mural
homeforward
Sinyal Jadi Makin Kencang, Ini Cara Menggunakan WiFi Repeater

Sinyal Jadi Makin Kencang, Ini Cara Menggunakan WiFi Repeater

WiFi adalah layanan internet yang paling nyaman terutama jika digunakan untuk keperluan banyak pengguna sekaligus. Dibandingkan paket data GSM, wifi justru terhitung lebih murah dan cukup dapat diandalkan.

Sayangnya, salah satu kendala yang cukup banyak dikeluhkan pengguna adalah sinyal wifi yang seolah kurang luas. Maka dari itu wifi repeater pun muncul sebagai sebuah solusi. Namun, apa itu dan bagaimana cara menggunakan wifi repeater?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Alat Masak Listrik Untuk Anak Kos, Wajib Punya!

WiFi Repeater vs WiFi Extender 

wifi repeater

Foto: INews

Banyak yang masih bingung dengan dua perangkat ini: wifi repeater dan wifi extender. Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk membuat sinyal yang diterima jadi lebih baik. Namun, apa perbedaan keduanya?

Wifi repeater adalah perangkat untuk menguatkan jaringan dengan fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi. Sebuah wifi repeater mempunyai antena yang berfungsi menangkap sinyal wifi dari router, lalu menyebarkan ulang sinyal tersebut ke area yang lebih luas. Sayangnya penggunaan repeater dapat mengurangi bandwidth jaringan wifi asli berkurang sampai 50 persen jadi lebih lambat.

Sementara itu, wifi extender adalah perangkat untuk menguatkan sinyal wifi dengan cara memperluas sinyal wifi dari router utama ke area lainnya. Hanya saja, penggunaan wifi extender adalah dengan kabel ethernet sehingga kamu tak perlu khawatir bandwidth jaringan utama akan berkurang.

Jika disimpulkan, berikut adalah perbedaan wifi repeater dan wifi extender.

  1. Wifi repeater terhubung ke wifi secara nirkabel, sedangkan wifi external terhubung langsung dengan kabel ke router.
  2. Wifi repeater dapat mengurangi bandwidth dan kualitas wifi utama, sedangkan wifi extender tidak.
  3. Harga wifi repeater lebih murah dibandingkan harga wifi repeater.

Kapan Perlu Menggunakan WiFi Repeater?

Seperti disebutkan sebelumnya fungsi repeater adalah untuk menguatkan dan memperluas jangkauan sinyal di area lain. Namun, terutama dengan dasar optimasi dan efisiensi, bukan berarti kamu perlu langsung menggunakan wifi repeater jika sinyal yang ditangkap perangkat jelek.

Setidaknya, berikut adalah beberapa kondisi yang sebaiknya baru kamu pertimbangkan untuk menggunakan wifi repeater.

Terletak di Dead Spot

Ini adalah penyebab paling umum mengapa banyak orang akhirnya memutuskan menggunakan wifi repeater. Kalau rumah atau lokasimu berada di dead spot alias area yang tidak terjangkau oleh sinyal wifi (termasuk jika sinyal wifi yang sampai di perangkat sampai lemah), maka kamu bisa menggunakan wifi repeater untuk menarik sinyal lebih kuat.

Rumah atau Ruangan Berdinding Tebal

Sinyal wifi juga dipengaruhi oleh kondisi sepanjang sinyal merambat. Sekalipun jarak antara hp dan pusat sinyal hanya beberapa meter saja, jika di antara keduanya terdapat dinding yang tebal, maka tidak perlu heran saat sinyal yang diterima oleh perangkat sangat lemah. Gunakanlah wifi repeater sebagai alternatifnya.

Memperluas Area Pengiriman Sinyal

Misal kamu telah berlangganan sebuah layanan wifi di rumah dan ingin memperluas area yang bisa dijangkau seperti adanya taman belakang atau bahkan kamar di lantai lain, pertimbangkan menggunakan wifi router untuk pendistribusian sinyal yang lebih baik.

Cara Menggunakan WiFi Repeater 

Kamu bisa membeli wifi repeater di berbagai toko perangkat komunikasi, baik online maupun offline. Harga yang ditawarkan oleh tiap produsen dan penjual pun beragam, tetapi kamu sudah bisa memperoleh satu wifi repeater mulai harga ratusan ribu rupiah saja.

Adapun cara menggunakan wifi repeater secara detail juga boleh jadi berbeda antara satu merek dan tipe dengan yang lainnya. Namun secara umum, berikut adalah cara setting wifi router untuk meningkatkan kualitas sinyal.

  1. Pasang perangkat wifi router pada stop kontak yang aktif dengan mempertimbangkan jarak antara wifi repeater dan router. Pastikan bahwa wifi repeater ada di tengah antara router dan jarak maksimal yang bisa dijangkau oleh sinyal wifi.
  2. Siapkan laptop atau PC. Hubungkan dengan jaringan wifi yang kamu gunakan dan akses nomor IP router tersebut.
  3. Sistem akan mengarahkanmu ke halaman untuk login. Masukkan username dan password sesuai yang sudah didaftarkan dulu, lalu klik OK/Submit.
  4. Kamu akan mendapati tombol Repeater, klik tombol tersebut. 
  5. Arahkan kursor pada menu Wireless Repeat Mode, lalu pilih Select. Masukkan SSID wifi yang kamu gunakan berikut password-nya.
  6. Selesai.

Itulah cara menggunakan wifi repeater berikut kondisi apa saja yang memungkinkanmu memerlukan keberadaan perangkat satu ini. Tidak sulit, kan? Kamu bahkan bisa mencobanya sendiri tanpa bantuan teknisi atau orang lain, lho!

Pastinya, agar akses internet wifi selalu lancar, jangan lupa untuk bayar tagihan tepat pada waktunya pula. Penyedia layanan internet biasanya memberi batas tertentu (umumnya sekitar tanggal 20) sebagai batas akhir pembayaran biaya berlangganan. Lewat dari tanggal tersebut, mereka akan menghentikan layanan sementara sampai kamu melakukan pelunasan.

Baca Juga:  Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Sebulan Supaya Hemat

Kini kamu bisa bayar layanan internet lebih praktis di aplikasi Flip, lho. Pada menu Top Up & Tagihan, kamu akan mendapat fitur pembayaran untuk Internet & TV. Pilih penyedia layanan yang kamu gunakan, masukkan nomor ID, lalu bayar sesuai jumlah yang tertera. Mudah, kan?

New Banner ITV

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi