mural
homeforward
Tidak Perlu Lewat Teller, Begini Cara Setor Tunai di ATM BNI

Tidak Perlu Lewat Teller, Begini Cara Setor Tunai di ATM BNI

Dahulu, penyetoran dana ke rekening hanya bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Saat ini, hampir semua bank, termasuk Bank Mandiri, telah menyediakan layanan setor tunai lewat mesin ATM CRM (Cash Recycle Machine). Lalu, bagaimana cara setor tunai di ATM BNI? Cara setor tunai di ATM BNI pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan bank-bank lain. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Tapcash BNI: Manfaat dan Cara Mudah Isi Saldonya

Mengenal 2 Metode Setor Dana di Bank BNI 

Cara Setor Tunai di ATM BNI

Sumber: Kompas 

Bagi kamu nasabah Bank BNI, ada 2 cara penyetoran dana yang disediakan oleh pihak bank. Kedua cara tersebut adalah: 

1. Teller 

Untuk melakukan setor tunai lewat teller, kamu harus datang ke cabang Bank BNI terdekat yang ada di kotamu. Sampaikan tujuanmu pada teller untuk melakukan penyetoran dana. Ambil slip setoran, isi dan berikan lembaran tersebut kepada teller beserta uangnya. Tunggu sampai bukti penyetoran diserahkan kepadamu 

2. ATM 

Metode penyetoran dana lewat ATM sekarang semakin banyak ditemukan. Tidak seperti lewat teller, kamu bisa menyetorkan uang lewat mesin ATM kapan saja tanpa terbatas oleh jam hari kerja. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot mengantre di teller. 

ATM setor tunai atau CRM pertama kali digunakan di Jepang pada tahun 1985. Selanjutnya Korea Selatan juga mulai menggunakannya di tahun 1995. Karena efisiensi dan kemudahan yang ditawarkan, penggunaan ATM setor tunai ini semakin meluas, termasuk di Indonesia. Berbagai bank termasuk BNI mulai memperbanyak jumlah ATM CRM mereka untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. 

Kelebihan Menggunakan Setor Tunai di ATM BNI 

Kelebihan Menggunakan Setor Tunai di ATM BNI

Sumber: Kissparry 

Meski banyak orang yang masih melakukan penyetoran dana dengan datang langsung ke kantor cabang Bank BNI, faktanya setor tunai lewat ATM juga memberikan banyak kemudahan. Simak beberapa kelebihan menggunakan layanan setor tunai dari ATM BNI berikut ini! 

- Lebih hemat waktu dan tenaga

Jika posisimu lebih dekat dengan ATM dibanding dengan cabang BNI, adanya ATM setor tunai tentu akan sangat memudahkan. Kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan penyetoran dana - Uang yang kamu setorkan secara real-time akan langsung dikreditkan ke rekeningmu. Tidak perlu menunggu 

- Tidak ada batasan jam kerja dan hari kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setor tunai lewat ATM bisa dilakukan selama 24 jam kecuali ATM sedang rusak atau mengalami gangguan jaringan. 

Cara Setor Tunai di ATM Bank BNI 

Cara Setor Tunai di ATM Bank BNI

Sumber: Wigatos 

Bagaimana cara setor tunai di ATM BNI? Setor tunai di ATM BNI bisa kamu lakukan ke rekeningmu sendiri, rekening orang lain dengan atau tanpa menggunakan kartu ATM. Simak penjelasan setiap poinnya berikut ini! 

Cara Setor Tunai di ATM BNI ke Rekening Sendiri 

  1. Temukan ATM setor tunai/CRM Bank BNI yang ada di sekitarmu 
  2. Setelah sampai, siapkan uang yang akan disetorkan. Perlu diingat bahwa uang tidak boleh dalam keadaan basah, rusak, palsu, terlipat, tergulung, disteples dan diikat karet 
  3. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin kemudian pilih bahasa. Kamu bisa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia 
  4. Masukkan 6 digit PIN ATM. Pastikan kamu memasukkan angka yang benar. Klik “Setor Tunai” kemudian pilih “Lanjutkan”. Kamu akan diminta untuk memilih rekening tujuan penyetoran. Pilih “Rekening Tabungan” 
  5. Shutter atau box uang akan terbuka secara otomatis. Masukkan uang ke dalamnya dan tunggu instruksi berikutnya. Di layar akan muncul verifikasi untuk menyesuaikan jumlah yang kamu masukkan. Jika sudah cocok, pilih “Setor” 
  6. Bukti transaksi akan keluar dari mesin. Jangan lupa keluarkan kartumu dan simpan dengan baik sebelum meninggalkan mesin ATM. 

Cara Setor Tunai di ATM BNI ke Rekening Orang Lain 

Cara setor tunai ke rekening BNI milik orang lain pada dasarnya sama dengan setor tunai ke rekening sendiri. Hanya saja pada pilihan rekening tujuan, kamu bisa memilih rekening yang berbeda. Masukkan nomor rekening yang dituju kemudian lanjutkan transaksi sampai selesai. 

Apakah ada cara setor tunai di ATM BNI tanpa kartu? Untuk saat ini Bank BNI hanya memungkinkan nasabah melakukan penarikan tunai yang dilakukan tanpa kartu. Artinya jika kamu tidak punya ATM dan ingin melakukan setor tunai, kamu harus datang ke bank. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Setor Tunai di ATM Bank BNI 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Setor Tunai di ATM Bank BNI Sumber: Kiatkita 

Ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan setor tunai di ATM BNI. Apa saja? 

Ketahui Limit untuk Setiap Kali Transaksi 

Seperti transaksi lain, setor tunai di ATM BNI juga memiliki batas nominal yang bisa disetorkan atau limit. Nilai minimal yang bisa kamu setorkan lewat ATM adalah Rp50.000. Sementara limit maksimal tergantung pada jenis rekening yang kamu punya. 

Pemilik ATM BNI Taplus bisa melakukan setor tunai dengan nilai maksimal Rp50.000.000. Sementara nasabah BNI Taplus bisnis bisa melakukan setoran sampai nilai maksimal Rp99.000.000 

Ketahui Penyebab Setor Tunai Gagal dan Cara Mengatasinya 

Kegagalan saat setor tunai lewat ATM BNI bisa saja terjadi. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena mesin ATM sudah penuh, rusak atau sedang ada gangguan jaringan. Gagal setor juga bisa terjadi ketika uang yang kamu masukkan ke dalam box kondisinya tidak baik (rusak, terlipat, robek, basah dan lain sebagainya). 

Jika masalah gagal setor disebabkan oleh kerusakan ATM atau gangguan jaringan, ada baiknya kamu mencari ATM lain, menunggu keesokan harinya sampai ATM diperbaiki atau datang langsung ke kantor cabang untuk melakukan penyetoran. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah uang yang disetorkan ternyata tidak dikreditkan ke rekening yang dituju atau jumlahnya tidak sesuai dengan yang kamu verifikasi saat penyetoran. 

Jika ini yang terjadi, kamu harus datang langsung ke cabang terdekat untuk memperoleh bantuan. Jangan lupa bawa bukti setor tunai, buku tabungan, kartu ATM dan juga identitas pribadi agar masalahmu bisa segera diproses. 

Baca juga: Begini Syarat dan Cara Deposito BNI

Jika kamu mengalami masalah dengan cara setor tunai di ATM BNI, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Flip. Dengan aplikasi Flip, kamu bisa transfer uang ke rekening bank lain tanpa biaya admin alias gratis*. Download aplikasi Flip dan nikmati kemudahan fitur transaksi lainnya.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi