mural
homeforward
Transaksi Kini Bisa Lewat Messaging App, Begini Cara Menggunakan WeChat Pay

Transaksi Kini Bisa Lewat Messaging App, Begini Cara Menggunakan WeChat Pay

Di era industri 4.0 yang semakin berkembang, transaksi keuangan kini menjadi semakin mudah dilakukan. Salah satu cara yang kian populer adalah dengan menggunakan aplikasi pesan instan. WeChat. Aplikasi pesan instan asal Tiongkok yang menyediakan fitur pembayaran online bernama WeChat Pay. 

Layanan WeChat Pay di Indonesia

WeChat Pay China adalah dompet digital asal Tiongkok yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi online dan offline. Di China, WeChat Pay menjadi metode pembayaran yang sangat populer digunakan untuk berbagai transaksi. Layanan ini sudah resmi beroperasi di Indonesia sejak 1 Januari 2020 dengan izin dari Bank Indonesia. 

Dengan WeChat Pay Indonesia, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dan cepat melalui aplikasi perpesanan WeChat. Tidak hanya itu, WeChat Pay juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti transfer uang ke sesama pengguna WeChat dan pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan WeChat. 

Jadi, bagaimana cara menggunakan WeChat Pay untuk melakukan transaksi? Berikut penjelasannya.

 

          Baca Juga : Transaksi Makin Mudah dengan UnionPay, Lebih Aman dengan Transaksi Contactless

Cara Menggunakan WeChat Pay

Untuk menggunakan WeChat Pay, kamu perlu mengunduh aplikasi WeChat dan mendaftar akun. Kamu juga perlu menghubungkan kartu debit atau kreditmu dengan akun WeChat Pay. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

1. Download Aplikasi WeChat

Untuk mengunduh aplikasi WeChat, buka app store di ponselmu, baik Google Play Store ataupun App Store. Selanjutnya, cari aplikasi WeChat dan pilih ikonnya.

Kemudian, klik tombol Install atau Get untuk memulai proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan buat akun dengan nomor teleponmu.

2. Registrasi Akun WeChat

Setelah mengunduh aplikasi WeChat, kamu perlu registrasi akun telebih dahulu. Caranya mudah kok!

  1. Buka aplikasi WeChat di ponsel dan pilih Sign Up dengan nomor ponsel.
  2. Isi data dirimu, seperti nama, negara, kata sandi, dan nomor ponsel yang belum pernah didaftarkan di WeChat sebelumnya.
  3. Klik Sign Up dengan nomor ponsel dan tunggu SMS kode verifikasi dari WeChat.
  4. Masukkan kode verifikasi yang kamu terima dan klik Next untuk menyelesaikan proses registrasi.

3. Tambahkan Rekening Bank

Setelah membuat akun WeChat, kamu perlu menambahkan akun rekening di WeChat Pay agar bisa melakukan transaksi. Berikut caranya:

  1. Buka akun WeChat dan klik ME di sudut kanan bawah.
  2. Klik WeChat Pay dan pilih Bank Cards.
  3. Ada dua pilihan rekening yang bisa ditambahkan, yaitu rekening bank atau kartu kredit ke akun WeChat Pay. Pilih salah satu.
  4. Masukkan data yang diminta dan selesaikan proses verifikasi. 

4. Melakukan Pembayaran dengan WeChat Pay

Setelah kartu kredit atau rekeningmu terhubung dengan akun WeChat Pay, kini kamu bisa melakukan pembayaran dengan berbagai cara. Adapun fitur pembayaran yang didukung oleh WeChat Pay antara lain:

a. Quick Pay 

Cara pembayaran ini bisa dilakukan apabila penerima memiliki akun WeChat dan kontaknya sudah tersimpan di ponselmu. Caranya adalah dengan membuka chat dengan kontak tersebut dan klik Transfer di bagian bawah layar. Kemudian masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer dan klik Transfer.

b. QR Code Payment 

Kamu bisa memindai QR code WeChat dari merchant tempat kamu membeli barang atau jasa. QR code tersebut biasanya terletak di kasir atau di meja pembayaran. Setelah memindai QR code, masukkan jumlah uang yang ingin dibayarkan dan konfirmasi pembayaran.

c. Mini program payment

Kamu hanya bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan pembayaran mini program yang ada di aplikasi WeChat. Caranya, buka mini program yang ingin digunakan dan pilih barang atau layanan yang ingin dibeli. Lalu, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari.

d. In-app payment

Untuk melakukan in-app payment, buka aplikasi yang ingin digunakan dan pilih barang atau layanan yang ingin dibeli. Kemudian, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari di aplikasi WeChat.

e. Web payment

WeChat Pay juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi online lewat website. Caranya sama seperti pembayaran in-app payment, yaitu pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran saat hendak checkout barang. Lalu, konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari di aplikasi WeChat.

 

          Baca Juga : Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union

Kelebihan dan Kekurangan WeChat Pay

Sebagai salah satu di antara banyak aplikasi pembayaran yang ada, WeChat Pay tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. 

Kelebihan WeChat Pay di antaranya adalah dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk segala kebutuhan pengguna. WeChat Pay juga memiliki jangkauan yang luas di lebih dari 15 negara, termasuk Indonesia. Selain itu, ada fitur Red Envelope yang memungkinkan pengguna untuk memberikan atau menerima uang dalam bentuk angpao digital. 

Kendati demikian, tak bisa dimungkiri kalau WeChat Pay juga punya kekurangan. Salah satunya, WeChat Pay masih kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan dompet digital lokal. Merchant di Indonesia yang menggunakan WeChat Pay pun masih terbatas jumlahnya.

Namun, kalau kamu berencana liburan ke Tiongkok, WeChat Pay bisa diandalkan sebagai alat pembayaran. Dalam hal ini, kita memakai versi WeChat Pay for foreigners.

Mulai dari membayar makanan, belanja di pasar, hingga membayar ongkos taksi, semua bisa dilakukan dengan WeChat Pay. Terlebih, kini kamu bisa melakukan top-up saldo WeChat Pay dengan Flip Global.

Aplikasi Flip kini tersedia gratis di platform Android dan iOSYuk, pakai Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi