mural
homeforward
Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union

Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union

Western Union (WU) sudah lama terkenal dengan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Mereka telah menyediakan layanan tersebut sejak tahun 1800-an. Oleh karena itu, tak heran kalau WU sangat populer dan kerap menjadi pertimbangan ketika melakukan pengiriman uang ke berbagai negara. 

Meski telah mempunyai sejarah sangat panjang, tidak membuat WU sebagai penyedia layanan pengiriman uang ke luar negeri yang sempurna. Seperti halnya bisnis lain, WU mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan yang penting untuk kamu ketahui. Apalagi, kalau kamu sering menggunakan layanan pengiriman uang ke luar negeri. 

Baca Juga : 3 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri yang Aman dan Mudah

 

Kelebihan Western Union

Sebagai salah satu layanan kirim uang ke luar negeri yang memiliki sejarah panjang, WU mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya adalah: 

1. Jangkauan Luas

Kelebihan pertama dari jasa pengiriman uang WU adalah jangkauan yang sangat luas. WU hadir di 200 negara dunia dengan jumlah agen mencapai lebih dari 500 ribu. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan WU untuk mengirim uang ke mana saja dan dari mana saja. 

2. Keamanan Terjamin

Pemanfaatan WU juga memberikan kelebihan dari segi tingkat keamanan. WU menyediakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk melacak pengiriman uang. Kalaupun terdapat kesalahan dalam proses pengiriman, WU menyediakan fasilitas refund. 

Untuk melayani permintaan refund, WU menyediakan halaman formulir Money Order Refund Request. Di situ, kamu perlu menginformasikan data pengiriman uang secara detail. Selanjutnya, WU akan melakukan refund dalam jangka waktu sekitar 30 hari.  

3. Kemudahan Cara Pemakaian

Pemakaian WU dalam mengirim uang ke luar negeri juga sangat mudah. Apalagi, WU menyediakan berbagai opsi cara pengiriman uang yang dapat kamu manfaatkan. Bahkan, kamu dapat mengirim uang ke luar negeri meski tak mempunyai rekening. 

Ada 3 metode pengiriman uang yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

  • Kirim uang dengan cara langsung mendatangi agen WU terdekat. Kamu bisa menemukan informasi terkait lokasi agen lewat website resmi WU. Penerima bisa mengambil uang tersebut di agen terdekat, rekening, atau e-wallet. 
  • Ada pula pilihan menggunakan website resmi WU. Proses pengiriman bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, penerima bisa melakukan pengambilan uang di agen, rekening, atau e-wallet. 
  • Selanjutnya, ada opsi memanfaatkan aplikasi Western Union. Aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan di platform Android maupun iOS. 

          Baca Juga : Cara Membuat Akun Alipay, Transfer Uang, dan Kelebihannya

Kekurangan Western Union

Meski menawarkan berbagai kemudahan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa kelemahan dari penggunaan layanan WU. Kelemahan tersebut di antaranya adalah: 

1. Biaya

Faktor pertama yang menjadi kelemahan dari layanan WU adalah biaya. WU terkenal memiliki biaya pengiriman yang relatif mahal. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya ekstra ketika menggunakan fasilitas penunjang yang mereka miliki. 

Salah satu contohnya adalah ketika kamu mengajukan permintaan refund. Untuk setiap pemrosesan refund, WU memberlakukan biaya sebesar 15 USD. Biaya tersebut secara otomatis akan mereka potong dari dana yang akan dikembalikan. Untuk permintaan refund dengan dana kurang dari 20 USD, WU mengenakan biaya sebesar 3 USD.

2. Rawan Penipuan

Hal yang tak kalah penting adalah terkait risiko penipuan. Ketika melakukan pengambilan uang kiriman via WU, kamu perlu memperlihatkan kartu identitas dan nomor transaksi. Meski begitu, cukup banyak kasus penipuan yang berlangsung dengan memanfaatkan layanan WU. Jadi, kamu harus waspada terhadap hal yang satu ini. 

Nah, itulah kelebihan serta kekurangan dari layanan pengiriman uang ke luar negeri dari Western Union yang perlu kamu ketahui. Lalu, apakah WU adalah satu-satunya layanan kirim uang internasional yang paling reliable? Jawabannya tentu saja tidak. Kamu bisa pula memanfaatkan layanan yang tak kalah bagus dari Flip Globe. 

Flip Globe memungkinkan kamu untuk mengirim uang ke berbagai negara dunia dengan biaya yang sangat murah. Contohnya adalah ketika kamu ingin mentransfer uang ke rekening di Amerika Serikat. Biayanya murah, cuma Rp70 ribu! Biaya tersebut tidak akan mengalami perubahan meski kamu mengirim uang dengan jumlah lebih banyak. 

Murah, kan? Yuk, segera manfaatkan Flip Globe. Kamu bisa pula menggunakan layanan ini via aplikasi di App Store dan Play Store.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi