mural
homeforward
5 Universitas LPDP Luar Negeri yang Populer, Ada Favoritmu?

5 Universitas LPDP Luar Negeri yang Populer, Ada Favoritmu?

Registrasi untuk mendapatkan beasiswa studi lanjutan dari LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan Republik Indonesia gelombang 2 secara resmi berakhir pada bulan Juli kemarin. Saat ini, seleksi penerimaan telah memasuki tahapan Seleksi Substansi hingga tanggal 27 Oktober nanti.  

Pemerintah melalui LPDP membuka beasiswa dalam berbagai program, Mulai dari reguler atau umum, afirmasi, dan targeted untuk jenjang pendidikan Magister (S2) dan doktoral (S3). 

Baca Juga: Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Pakai Flip

Daftar Universitas LPDP Luar Negeri yang Populer

universitas lpdp

Foto: Pexels

Nah, program reguler pada beasiswa LPDP ini tidak hanya menyediakan beasiswa untuk perguruan tinggi dalam negeri, tetapi juga universitas di beberapa negara lainnya. Dari banyaknya universitas LPDP luar negeri yang berpartisipasi, ternyata ada lima yang memiliki tingkat peminat yang paling tinggi. 

Jadi, kalau kamu sedang berencana atau melalui tahapan seleksi beasiswa LPDP, lima perguruan tinggi luar negeri berikut ini sudah pasti harus menjadi pertimbangan: 

The University of Melbourne, Australia

Pertama, ada The University of Melbourne, Australia. Universitas Australia ini berada pada peringkat ke-14 dari QS World University Ranking 2024. Jumlah peminat beasiswa LPDP untuk kampus ini yaitu mencapai 637 orang. 

Beberapa program studi yang populer di The University of Melbourne adalah Hukum, Psikologi, Bisnis, Teknik, Sains, dan Kedokteran. Gedung kampusnya yang bersejarah, Parkville, berada di jantung tiga kawasan inovasi yang mendapat pengakuan global. 

Tak hanya itu, pusat penelitian dari universitas ini juga memiliki jaringan infrastruktur yang mendukung inovasi di Australia dan internasional. Beragam museum dan galerinya, mulai dari Ian Potter Museum of Art hingga Science Gallery Melbourne menyediakan akses pengetahuan, penelitian, dan budaya yang dikurasi langsung di universitas. 

Wageningen University & Research, Belanda

Universitas LPDP luar negeri selanjutnya adalah Wageningen University & Research yang berlokasi di Belanda. Kampus ini mendapatkan peringkat ke 151 berdasarkan data dari QS World University Rankings 2024 dengan jumlah peminat mencapai 669 orang. 

Beberapa program Master (S2) yang bisa menjadi pilihan termasuk Agroekologi, Genetika dan Pemuliaan Ternak, Ilmu Peternakan, Bioteknologi, Data Sains untuk Makanan dan Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Lingkungan, Ilmu Tanaman, dan masih banyak lagi. 

Buat kamu yang senang untuk mempelajari dan melakukan riset serta penelitian yang lebih dalam lagi tentang alam dan kehidupan, Wageningen University & Research Belanda menjadi perguruan tinggi terbaik yang dapat kamu pilih. 

University College London (UCL), Inggris

University College London (UCL) yang berlokasi di Inggris juga menjadi universitas LPDP luar negeri yang populer. Berdasarkan data dari QS World University Ranking 2024, perguruan tinggi ini berada pada peringkat ke-9. Sementara itu, jumlah pelamar yang sangat berminat untuk melanjutkan studi di kampus ini mencapai 658 orang. 

Semua, University College London dikenal dengan nama University of London. Kampus ini berdiri pada tahun 1826 oleh Henry Brougham yang merupakan seorang pengacara dan Thomas Campbell yang merupakan seorang penyair.

Sekira tahun 1878, UCL secara resmi menjadi perguruan tinggi di Inggris yang pertama kali melakukan penerimaan mahasiswa perempuan dengan ketentuan yang sama dengan mahasiswa laki-laki. Bahkan, periode 2016-2017 tercatat sebanyak 58% mahasiswa di UCL adalah perempuan. 

The University of Manchester, Inggris

Masih berada di Inggris, universitas LPDP luar negeri berikutnya adalah The University of Manchester. Perguruan tinggi di Inggris ini memiliki jumlah peminat mencapai 487 orang yang tersebar di berbagai program studi pilihan. Sementara itu, peringkatnya ada di nomor 32 berdasarkan QS World University Rankings 2024.

Sesuai namanya, The University of Manchester memiliki bangunan kampus utama yang berada di Manchester, Inggris. Perguruan tinggi ini menawarkan tiga fakultas, yaitu: 

  • Fakultas Biologi, Kedokteran, dan Kesehatan (Sekolah Ilmu Biologi, Ilmu Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan).
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Pengetahuan (Sekolah Teknik dan Ilmu Alam).
  • Fakultas Humaniora. 

Mahasiswa internasional mempunyai peran yang sangat signifikan di The University of Manchester. Populasi mahasiswa yang menempuh studi di perguruan tinggi ini bahkan berasal dari 170 negara di seluruh dunia. 

Monash University, Australia

Universitas LPDP luar negeri terpopuler yang terakhir adalah Monash University yang ada di Melbourne, Australia. Terdapat sebanyak 468 mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi ini dalam berbagai bidang studi. 

Sementara itu, peringkatnya berdasarkan QS World University Ranking ada pada posisi 42. Namun, Fakultas Farmasi dan Farmakologi di perguruan tinggi ini berhasil menduduki peringkat kedua di dunia dan pertama di Australia. 

Pun, Fakultas Keperawatan di Monash University Australia berada di posisi kelima dunia dan kedua di Australia. Jadi, kalau kamu berminat untuk melanjutkan studi baik Master, Double Degree, maupun Program Doktoral, dua fakultas terbaik di Monash University ini sangat menarik untuk dipertimbangkan. 

Itu tadi beberapa universitas LPDP luar negeri yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kampus untuk studi berikutnya. Kalau kuliah di luar negeri, jangan lupa pakai Flip Globe untuk transfer uang, ya! 

Baca Juga: Cari Agen Kerja Luar Negeri Yang Tepercaya? Begini Caranya!

Melalui fitur Flip Globe, kamu bisa transfer uang ke rekening luar negeri lebih mudah dan praktis. Jadi, pastikan kamu sudah pakai aplikasi Flip. Yuk, download sekarang!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi