flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Ketahui Tarif Jasa Konsultan Pajak dan Tips Memilihnya

Ketahui Tarif Jasa Konsultan Pajak dan Tips Memilihnya

Pajak menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari setiap masyarakat Indonesia, termasuk para pebisnis. Sebagai pelaku usaha, sudah pasti harus taat pada kebijakan pemerintah dan persyaratan bisnis, terutama untuk pajak. Sayangnya, beberapa pengusaha merasa bahwa urusan perpajakan bisnis menjadi suatu kondisi yang cukup menyita waktu. 

Inilah sebabnya, tak sedikit pemilik usaha pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak untuk bisnis mereka. Sebenarnya, berapa tarif konsultan pajak yang harus ditanggung oleh pengusaha? Bagaimana pula cara memilih jasa konsultan pajak perusahaan yang benar-benar memberikan layanan terbaik untuk Anda dan perusahaan?

Baca Juga: Jenis dan Cara Menghitung Pajak CV

Mengenal Konsultan Pajak

40-1 Envato.JPGSumber : Envato

Jadi, apa itu konsultan pajak? Mereka adalah para profesional pajak yang menawarkan bantuan untuk meringankan pelaku usaha dalam hal pajak dengan berpedoman pada hukum dan mengerti kondisi keuangan perusahaan. Para konsultan pajak bisa membuka bisnis sendiri maupun bekerja pada perusahaan jasa yang profesional. 

Banyak pula konsultan yang bekerja pada kantor, organisasi, dan instansi pemerintah. Mudahnya, seorang konsultan pajak merupakan para profesional yang memiliki spesialisasi dalam konseling finansial dan hukum pajak. Mereka memiliki tugas utama untuk memberikan arahan dan konseling pada klien yang ada hubungannya dengan masalah finansial, termasuk pensiun, warisan, dan perwalian. 

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

40-2 Envato.jpgSumber : Envato

Menggunakan jasa konsultan pajak pada bisnis menawarkan banyak manfaat untuk Anda, di antaranya: 

  • Memiliki lebih banyak waktu luang untuk merancang strategi bisnis. Anda dapat berfokus pada peluang baru, meningkatkan keuntungan bisnis, dan melebarkan sayap bisnis.
  • Layanan tanpa risiko. Melalui konsultan pajak, Anda dapat terhindar dari kesalahan dalam hal perpajakan bisnis. 
  • Data perpajakan yang lebih akurat. Konsultan pajak membantu agar semua data dan perhitungan sudah akurat sesuai dengan aturan dari perpajakan.
  • Tata kelola dokumen lebih sistematis. Konsultan pajak dengan pengetahuan tinggi akan membantu tata kelola semua dokumen Anda sehingga lebih teratur dan sistematis. 

Jenis Layanan Konsultan Pajak

Jasa konsultan pajak bisa Anda manfaatkan untuk efisiensi bisnis dan tata kelola finansial yang lebih tepat. Berikut jenis layanan yang ditawarkan oleh seorang konsultan pajak:

  • Kepatuhan pajak. Layanan ini memiliki fokus utama pada menghitung, biaya pembayaran, dan pelaporan pajak yang tepat sesuai dengan aturan hukum yang ada.
  • Perencanaan pajak. Jenis layanan ini memberikan bantuan kepada pemilik usaha untuk memiliki rencana pajak yang baik, termasuk pengurusan dan persiapan data serta pelaporan pajak.
  • Pengecekan laporan pajak. Layanan untuk evaluasi data yang berhubungan dengan adanya beban pajak yang cukup merugikan untuk bisnis. Dengan demikian, biaya pembayaran pajak bisa dikurangi tanpa menyalahi semua aturan yang ada.
  • Pendampingan dan pemeriksaan. Jenis layanan yang sangat pas untuk pebisnis awam untuk kelancaran pembayaran pajak bisnis. 
  • Konsultasi. Memberikan arahan dan edukasi pada para pemilik usaha terkait perpajakan dalam bisnis sekaligus memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi.
  • Restitusi atau layanan pengembalian kelebihan bayar pajak. Konsultan pajak akan memberikan bantuan pada Anda terkait persiapan data, penyampaian restitusi pada pihak berwenang, melakukan pengecekan data secara mendetail, sampai restitusi akhirnya diterima. 
  • Menyelesaikan sengketa pajak. Layanan ini menawarkan pendampingan kepada pemilik usaha yang berhubungan dengan pengajuan keberatan atau banding.

Tarif Jasa Konsultan Pajak

Sebenarnya, tarif jasa konsultan pajak bisa sangat bervariasi, bergantung pada pemanfaatan jasa, apakah untuk kepentingan pribadi atau bisnis. Bagi wajib pajak orang pribadi, tentunya harga tarif menggunakan konsultan pajak bisa dibilang lebih terjangkau, yaitu mulai dari Rp300 ribu sampai Rp2.500 ribu.

Sementara itu, bagi wajib pajak perusahaan, tarif jasa konsultan pajak bisa jadi lebih tinggi karena sewa dalam waktu yang relatif lebih lama, mulai dari bulanan hingga tahunan. Rentang harganya mulai dari Rp1 juta sampai Rp3juta untuk biaya sewa bulanan, dan Rp3.5 juta sampai Rp5 juta untuk sewa tahunan. 

Tips Memilih Konsultan Pajak yang Tepat

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan perusahaan akan konsultasi terkait perpajakan, Anda sekarang tentunya tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam mencari konsultan pajak yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, tetap saja Anda perlu memilih dengan cermat guna mengurangi risiko kerugian pada akhirnya karena pemberian layanan yang tidak maksimal. 

Agar hal ini tidak terjadi, coba terapkan beberapa tips berikut ini saat memilih jasa konsultan pajak untuk bisnis Anda: 

  • Cari jasa konsultan pajak dengan tarif yang sesuai dengan anggaran perusahaan.
  • Lebih baik lagi, cari pihak konsultan yang menganggap klien mereka, dalam hal ini Anda sebagai rekan untuk memudahkan diskusi dan mencari solusi setiap masalah pajak yang Anda hadapi. 
  • Mintalah rekomendasi dari rekan yang tepercaya. Bisa juga melalui pihak keluarga atau teman yang pernah menggunakan jasa serupa untuk bisnis mereka. 
  • Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan atau riset secara mendalam terkait jasa konsultasi pajak yang Anda pilih. Sebisa mungkin, pilih jasa konsultan yang kredibel dengan status reputasi yang baik. Anda bisa melakukan pengecekan tersebut pada Sistem Informasi Konsultan Pajak (SiKop).

Demikian tadi informasi mengenai tarif jasa konsultan pajak, manfaat memakai jasa tersebut, dan bagaimana memilih jasa yang sesuai dan pastinya profesional. Selain memperhatikan aspek pajak, Anda harus memperhatikan kemudahan transaksi dalam bisnis. Cek langsung layanan Flip for Business dengan banyak fitur dan layanan menarik.

Melalui Flip for Business, Anda akan lebih mudah melakukan transfer antarbank ke ribuan rekening sekaligus, baik untuk tujuan domestik maupun internasional dan menerima transaksi secara daring hanya dari satu platform. Flip for Business juga menawarkan berbagai layanan untuk memudahkan transaksi bisnis Anda.

Mulai dari money transfer yang memudahkan Anda transfer ke rekening bank, akun virtual, dan dompet digital sekaligus.Anda juga dapat melakukan transfer menuju ke rekening internasional dengan biaya admin mulai dari Rp29 ribu saja. 

Daftar dan langsung coba Flip for Business untuk transfer ke rekening domestik atau tanyakan semua informasinya langsung pada sales team kami. Semoga bermanfaat!

Flip for Business in general.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi