeri? Ingin mencari suasana kehidupan yang berbeda, atau ingin melanjutkan pendidikan? Apapun alasannya, pilihan untuk pindah dan tinggal di luar negeri merupakan hal menarik untuk dicoba.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir saja, ada lebih dari 4000 WNI yang pindah dan menjadi warga negara Singapura. Selain itu, ternyata ada banyak pula WNI yang memutuskan untuk tinggal di Australia karena satu dan lain hal.

Baca Juga: 6 Pekerjaan dengan Gaji Part Time di Australia

Alasan Seseorang Pindah dan Tinggal di luar negeri

alasan pindah ke luar negeri

Sumber: Freepik

Dari fenomena di atas, Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang menyebabkan orang-orang tersebut pindah? Mengapa ingin tinggal di luar negeri? Berikut adalah penyebab utama seseorang ingin pindah dan tinggal di luar negeri.

1. Mencari pendapatan yang lebih besar

Menurut direktur Political Economy & Policy Studies, Anthony Budiman, alasan utama WNI tinggal di Singapura adalah karena penghasilan di sana jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. 

Selain itu, alasan seseorang tinggal di luar negeri adalah ingin meningkatkan kesejahteraan hidup, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Hal ini pun sering dijumpai pada para TKI yang bekerja demi bisa mengirimkan uang untuk menyejahterakan keluarganya di desa.

2. Lingkungan yang terjaga

Seperti kita ketahui, kualitas udara di kota-kota besar di Indonesia akhir-akhir ini cukup memprihatinkan. Kondisi ini pun memicu alasan mengapa orang ingin tinggal di luar negeri yang memiliki lingkungan yang lebih terjaga. Segala sesuatunya pun dinilai serba efisien dan tertib. Transportasi publik juga lebih nyaman dan terawat.

3. Melanjutkan pendidikan

Pendidikan menjadi alasan seseorang tinggal di luar negeri. Pemerintah dan banyak lembaga swasta menawarkan kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri. Hal ini tentu tidak akan dilewatkan bagi WNI yang ingin mendapat kesempatan tersebut.

3 Kota Favorit Tujuan Pindah Ke Luar Negeri

Transfer lebih murah ke luar negeri

Jika Anda ingin menetap di luar negeri, Anda mungkin masih bingung harus pindah ke mana. Berikut ini adalah kota-kota favorit tujuan seseorang pindah ke luar negeri yang memiliki berbagai keunggulan.

1. London

London menjadi kota pertama favorit para pelajar yang ingin tinggal di luar negeri. Kota ini merupakan kota yang multikultural, dengan populasi penduduk sebanyak 36,7% yang lahir di luar Inggris. 

Selain itu, kota ini juga terkenal sebagai kota pelajar terbaik di dunia yang memiliki siswa sebanyak 276.400. Ada banyak universitas top dunia yang berada di London, sehingga membuat kota ini menjadi jujukan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi.

2. Dubai

Dubai adalah salah satu kota paling modern di kawasan Uni Emirat Arab yang menjadi pilihan nomor satu bagi warga asing yang ingin tinggal di luar negeri. Menurut data Remitly, penyedia layanan keuangan, menunjukkan bahwa Dubai menempati urutan pertama kota favorit tujuan bagi imigran. 

Kota ini memiliki beragam entertainment yang tak pernah tidur, pelayanan publik yang canggih, dan kebijakan gaji bebas pajak. Oleh karena itu, Dubai banyak diminati para ekspatriat yang ingin pindah ke luar negeri.

3. Melbourne

Sebagai kota terbesar ke-dua di Australia, Melbourne menjadi kota favorit bagi warga Indonesia yang ingin tinggal di luar negeri. Selain memiliki banyak lembaga pendidikan yang diakui secara global, Melbourne juga menawarkan properti dengan harga rendah. Transportasi umum di kota ini juga bersih, modern, efisien, dan terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di luar negeri

Meski tampak wah dan serba modern, ada beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan sebagai kelebihan dan kekurangan tinggal di luar negeri. Apa saja?

1. Kesempatan belajar dan berkembang terbuka lebar

Tinggal di luar negeri bisa membuka beragam potensi untuk belajar dan berkembang. Terbukanya lapangan pekerjaan serta gaji yang besar juga bisa membantu meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

2. Mengakses ragam budaya yang berbeda

Dengan tinggal di luar negeri, Anda bisa berkenalan dan mengakses budaya yang berbeda dari tempat asal. Hal ini tentu bisa membuka wawasan dan menambah pengetahuan

Baca Juga: Ini Money Changer Terdekat Dari Bandara di Kota Besar

3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Tinggal di lingkungan yang berbeda dengan komunitas beragam tentu bisa membuat kita mau tidak mau belajar untuk berkomunikasi dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang. 

4. Belajar untuk bisa lebih mandiri

Poin yang satu ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan tinggal di luar negeri. Jika Anda tidak terbiasa melakukan apa-apa sendiri, hal ini tentu sedikit mengagetkan. Di sisi lain, kultur masyarakat luar negeri yang individualis bisa melatih Anda untuk lebih mandiri. Apalagi jika Anda pindah ke luar negeri seorang diri.

5. Mengalami culture shock

Perbedaan budaya, kebiasaan, dan tata cara melakukan sesuatu di luar negeri bisa sangat berbeda dengan di negara asal. Jika Anda baru saja pindah, biasanya akan mengalami culture shock. Namun, hal itu bisa diatasi dengan cara beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

6. Homesick

Hal yang paling sering dialami oleh orang yang tinggal di luar negeri adalah homesick. Kondisi ini bisa saja terjadi meskipun sudah lama menetap di kota impian Anda.

Nah, jika Anda berencana untuk pindah ke luar negeri, apakah kota-kota di atas menjadi pilihan? Jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tinggal di luar negeri supaya Anda bisa dengan mudah mengantisipasinya.

Gunakan juga Flip Globe untuk kebutuhan kirim uang dari Indonesia ke luar negeri untuk memudahkan aktivitas ketika di luar negeri. Sudah terlisensi Bank Indonesia, jadi transaksi lebih aman dan nyaman. Dowload sekarang!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi