mural
homeforward
Serba-serbi Suku Bunga Kredit Bank di Indonesia

Serba-serbi Suku Bunga Kredit Bank di Indonesia

Saat kamu ingin membuka rekening deposito, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan bunga tabungan. Nah, bunga ini juga akan temukan ketika kamu sedang mengajukan pinjaman maupun kartu kredit dalam bentuk suku bunga kredit

Mekanisme suku bunga ini penting untuk kamu ketahui karena akan menentukan pembayaran yang harus kamu lunasi. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 6 Perbedaan Kredit dan Debit untuk Pembayaran

Apa Itu Suku Bunga Kredit Bank?

suku bunga kredit bank

Sumber: Freepik

Pada dasarnya, suku bunga kredit adalah persentase biaya yang dibebankan oleh bank kepada pemohon produk berbasis kredit seperti pinjaman dan kartu kredit sebagai wujud hubungan timbal balik keduanya.

Manfaat Suku Bunga Kredit Bank

Lantas, mengapa bank memberlakukan sistem suku bunga kredit? Jawaban singkatnya, agar nasabah dan penyedia layanan keuangan sama-sama untung. Sebab, bank juga memerlukan dana untuk tetap beroperasi dan  menyalurkan kredit kepada pemohon lain, termasuk kamu. 

Jadi, dari biaya bunga itulah kamu bisa memperoleh pinjaman untuk membayar berbagai kebutuhanmu. Selain itu, suku bunga bank juga berguna untuk mengontrol tingkat inflasi agar tidak berdampak buruk bagi perekonomian nasional.

Jenis-jenis Suku Bunga Kredit Bank

Bergantung dari kebijakan setiap bank, mereka dapat memberlakukan jenis bunga dengan perhitungan suku bunga kredit yang berbeda. Agar kamu tidak salah pilih, kenali dulu konsep dasarnya di sini:

1. Suku bunga tetap

Sesuai namanya, suku bunga tetap (fixed) adalah besaran biaya yang akan selalu sama dan tidak pernah berubah sampai akhir periode kredit. Misalnya, kalau kamu harus membayar pinjaman dengan bunga sebesar 5% setiap bulannya bahkan di saat sisa cicilan kamu sudah tinggal sedikit.

2. Suku bunga mengambang

Berikutnya, ada suku bunga mengambang (floating) yang besarannya akan selalu menyesuaikan dengan suku bunga kredit di pasaran. Jadi, kalau suku bunga nasional naik, suku bunga pinjaman dengan sistem ini juga akan ikut meningkat.

3. Suku bunga efektif

Berbeda dengan suku bunga mengambang, besaran suku bunga efektif akan mengikuti sisa cicilan alih-alih suku bunga nasional. Dengan kata lain, kalau sisa cicilan kamu di akhir periode sudah tidak terlalu banyak, biaya bunganya pun juga tidak sebesar di awal masa cicilan.

4. Suku bunga anuitas

Sederhananya, suku bunga anuitas adalah jenis bunga yang merupakan gabungan dari suku bunga fixed dan efektif. Jadi, biaya bunganya sangat bergantung pada sisa nominal pokok pinjaman seperti pada sistem suku bunga efektif, tapi dibagi berdasarkan sisa waktu periode pelunasan. 

Hasilnya, kamu akan membayar biaya bunga yang lebih besar daripada pinjaman pokok di awal cicilan, dan sebaliknya saat mendekati akhir periode pinjaman.

Cara dan Contoh Perhitungan Suku Bunga Kredit Bank

Kirim uang jadi hemat pakai Flip

Untuk menghitung suku bunga kredit yang bersifat tetap, ada rumus sederhana yang bisa kamu gunakan, yaitu:

Bunga = (Nominal pinjaman pokok x % suku bunga per tahun) : 12 bulan

Agar lebih mudah, anggap saja kamu ingin mengajukan pinjaman sebesar Rp240 juta dengan suku bunga sebesar 8% per tahun dan tenor cicilan selama 1 tahun. Jadi, cicilan bulanannya adalah Rp20 juta dengan rincian bunga seperti ini:

Bunga = (Rp240.000.000 x 8%) : 12 = 19.200.000 : 12 = Rp1,6 juta/bulan.

Sementara itu, untuk suku bunga yang bisa menyesuaikan dengan sisa waktu cicilan, berikut adalah rumus yang sering digunakan:

Bunga = ((Pinjaman pokok - (bulan berjalan - 1) x cicilan pokok)) x % suku bunga per tahun : 12 bulan

Berikut adalah contoh perhitungan suku bunga mengambang pada bulan kedua dengan detail pinjaman yang sama seperti di atas:

Bunga = ((Rp240.000.000 - (2-1) x Rp20.000.000)) x 8% = 17.600.000 : 12 = Rp1,46 juta/bulan.

Baca Juga: Tahapan dan Syarat Membuat Kartu Kredit BCA Online

Siapa yang Menentukan Suku Bunga Pinjaman Bank?

Teorinya, bank bisa menentukan suku bunga kredit untuk produk mereka secara mandiri. Termasuk, untuk bunga pinjaman bank. Tapi, mereka harus mengikuti batas suku bunga yang telah ditetapkan oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dan Bank Indonesia. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bank tetap bisa mendapatkan keuntungan tanpa merugikan nasabah dalam jangka panjang.

Sudah paham cara kerja suku bunga kredit dan perhitungannya? Jangan sampai kamu melewatkannya karena hal tersebut akan berpengaruh pada cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan! 

Lalu, pastikan kamu menyiapkan dana yang mencukupi untuk melunasi kewajiban pembayaranmu. Tidak perlu khawatir kalau dana untuk membayar cicilan ada di rekening bank lain, sebab kamu cukup mentransfer ke rekening khusus cicilan dengan Flip. 

Cukup bermodalkan beberapa kali klik saja, kamu bisa kirim uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia dengan biaya transfer yang lebih hemat! Tunggu apa lagi? Rasakan sendiri kemudahannya dan ayo download aplikasi Flip sekarang!

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi