mural
homeforward
Ini Keistimewaan dan Amalan di Bulan Ramadhan

Ini Keistimewaan dan Amalan di Bulan Ramadhan

Kedatangan bulan suci Ramadhan dinantikan oleh setiap mukmin. Di samping suasana yang berbeda dan terkesan syahdu, ada banyak amalan di bulan Ramadhan yang dapat dimaksimalkan dalam rangka meningkatkan ketakwaan terhadap Allah.

Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak hal spesial di bulan Ramadhan? Selain itu, apa saja amalan dan ibadah di bulan Ramadhan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja? Yuk, simak artikel berikut agar kamu dapat mempersiapkan diri untuk memaksimalkan beribadah di bulan istimewa ini!

Baca Juga: Yuk Produktif dengan 5 Aktivitas Bulan Ramadhan Ini!

Ramadhan adalah Bentuk Kasih Sayang Allah kepada Muslim

ramadhan bentuk kasih sayang Allah kepada muslim

Sumber: Envato

Pada dasarnya tujuan penciptaan setiap manusia di muka bumi ini adalah untuk beribadah kepada Allah sebagaimana yang tertuang dalam Alquran Surat Adz-Dzariyat ayat 56 yang memiliki arti:

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.”

Oleh sebab itu, setiap manusia terutama umat muslim perlu memprioritaskan ibadah dalam kehidupan sehari-harinya, beriringan dengan menjalani peran sebagai manusia yang juga memenuhi kebutuhan duniawinya. 

Di sisi lain, waktu yang dimiliki manusia zaman sekarang sangat terbatas dibandingkan para pendahulu seperti sebagian besar para nabi dan rasul yang hidup hingga ratusan tahun. Mereka memiliki lebih banyak waktu untuk beribadah dan menimbun pundi-pundi pahala sebagai bekal saat “kembali pulang” nantinya.

Ramadhan pun menjadi salah satu fasilitas dan karunia kepada Allah kepada umat muslim. Allah perintahkan muslim untuk berpuasa penuh selama bulan Ramadhan—sekaligus menjadi pembeda dari umat sebelumnya yang juga berpuasa, tetapi tidak seserentak Ramadhan. Tentunya, ganjaran pahala puasa Ramadhan pun tidak sedikit.

Tak cuma itu, Allah juga melipatgandakan pahala bagi muslim yang melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan dengan ikhlas dan mengikuti ajaran Rasul (ittiba’ Rasul). Dengan segala kebaikan dan pahala berkali-kali lipat selama Ramadhan ini, Allah pun memberi kesempatan bagi para muslim untuk “mengejar pahala” sebanyak-banyaknya—seolah mereka hidup hingga ratusan tahun seperti para pendahulu.

Anjuran Amalan di Bulan Ramadhan 

Berpuasa pada hakikatnya bukan sebatas menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, berpuasa dimaksudkan untuk melatih muslim menahan hawa nafsunya sendiri khususnya dari hal-hal yang dianggap kecil padahal fatal, seperti menggunjing orang, berprasangka buruk, berpikiran yang tidak semestinya, meluapkan emosi dengan membabi buta, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal-hal bernilai amalan ibadah yang bisa kamu lakukan sebagai distraksi hawa nafsu sekaligus meningkatkan ketakwaan. Berikut adalah beberapa amalan di bulan Ramadhan yang dapat kamu terapkan untuk membantu memupuk pahala dan ketakwaan.

Sahur dan Berbuka 

Kalau selama ini kamu masih sahur dan berbuka hanya dengan tujuan untuk sebatas membatalkan puasa dan mengisi energi, maka saatnya untuk mulai meluruskan niat. Sahur dan berbuka adalah sunnah Rasulullahsehingga melakukannya dengan kesadaran dan niat mengikuti sunnah Rasul pun akan memperoleh pahala sunnah.

Adapun sunnah rasulullah dalam sahur dan berbuka adalah mengakhirkan sahur yang berarti melakukan sahur menjelang adzan subuh (sebelum imsak berakhir) dan menyegerakan yang berarti bergegas membatalkan puasa setelah memasuki waktu maghrib (ditandai adzan maghrib).

Pun jangan lewatkan kesempatan untuk berdoa di waktu menjelang akhir sahur dan awal berbuka. Pasalnya waktu ini termasuk waktu yang cukup mustajab untuk diijabahnya doa oleh Allah.

Bersedekah 

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Bersedekah juga merupakan hal yang Rasulullah ajarkan. Di bulan Ramadhan, ganjaran pahala bersedekah pun lebih besar dibandingkan bersedekah di bulan-bulan lainnya.

Bentuk sedekah pun bermacam-macam, tidak harus memberi bantuan berupa uang kepada orang lain. Berbagi sahur dan buka puasa, membantu dengan tenaga untuk menyiapkan keluarga yang berbuka maupun sahur, hingga berbagi ilmu bermanfaat juga menjadi bentuk sedekah yang bernilai.

Qiyamul Lail 

Banyak yang mengira bahwa qiyamul lail adalah amalan di bulan Ramadhan berupa salat tahajud di malam hari setelah tidur. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi perlu diluruskan agar dapat mengoptimalkan kesempatannya.

Sebetulnya qiyamul lail merujuk pada sederet amalan ibadah sunnah di malam hari, seperti salat tarawih, salat tahajjud, salat witir, salat taubat, dan lain-lain. Kamu juga bisa mendirikan qiyamul lail dengan berzikir, membaca Alquran, berdoa, dan masih banyak lainnya.

Membaca Alquran 

Alquran merupakan tuntunan setiap muslim untuk menjalani hidup. Karena itu, setiap muslim perlu membaca dan mengkaji Alquran setiap hari agar senantiasa ingat tujuan hidup dan memaknai apa yang semestinya dilakukan.

Membaca per huruf Alquran di bulan Ramadhan pun punya pahala berkali-kali lipat asal dilakukan secara ikhlas. Di samping itu, aktivitas ini juga turut sebagai perwujudan syukur mengingat dan mengenang diturunkannya Alquran kali pertama pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Serba Serbi Puasa Ramadhan

I'tikaf 

Khususnya bagi para muslim laki-laki, jangan lewatkan kesempatan untuk i’tikaf di masjid. Perbanyaklah ibadah di tengah malam dan jadikan waktu ini sebagai quality time bersama Sang Maha Pencipta. 

Ada banyak aktivitas ibadah yang bisa kamu lakukan saat i’tikaf, dimulai dari tahiyatul masjid dan berbagai salat sunah lain, membaca Alquran ,melaksanakan tadarus Alquran, berdzikir, dan berdoa semata kepada Allah. Jangan lewatkan kesempatan ini terutama pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Itulah beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kesempatan menimbun pahala sebagai bentuk ketakwaan dan bekal yang cukup saat “berpulang” nanti. Ibadah di bulan Ramadhan pun bisa kamu lakukan tanpa harus dengan materi sehingga setiap muslim memiliki kesempatan yang sama.

Namun jika memiliki kemampuan, tak ada salahnya untuk membelanjakan sebagian hartamu di jalan Allah seperti berdonasi dan sedekah. Kini Flip hadir dengan fitur Zakat & Sedekah untuk membantumu memenuhi kewajiban berzakat dan melaksanakan sunnah dengan berbagi sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Yuk, download Flip dan berbagi kebaikan di Ramadhan untuk mereka yang membutuhkan dengan lebih mudah sekaligus memupuk amalan pahala berlipat ganda!

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi