mural
homeforward
Touch n Go: Apa Berguna di Indonesia?

Touch n Go: Apa Berguna di Indonesia?

Saat berkunjung atau tinggal di Malaysia, tentunya kamu akan pergi ke berbagai tempat. Penggunaan transportasi umum atau kendaraan membutuhkan bayaran seperti parkir atau tol. Nah, supaya kamu bisa membayarnya tanpa uang tunai, gunakan saja Touch n Go (TnG) kartu dan eWallet.

Layanan pembayaran dari Malaysia ini dapat juga digunakan oleh warga negara lain yang tinggal di Malaysia, termasuk WNI. Temukan lebih banyak informasinya di sini!

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Sistem Pendidikan di Malaysia Level Tersier

Apa itu Touch n Go Card?

touch n go card

Sumber: Touch n Go

Touch n Go card adalah kartu pintar yang dapat digunakan sebagai pembayaran tanpa kontak untuk jalan tol, transportasi umum, dan lebih dari 600 tempat parkir di Malaysia. Untuk melakukan pembayarannya, kamu hanya perlu tap kartu TnG ke pembaca kartu. Harga tiap kartunya RM20 (Rp69.896).

Kartu TnG memiliki ketetapan masa berlaku, yakni versi Classic berlaku selama 10 tahun sedangkan versi Enchanced selama 7 tahun. Setelah masa berlakunya sudah habis, kartu TnG tidak bisa digunakan lagi.

Apa Bisa Digunakan di Indonesia?

Sesudah menggunakan kartunya di Malaysia, kamu mungkin bertanya-tanya apakah kartunya masih bisa digunakan di Indonesia. Apalagi jika kartu masih memiliki sisa saldo yang banyak. Sayangnya, kartu TnG hanya dapat digunakan di Malaysia, begitu juga eWallet hanya berlaku bila proses KYC komplit.

Di samping tidak dapat digunakan di Indonesia, tempat beli Touch n Go Indonesia juga tidak tersedia. Sebab itu, sebaiknya isi kartu dengan saldo yang cukup tanpa kelebihan agar tidak meninggalkan sisa yang banyak.

Cara Mendapatkan TnG Card

Transfer lebih murah ke luar negeri

Bagi kamu yang sudah berniat untuk pergi ke Malaysia dan ingin memiliki kartu TnG, berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkannya:

1. Toko Offisial 

Kamu dapat mengunjungi toko offisial di Malaysia untuk mendapatkannya secara langsung. Dari kartu biasa sampai versi enhanced card, kamu dapat menemukannya di sini. Biasanya kartu-kartu tersebut di stok ulang setiap harinya. Beberapa tempat yang memiliki toko ofisial adalah Nu Sentral Shopping Mall di level 2 dan Bangsar South di lantai dasar tower 6.

2. POM Bensin

Kartu TnG juga dapat dibeli di POM bensin tertentu, di antaranya adalah Caltex, BHPetrol, Petronas, Petron, dan Shell. Kunjungi saja POM bensin tersebut untuk melihat apakah mereka menjual kartu TnG. Perlu diingat jika kartu TnG yang dijual di POM bensin sering sekali kehabisan stok. Karena itu, pastikan kamu cepat-cepat mendapatkannya jika tidak ingin kehabisan.

3. Watsons

Toko Watsons di Malaysia menyediakan kartu VIP membership yang juga dapat berfungsi sebagai Touch n Go card. Harga kartu ini lebih mahal dari kartu TnG biasa karena merupakan jenis kartu kerja sama, yaitu RM20 (Rp69.938). Kalau ingin membeli yang memiliki fitur NFC harganya menjadi RM25 (Rp87.423).

4. 7-Eleven

Tempat lain untuk membeli kartu TnG adalah 7-Eleven, tepatnya yang terletak di dekat POM bensin atau stasiun kereta. Kamu dapat sekalian membelinya saat membeli makanan di sana. Sama seperti POM bensin, stok kartu TnG di 7-Eleven terbatas. Jadi, kamu perlu mencari alternatif lain apabila kehabisan kartu di 7-Eleven.

5. Layanan Pelanggan Rapid KL

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, Rapid KL adalah sistem transportasi umum yang digunakan di Kuala Lumpur dan Selangor. Penumpang dapat menggunakan Touch n Go card sebagai metode pembayaran non-tunai untuk naik transportasi ini.

Oleh karena itu, kamu pun dapat sekaligus membeli kartu TnG di stasiun. Datang saja ke bagian layanan pelanggan mana saja yang berlokasi di Klang Valley untuk membelinya.

6. E-commerce

Tidak harus datang ke tempat fisik saja untuk membeli kartu TnG, kamu bisa memilih opsi beli secara online. Touch n Go memiliki toko ofisial di Shopee untuk kamu yang tidak ingin atau tidak sempat membelinya secara langsung.

E-commerce lain yang dapat digunakan adalah Lazada. Agar terhindar dari penipuan, sangat direkomendasikan untuk membeli kartu TnG langsung di toko ofisialnya dan bukannya toko lain atau reseller yang tidak jelas.

Baca Juga: Info Lengkap Beasiswa Kuliah di Malaysia, Persyaratan & Cara Daftarnya

7. Beli di Singapura

Meski tidak banyak, kamu juga dapat membeli kartu TnG di Singapura. Namun, kartunya tidak seperti TnG di Malaysia karena gabungan EZ-Link x Touch ‘n Go. Kartu di Singapura ini dapat dibeli di Cheers, 7-Eleven, POM bensin terpilih (SPC, Caltex, Sinopec), dan e-commerce.

Harganya berbeda-beda tergantung dari tempat kamu membeli. Apabila beli di Cheers dan 7-Eleven harganya S$10 (Rp121.587) yang termasuk load value S$3 (Rp 36,476), di POM bensin harganya S$7 (Rp85.111), dan di e-commerce harganya S$10 (Rp121.587).

Penutup

Sangat mudah bukan untuk membeli kartu Touch n Go di Malaysia? Maka dari itu, kamu yang ingin membelinya perlu menyiapkan dana tambahan sebelum berangkat. Saat kamu ingin menggunakan kartu TnG untuk pembayaran, pastikan kamu sudah lebih dahulu mengisi saldonya.

Sekiranya kamu ingin mengirim uang ke Malaysia untuk keluarga yang sedang tinggal di sana, Flip menghadirkan Flip Globe yang memungkinkan transfer ke berbagai negara termasuk Malaysia. Selain transfer ke Bank negara tujuan Malaysia, kamu juga bisa transfer ke saldo TnG yang di Malaysia pakai Flip Globe. Tunggu apalagi, dengan biaya transfer dimulai dari Rp45.000 saja kamu dapat transfer ke Malaysia tanpa rugi!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi