flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Apa Itu Pangsa Pasar? Yuk, Kenali Manfaat dan Cara Menentukannya!

Apa Itu Pangsa Pasar? Yuk, Kenali Manfaat dan Cara Menentukannya!

Apa itu pangsa pasar kerap dipertanyakan oleh calon pengusaha baru. Hal yang wajar mengingat pemahaman mengenai pangsa pasar diperlukan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. 

Pada bisnis, pangsa pasar dapat dijadikan sebagai acuan lantaran berisikan informasi total penjualan bisnis. Berbekal informasi ini, Anda bisa menentukan target bisnis dan merancang strategi menghadapi kompetitor.  

Pengertian Pangsa Pasar 

46-1 Envato.jpgSumber : Envato

Pangsa pasar atau market share adalah informasi yang menggambarkan total penjualan perusahaan terhadap suatu segmen pasar tertentu. Biasanya data tersebut ditampilkan dalam bentuk persentase. Pangsa pasar dapat ditentukan dengan cara membagi total pendapatan dengan total penjualan bisnis atau industri selama periode fiscal.

Pangsa pasar dapat menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk menarik segmen pasar. Segmen pasar adalah bagian dari keseluruhan permintaan barang atau jasa yang menggambarkan golongan konsumen menurut ciri khasnya. 

Makin besar pangsa pasar, pasar tersebut makin menarik. Untuk mengetahui konsumen pengguna jasa atau barang hasil produksi tersebut, produsen perlu melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu.

Baca juga: Strategi Jitu Jadi Market Leader!

Manfaat Pangsa Pasar 

Mengingat pangsa pasar penting, Anda harus mengetahui manfaatnya bagi bisnis. Adapun manfaatnya, sebagai berikut.

Tanda Kenaikan atau Penurunan Laba Perusahaan

Dalam pandangan investor, perubahan pangsa pasar menjadi tanda adanya daya saing relatif dari layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan. Singkatnya, pangsa pasar merupakan penanda keuntungan. Makin tinggi nilai pangsa pasar, makin besar keuntungan. Sebaliknya, makin rendah pangsa pasar, makin kecil keuntungan.

Menumbuhkan Reputasi Perusahaan

Setiap perusahaan yang mempunyai pangsa pasar akan memiliki basis pelanggan. Makin tinggi kepercayaan terhadap produk yang Anda tawarkan, makin tinggi loyalitas pelanggan. Hal ini berdampak baik pada peningkatan reputasi perusahaan. 

Meningkatkan Basis Pelanggan Bisnis

Konsistensi produk dan layanan dapat meningkatkan basis pelanggan yang kuat dan loyal. 

Meningkatkan Daya Tawar

Mengetahui pangsa pasar juga efektif meningkatkan daya tawar bisnis perusahaan. Peningkatan pangsa pasar dapat mendorong perusahaan memulai upaya dominasi terhadap suatu sektor industri. Hal ini bisa memperbesar daya tawar. Nantinya, perusahaan bisa menikmati berbagai keuntungan dan melancarkan negosiasi dari pemasok maupun saluran distribusi lainnya.

Metrik Pemasaran

Pangsa pasar merupakan metrik pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk merancang strategi dengan tujuan mengungguli kompetitor. 

Jenis Pangsa Pasar 

46-2 Envato.jpgSumber : Envato

Apa itu pangsa pasar? Pangsa pasar dapat diartikan sebagai jumlah keseluruhan penjualan perusahaan yang disandingkan dengan total penjualan di pasaran. Meskipun demikian, istilah pangsa pasar tersebut dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Value Market Share

Value market share merujuk pada keseluruhan saham bisnis dari akumulasi penjualan segmennya. Angka pangsa pasar jenis ini tidak selalu linier atau berada pada satu garis lurus dengan volume market share. Artinya, ketika value market share tinggi, volume market share bisa mengalami peningkatan atau penurunan.

Volume Market Share

Volume market share merujuk pada jumlah unit yang dijual oleh perusahaan dari keseluruhan unit yang terjual di pasaran. Sering kali value market share bisa lebih tinggi dari volume market share.

Revenue Market Share (RMS)

Revenue market share dihitung berdasarkan pendapatan perusahaan untuk dibandingkan dengan kompetitor. Diperlukan perhitungan total penjualan produk atau segmen tertentu. Hasil perhitungan tersebut menggambarkan pangsa pasar produk dalam bentuk persentase dari keseluruhan penjualan produk tersebut secara individu.

Customer Market Share

Customer market share merupakan rasio jumlah pelanggan dibandingkan jumlah pelanggan di suatu industri. Jenis pangsa pasar ini biasanya digunakan di sektor yang sangat memperhitungkan jumlah konsumen maupun pengikut. 

Rumus Menentukan Pangsa Pasar 

Setelah mengetahui apa itu pangsa pasar dan jenisnya, sekarang Anda perlu mempelajari bagaimana cara menentukan pangsa pasar. Untuk menghitungnya, Anda memerlukan analitik penjualan total pendapatan tahun lalu atau fiskal dan metric penjualan seluruh pasar. Masukkan angka tersebut ke dalam Excel untuk menghasilkan data yang bisa dianalisis. 

Adapun cara menghitung pangsa pasar berdasarkan pendapatan, sebagai berikut.

  • Pilih periode fiscal.
  • Hitung total penjualan perusahaan.
  • Hitung total penjualan pasar untuk industri.
  • Bagi total penjualan perusahaan dengan penjualan pasar secara keseluruhan.

Adapun langkah mengukur pangsa pasar berdasarkan unit terjual, sebagai berikut.

  • Pilih periode fiskal.
  • Hitung total penjualan unit perusahaan.
  • Hitung total unit terjual untuk industri.
  • Bagi total unit perusahaan yang terjual dengan total unit yang terjual di industri.

Lantas, bagaimana menemukan pangsa pasar dengan pencarian organik?

  • Pilih periode fiscal.
  • Hitung total klik yang ada di dalam kumpulan kata kunci berdasarkan total volume pencarian serta rasio klik tayang.
  • Hitunglah berdasarkan RKT posisi peringkat dan volume pencarian setiap istilah.

Apabila Anda hendak menghitung manual, gunakan rumus perhitungan pangsa pasar =  Penjualan x 100% : Total Penjualan. Rumus total penjualan = Unit x Harga. Unit yang dimaksud adalah produk yang mempunyai kesamaan fungsi, jenis, atau karakteristik.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar 

Untuk meningkatkan pangsa pasar, Anda bisa menerapkan sejumlah tips sederhana berikut ini. 

Memperbarui Strategi

Perbarui strategi agar perusahaan mampu bertahan di tengah persaingan. Strategi ini juga menjadi kunci untuk memperkuat posisi dan menghadapi tantangan bisnis. Pastikan untuk menyusun strategi yang tepat agar tujuan perusahaan dapat tercapai. 

Mengembangkan Produk

Mengembangkan produk sangat penting untuk memperluas segmentasi pasar. Namun, mengembangkan produk memerlukan serangkaian riset agar kualitasnya terjamin. Apabila dilakukan dengan tepat, hal ini akan mendorong peningkatan pangsa pasar.

Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis dapat mendorong peningkatan pangsa pasar. Ekspansi ini bisa dilakukan dengan meakukan akuisisi atau merger. Akuisisi merupakan pembelian perusahaan yang dilakukan oleh sekelompok investor atau perusahaan lain.

Merger merupakan proses menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu. Ketika melakukan merger, perusahaan yang lebih dominan akan membawa kesuksesan merek suatu produk. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu pangsa pasar beserta manfaat dan cara menghitungnya. Untuk transaksi bisnis yang lebih mudah, cepat, dan efisien, pakai Flip for Business sebagai solusi satu pintu berbagai transaksi bisnis Anda. Mulai dari menerima pembayaran, mengirimkan uang, hingga transfer ke luar negeri dengan biaya 50% lebih terjangkau daripada layanan sejenis. Bahkan, Anda juga bisa transfer ke 20 ribu rekening sekaligus dalam hitungan menit saja. Ayo, nikmati kemudahan bertransaksi bisnis dengan Flip for Business!

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
Waspada, Ini Dia 10 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Anda Hindari
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi