mural
homeforward
Ini Lho Cara Daftar BPJS Kesehatan Anak Online

Ini Lho Cara Daftar BPJS Kesehatan Anak Online

BPJS Kesehatan tak hanya menjadi kebutuhan perlindungan kesehatan bagi orang dewasa, tetapi juga penting untuk menjamin kesejahteraan anak-anak. Untuk memastikan anak-anak memperoleh akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, orang tua perlu memastikan bahwa mereka terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. 

Simak uraian berikut untuk mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan anak online.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Menambah Peserta BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Anak Secara Online

syarat daftar bpjs kesehatan anak

Sumber: Glints

Untuk melakukan pendaftaran BPJS anak, bisa dilakukan secara online melalui aplikasi JKN Mobile.

Aplikasi JKN Mobile merupakan aplikasi yang diluncurkan BPJS untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan. Berikut cara daftar BPJS Kesehatan anak online.

  1. Unduh aplikasi JKN Mobile: Pertama, pastikan kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi JKN Mobile melalui PlayStore atau AppStore.
  2. Lakukan loginLangkah selanjutnya adalah login menggunakan akun JKN yang sudah kamu buat sebelumnya. Pastikan untuk menggunakan akun yang valid dan sudah terverifikasi.
  3. Lakukan pendaftaran: Selanjutnya, pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru” untuk melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS untuk anak kamu.
  4. Isi data anak dengan lengkap dan akurat: Di halaman pendaftaran, isi data anak dengan lengkap sesuai dengan kolom-kolom yang sudah disediakan. Pastikan informasi yang kamu masukkan sudah benar agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran.
  5. Pilih fasilitas kesehatan: Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk memilih fasilitas kesehatan. Pilihlah fasilitas kesehatan yang sama dengan faskes yang kamu pilih atau yang terdekat dari rumah kamu.
  6. Lakukan pembayaran: Selanjutnya, kamu akan diberikan petunjuk untuk melakukan pembayaran iuran sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Ikuti petunjuk yang ada dan lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang tersedia.
  7. Verifikasi data: Setelah pembayaran selesai dilakukan, lakukan verifikasi data anak kamu sebagai peserta baru BPJS Kesehatan. Pastikan untuk memeriksa kembali data-data yang sudah kamu masukkan dan pastikan kebenarannya sebelum melakukan verifikasi.

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Anak

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Sebelum melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk anak kamu, penting sekali untuk memahami dengan baik persyaratan apa saja yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Dengan mengetahui syarat-syarat yang diperlukan, maka kamu akan lebih mudah dalam mengurus proses pendaftaran. 

Di samping itu, proses registrasi juga bisa berjalan dengan lebih lancar. Nah, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS Kesehatan.

1. Kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Bagi kamu yang termasuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka kamu bisa langsung mendaftarkan buah hati kamu ke BPJS Kesehatan. Berikut sejumlah persyaratan yang perlu kamu siapkan untuk mendaftarkan anak menjadi peserta BPJS:

  1. Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) asli milik ibu sang anak.
  2. Kartu Keluarga (KK) milik orang tua anak.
  3. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir (bagi bayi yang baru lahir) yang asli atau fotokopi.

Bila semua persyaratan sudah terpenuhi, kamu bisa langsung melakukan proses pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan untuk anak kamu tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit.

2. Kategori Bukan Pekerja (BP) dan Bukan Penerima Upah (BPU)

Apabila kamu termasuk ibu yang menjadi peserta JKN-KIS, maka kamu tetap harus mendaftarkan anak kamu ke BPJS Kesehatan. Berikut beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan:

  1. Surat keterangan lahir atau akta kelahiran anak.
  2. Kartu JKN-KIS milik ibu sang anak.
  3. Kartu Keluarga (KK) milik orang tua anak.
  4. Fotokopi buku rekening tabungan apabila kamu belum pernah melakukan autodebet tabungan untuk melakukan pembayaran BPJS.

Pastikan semua persyaratan sudah terpenuhi agar proses pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan berjalan dengan lancar.

3. Kategori Pekerja Penerima Upah (PPU)

Bagi orang tua yang tergolong sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU), proses pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan untuk anak umumnya dilakukan secara koleklif melalui perusahaan atau instansi tempat orang tua bekerja. Persyaratan yang diperlukan juga tidak jauh berbeda dengan kategori PBI. Berikut beberapa persyaratan tersebut.

  1. Surat keterangan lahir atau akta kelahiran anak.
  2. Kartu JKN-KIS milik ibu sang anak.
  3. Kartu Keluarga (KK) milik orang tua anak.

Seperti yang sudah disebutkan, proses pendaftaran akan dilakukan secara kolektif oleh perusahaan tempat orang tua si anak bekerja. Jadi, bila kamu termasuk PPU, maka tidak perlu melakukan pendaftaran sendiri. Namun tetap sampaikan pada pihak instansi tempat kamu bekerja bahwa kamu ingin mendaftarkan anak kamu ke BPJS Kesehatan.

Bagaimana, sudah paham kan syarat-syarat apa saja yang harus disiapkan untuk mendaftarkan anak ke BPJS Kesehatan?

Baca Juga: Ini Dia 4 Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Nah¸ itulah cara daftar BPJS Kesehatan anak online dengan mudah dan praktis melalui aplikasi JKN Mobile. Agar proses pendaftaran berjalan tanpa kendala, pastikan kamu sudah menyiapkan semua persyaratannya terlebih dahulu. Bila sudah selesai, jangan lupa untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Pembayaran BPJS Kesehatan bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi Flip. Selain untuk membayar BPJS, kamu juga bisa membayar tagihan utilitas, membeli pulsa dan paket data, hingga melakukan transfer dana. Semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi, Flip.

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi