mural
homeforward
Wajib Tahu, Ini 5 Cara Cek Tagihan PDAM Bulan Sebelumnya

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Cek Tagihan PDAM Bulan Sebelumnya

Pembayaran penggunaan air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) bisa dilakukan secara pra-bayar maupun pascabayar. Untuk itu, penting sekali buat kamu mengetahui cara mengecek tagihan PDAM bulan sebelumnya.

Hal ini diperlukan agar kamu bisa membayar tagihan PDAM tepat waktu, sehingga tidak akan menyebabkan berbagai masalah. Di samping itu, mengetahui jumlah tagihan PDAM juga akan memastikan pembayaranmu sesuai dengan banyaknya jumlah air yang digunakan.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini Cara Pengaduan PDAM Online

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui jumlah tagihan PDAM bulan lalu, maupun beberapa bulan sebelumnya.

1. Cek Melalui Situs Resmi

keuntungan bayar pdam via aplikasi

Sumber: 99.co

Pertama, cara cek tagihan PDAM bulan sebelumnya bisa dilakukan melalui situs resmi yang dimiliki oleh masing-masing PDAM. Kamu tinggal masuk ke situs resmi tersebut melalui browser, lalu cari info perkiraan tagihan, dan masukkan nomor ID pelanggan.

Jika kamu pengguna layanan pascabayar, di situ kamu bisa melihat catatan tagihan PDAM pada bulan-bulan yang telah lalu.

Tagihan tersebut harus kamu bayar sebelum jatuh tempo agar tak dikenakan denda. Bahkan, jika sampai beberapa bulan tak dibayar juga, layanan air PDAM bisa dicabut.

2. Cek Menggunakan Aplikasi Resmi PDAM

Selain menggunakan situs resmi, kamu juga bisa cek tagihan PDAM bulan sebelumnya menggunakan aplikasi resmi PDAM. Sama seperti situs, setiap PDAM biasanya memiliki aplikasinya masing-masing. Jadi, kamu harus memilih aplikasi PDAM sesuai wilayahmu.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Pertama, kamu harus punya aplikasinya terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi PDAM di smartphone melalui Play Store maupun App Store.

Jika sudah, segera bikin akun atau masuk ke halaman utama. Di sana, cari menu tentang info tagihan, lalu masukkan nomor ID pelanggan. Dalam sekejap, informasi seputar tagihan PDAM pun akan ditampilkan.

3. Cek Lewat ATM

Kalau kamu nggak mau mengecek tagihan PDAM melalui situs atau aplikasi resmi, kamu bisa mengecek langsung lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri) berbagai bank. Cara ini cukup simpel, karena kamu bisa sekaligus melakukan pembayaran.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah pengecekan tagihan PDAM bulan sebelumnya melalui ATM, perhatikan uraian berikut!

Cek Lewat ATM Bank Mandiri

  1. Masukkan kartu ke mesin ATM, kemudian masukkan PIN.
  2. Jika sudah, pilih menu “Bayar” atau “Beli”.
  3. Pilih “PAM”, nanti akan muncul berbagai pilihan perusahaan air minum, termasuk PDAM.
  4. Selanjutnya, masukkan kode PDAM sesuai dengan daerah pengguna, dan nomor ID.
  5. Tekan YA, dan kamu akan melihat informasi seputar jumlah tagihan PDAM bulan lalu yang harus dibayarkan.
  6. Jika jumlahnya memang wajar sesuai penggunaan, kamu bisa tekan YA untuk langsung melakukan pembayaran. Jika belum mau membayar, kamu bisa tekan TIDAK.

Cek Lewat ATM Bank Lainnya

Untuk mengecek tagihan PDAM melalui ATM bank lainnya, secara umum kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti di atas. Jika ada perbedaan, biasanya hanya pada istilah menu dan kode PDAM.

4. Cek Via Aplikasi Marketplace di Smartphone

bayar PDAM di Flip

Selanjutnya, kamu bisa mengecek tagihan PDAM bulan sebelumnya via aplikasi marketplace, seperti ShopeeTokopedia, maupun yang lainnya.

Caranya sangat mudah, asalkan kamu sudah punya aplikasi marketplace beserta akunnya di smartphone. Jika belum, kamu bisa menginstalnya terlebih dahulu.

Untuk mengecek tagihan PDAM, cukup masuk ke aplikasi, dan pilih fitur atau menu “Pembayaran” atau “Tagihan”. Di sana, kamu bisa pilih menu PDAM dan masukkan nomor ID pelangganmu.

Kalau sudah, pasti akan muncul rincian informasi tagihan PDAM yang harus dibayarkan. Maka, kamu pun bisa segera melakukan pembayaran jika memang jumlahnya sudah sesuai.

Kalau menurutmu jumlah tagihan tidak sesuai dengan jumlah penggunaan air, kamu bisa mengajukan keluhan melalu layanan aduan PDAM melalui berbagai metode.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Bayar PDAM Lewat Aplikasi

5. Cek di Indomaret

Terakhir, kamu juga bisa cek tagihan PDAM bulan sebelumnya melalui Indomaret. Ya, toko retail tersebut memang telah bekerja sama dengan berbagai perusaahan air minum untuk mempermudah transaksi pembayaran masyarakat.

Cara untuk melakukannya sangat mudah. Kamu cukup siapkan ID pelanggan PDAM, dan datang ke Indomaret. Sampaikan pada petugas kasir, bahwa kamu ingin melakukan pembayaran PDAM. Nantinya pihak kasir akan langsung memproses menggunakan nomor ID pelangganmu.

Sebelum melakukan pembayaran, kamu akan diberi tahu tentang jumlah tagihan PDAM. Pastikan jumlahnya sudah sesuai, atau wajar jika dibandingkan tagihan bulan-bulan sebelumnya.

Kalau sudah, kamu bisa langsung melakukan pembayaran saat itu juga melalui kasir Indomaret. Proses ini biasanya memerlukan biaya admin tambahan.

Itulah lima cara mudah untuk cek tagihan PDAM bulan sebelumnya, sekaligus melakukan proses pembayaran. Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa membayar tagihan PDAM melalui aplikasi Flip.

Aplikasi transfer tanpa biaya admin ini memiliki menu pembayaran berbagai tagihan yang bisa dimanfaatkan, salah satunya PDAM tersebut. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan smartphone dan akses internet.

Jika sudah punya aplikasi Flip dan akunnya, kamu hanya perlu lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Masuk ke menu “Top Up & Tagihan”, lalu pilih “Air PDAM”. 
  2. Setelah itu, masukkan wilayah dan nomor ID pelanggan. 
  3. Jumlah tagihan pun akan ditampilkan, dan kamu bisa klik "Pilih Pembayaran".
  4. Pilih metode pembayaran seperti Transfer Bank, Saldo Flip atau Virtual Account.
  5. Klik Lanjutkan, dan selesai.

Jadi, tak perlu pusing lagi buat urusan cek tagihan PDAM bulan sebelumnya maupun proses pembayarannya. Melalui Flip, semua pasti beres secara mudah. Buat yang belum punya aplikasinya, kamu bisa unduh Flip secara gratis di Play Store maupun App Store.

bayar PDAM di Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi