mural
homeforward
Tukar Rupiah ke Dollar Australia Biar Gak Rugi, Ini Caranya!

Tukar Rupiah ke Dollar Australia Biar Gak Rugi, Ini Caranya!

Mengetahui nilai tukar rupiah ke dollar Australia sangat penting, terutama bagi kamu yang memutuskan untuk travelling ke negara tersebut. Pasalnya, nilai tukar bakal sangat memengaruhi daya beli kamu selama melakukan aktivitas di negara tujuan. 

Contohnya saja, ketika nilai tukar rupiah terhadap dollar Australia sedang tinggi, kamu tentu akan memperoleh lebih banyak mata uang dari negara tersebut untuk setiap jumlah mata uang rupiah yang ditukarkan. Jadi, biar kamu nggak boncos, simak tips tukar rupiah ke dollar Australia berikut ini!

Baca Juga:  11 Mata Uang Negara ASEAN, Kamu Sudah Tahu?

Nilai Tukar Rupiah ke Dollar Australia Saat Ini

tukar rupiah ke dollar australia di aplikasi

Sumber: Unsplash

Melansir dari CNBC Indonesia, nilai tukar rupiah terhadap dollar Australia berada di angka Rp10.263,58/AUD pada tanggal 12 Desember 2023 (pukul 08:29:55 WIB). 

Sementara itu, bila ditinjau dari laporan Data Indonesia, terkait kurs dan nilai tukar rupiah ke dollar Australia pada periode 30 November hingga 8 Desember 2023, maka berikut ini catatannya:

  • Pada tanggal 30 November 2023, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.201,9.
  • Pada tanggal 1 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.277,53 
  • Pada tanggal 4 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.255,18
  • Pada tanggal 5 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.257,7
  • Pada tanggal 6 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.196,99
  • Pada tanggal 7 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.218,71
  • Pada tanggal 8 Desember, satu dollar Australia nilainya adalah Rp10.193,95

Tukar di Bank atau Money Changer Ya?

Pertimbangan berikutnya, saat hendak menukar rupiah ke dollar Australia, manakah yang lebih menguntungkan, tukar di bank atau di money changer. Untuk itu, simak pemaparan tentang plus-minus tukar di bank atau money changer berikut ini, agar kamu bisa menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhanmu. 

Tukar di Bank

Proses penukaran uang di bank relatif mudah kok. Nasabah bisa membeli atau menjual mata uang asing berdasarkan kurs terkini. Bank juga menggunakan kurs yang selalu diperbarui secara real-time sehingga nilai tukarnya dapat berfluktuasi pada hari yang sama.

Pun, seiring perkembangan teknologi, tukar uang asing kini bisa kamu lakukan tanpa harus pergi langsung ke bank. Pasalnya, beberapa bank telah menerapkan sistem tukar uang melalui aplikasi sehingga prosesnya jadi lebih praktis dan cepat. 

Tukar di Money Changer

Proses tukar uang asing di money changer juga tidak kalah mudah. Pembelian mata uang asing di money changer bisa kamu lakukan dengan menukarkan uang tunai langsung atau membayarnya dengan kartu debit. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua money changer menerima pembayaran dengan kartu debit.

Di samping itu, sebagian orang cenderung merasa lebih nyaman menukarkan uang di money changer karena nilai kursnya biasanya lebih rendah dibandingkan dengan bank. Akan tetapi, pastikan kamu tidak sembarang memilih money changer. 

Pilihlah money changer yang memang legal dan sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia. Ciri lainnya dari money changer yang sah adalah tempat penukaran mata uang asing tersebut juga memiliki logo KUPVA BB

Tukar di Indonesia vs. di Australia?

tempat tukar rupiah ke dollar australia

Sumber: Unsplash

Hal ini juga cukup memusingkan, terutama bagi yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke Australia. Lantas, sebaiknya tukar rupiah ke dollar Australia dahulu di dalam negeri atau tarik langsung di negara tujuan? 

Sangat dianjurkan untuk tetap membawa uang tunai dalam mata uang negara tujuan, yang sewaktu-waktu bisa langsung dipakai memenuhi keperluan saat liburan. Namun, tentunya tidak bijak juga apabila kamu membawa semua uang tersebut dalam bentuk cash.

Ada baiknya, lakukan juga penarikan uang di mesin ATM negara setempat. Untuk itu, pastikan dahulu apakah bank yang mengeluarkan kartu ATM-mu memang melayani transaksi penarikan uang di luar negeri.

Cara termudahnya bisa dengan melihat logo yang terpampang di kartu debit. Dari situ, kamu bisa mengetahui apakah bank-mu bekerja sama dengan provider jasa keuangan internasional seperti misalnya VISA atau Mastercard. Jika ya, tentu kartu debit tersebut bisa digunakan untuk menarik uang di ATM negara setempat.

Baca Juga: Info Agen Kerja di Australia yang Legal dan Tepercaya

Rutin Cek Kurs Agar Tidak Merugi!

Meski begitu, rutin periksa pergerakan nilai tukar rupiah ke dollar Australia sebelum melakukan penarikan tunai. Cara praktisnya adalah dengan mengeceknya di currency converter dari Flip. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Akses fitur tersebut di https://flip.id/currency-converter.
  2. Kemudian pilih Mata Uang Asal dalam rupiah
  3. Lalu masukkan pilihan dollar Australia pada menu Mata Uang Tujuan
  4. Setelah itu, masukkan nominal rupiah yang mau kamu konversi ke dollar Australia. Terakhir, klik Konversi.

Namun tenang, kalaupun nantinya saat jalan-jalan, kamu kehabisan dana. Minta transfer dari Indonesia ke Australia, biayanya tidak mahal kok. Untuk itu, cek langsung ke Flip Globe yang sudah terbukti andal dalam transfer internasional yang murah dan cepat. Yang terpenting lagi, layanan kirim uang ke luar negeri dari Flip Globe sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia.

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi