mural
homeforward
Berencana Liburan ke Vietnam, Ketahui Tips Tukar Rupiah ke Dong Berikut Ini!

Berencana Liburan ke Vietnam, Ketahui Tips Tukar Rupiah ke Dong Berikut Ini!

Berlibur ke luar negeri memang selalu menjadi pengalaman yang menarik, terutama jika destinasi yang dituju adalah negara yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Kalau kamu sedang bingung mau liburan ke mana, Vietnam bisa jadi tujuan liburan yang seru. Selain dikenal dengan banyak destinasi wisata menarik, biaya hidup di Vietnam juga terbilang murah.

Sebelum berangkat, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Namun, selain menyusun itinerary, memesan tiket pesawat dan mem-booking hotel, ada hal lain yang tidak boleh kamu lupakan: menukarkan uang Rupiah ke Dong Vietnam. Pasalnya, meskipun kartu kredit diterima secara luas namun tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu.

Baca Juga: Katanya Murah, Ternyata Segini Biaya Hidup di Vietnam

Mau tukar uang rupiah ke Dong Vietnam untuk persiapan liburan? Simak dulu beberapa tips penting berikut ini!

Ketahui Nilai Tukar Terbaru

tukar rupiah ke dong

Sumber: Corporatefinanceinstitute

Mengetahui nilai tukar uang terbaru sebelum menukarkan Rupiah ke Dong Vietnam penting karena fluktuasi mata uang dapat memengaruhi jumlah Dong yang diterima. Dengan informasi terkini, kamu dapat membuat keputusan tukar uang yang lebih cerdas dan mengoptimalkan nilai pertukaran serta menghindari kerugian yang tidak perlu.

Perlu diketahui bahwa dalam satu tahun terakhir, nilai tukar Rupiah ke Dong Vietnam terbilang stabil. Nilai Rupiah dengan Dong juga tidak berbeda jauh yakni Rp1 setara dengan 1,5 Dong. Dengan nilai yang tidak jauh berbeda, akan lebih mudah bagimu untuk memahami nilai tukar kedua mata uang. Ada beberapa cara untuk mengetahui nilai tukar uang terbaru yakni:

  • Cek secara online. Gunakan situs atau aplikasi khusus untuk info nilai tukar mata uang. Kamu juga bisa menggunakan Google untuk mengecek dengan menggunakan kata kunci β€œnilai tukar Rupiah ke Dong Vietnam hari ini”
  • Aplikasi keuangan. Unduh aplikasi keuangan untuk pembaruan nilai tukar secara berkala. Pengecekan berkala akan membantumu menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penukaran
  • Kalkulator converter Flip. Buka flip.id/currency-converter untuk melihat nilai tukar mata uang dan jumlah yang perlu ditukarkan.

Tukar di Bank vs. Money Changer

tukar di bank vs money changer

Sumber: Freepik

Ada beberapa opsi menukarkan uang Rupiah ke Dong Vietnam yang bisa kamu pilih. Pertama, kamu bisa melakukannya lewat bank. Menukarkan uang lewat bank bisa dilakukan di negara asal atau di negara tujuan. 

Namun, kamu lebih disarankan menukarkan uang lewat bank di Indonesia karena biasanya exchange rate yang ditawarkan lebih baik daripada menukarkan di negara tujuan.

Opsi kedua yang dapat kamu pilih adalah menukarkan uang di money changer. Money changer kerap jadi pilihan pertama bagi mereka yang ingin menukarkan uang sebelum berangkat ke luar negeri. Namun perlu dicatat bahwa nilai tukar di money changer tidak selalu bagus. 

Apalagi kalau negara yang jadi tujuanmu kurang populer di kalangan turis Indonesia seperti Vietnam, Myanmar, India dan Kamboja.

Semakin jarang sebuah negara jadi tujuan wisata, biasanya semakin sulit juga menemukan uangnya di Indonesia. Karena sulit ditemukan, nilai tukar Dong di money changer Indonesia bisa jadi lebih besar dari yang seharusnya. Lalu, bagaimana cara mengakalinya? 

Kamu bisa menukarkan uangmu terlebih dahulu ke mata uang yang lebih populer seperti dolar Amerika (USD) atau Euro kemudian menukarkannya di money changer negara tujuan saat tiba di sana nanti. Biasanya, dengan cara ini kamu bisa dapat nilai tukar yang lebih bagus.

Baca Juga: Liburan Romantis ke 7 Tempat Wisata di Vietnam

Tukar di Indonesia vs. di Vietnam

Hal lain yang kerap menjadi pertanyaan wisatawan yang ingin berangkat ke luar negeri terkait penukaran uang adalah di mana sebaiknya penukaran dilakukan? Apakah lebih baik ditukarkan sebelum berangkat atau setelah tiba di negara tujuan?

Secara umum, menukarkan uang di Indonesia sebelum berangkat ke Vietnam jauh lebih menguntungkan. Ini karena di Indonesia kamu lebih mungkin mendapatkan nilai tukar terbaik dan lebih menguntungkan. Karena paham dengan situasi di sini, kamu punya kontrol lebih besar atas transaksi.

Alasan lain kenapa penukaran sebaiknya dilakukan di Indonesia adalah karena kamu bisa menukarkannya jauh-jauh hari. Cek kapan kurs Dong ke Rupiah sedang turun agar kamu bisa dapat exchange rate yang bagus.

Kalau ingin lebih nyaman, menggunakan kartu kredit bisa jadi opsi yang tidak kalah bagusnya. Namun, pastikan membawa sedikit uang tunai Dong sebagai cadangan karena mungkin saja kamu akan memerlukannya begitu tiba di Vietnam.

Lalu, bagaimana kalau kehabisan uang saat berlibur di Vietnam? Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Flip Globe yang siap membantu segala kebutuhan pengiriman uang. Kirim uang ke Vietnam dari Indonesia bisa dilakukan dengan lebih mudah, praktis dan tentu saja tanpa biaya tersembunyi!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi