mural
homeforward
Tips Mudah Supaya Tagihan Listrik Bulan Ini Tidak Membengkak

Tips Mudah Supaya Tagihan Listrik Bulan Ini Tidak Membengkak

Listrik adalah salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan modern. Tidak hanya untuk penerangan tetapi juga untuk berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jumlah peralatan listrik yang kamu gunakan tentunya juga berefek pada tagihan listrik bulan ini.

Di Indonesia sendiri, listrik disuplai oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pelanggan listrik dapat memilih dua metode pembayaran, yaitu dengan menggunakan token (prabayar) dan pascabayar.

Baca Juga: Kapan Tagihan Listrik Keluar dan Jatuh Tempo Pembayarannya

Listrik Prabayar dan Pascabayar

tips tagihan listrik hemat

Sumber: Envato

Sebelum kita membahas mengenai tips supaya tagihan listrik bulan ini di rumah kamu tidak membengkak, mari kita bahas dulu mengenai dua metode pembayaran listrik ini.

Listrik prabayar atau token adalah sebuah sistem berlangganan listrik di mana pelanggan diharuskan membeli token atau pulsa listrik sebelum bisa menggunakan listriknya. Token ini berisi kredit listrik yang akan dimasukkan ke dalam meteran listrik secara manual oleh pelanggan.

Sementara listrik pascabayar sebaliknya, pelanggan bisa memakai listriknya dengan lebih leluasa dengan nantinya membayar tagihan setelah periode tertentu. Pelanggan biasanya diberikan batas tertentu untuk membayar tagihannya.

Baik listrik token maupun pascabayar sebenarnya memiliki tarif yang sama hanya metode dan meteran listriknya saja yang berbeda. Jika pelanggan listrik token hanya bisa menggunakan listrik sebanyak yang telah ia bayar, pelanggan listrik pascabayar bisa memakai sesuai yang dia mau.

Tips Hemat Energi

Nah, apapun metode pembayaran listrik yang kamu pakai, jika tidak ingin tagihan listrik bulan ini membengkak, kamu harus mulai menerapkan gaya hidup hemat energi. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan, antara lain:

Evaluasi Penggunaan

Untuk bisa menerapkan tips hemat energi berikutnya kamu harus lebih dulu mengevaluasi bagaimana penggunaan energi kamu. Apa-apa saja yang menjadi sumber pengeluaran terbesar dan bagaimana rutinitas penggunaan listrik di kediamanmu. Dengan begitu, kamu akan punya gambaran mana yang menjadi sumber terbesar penyebab tagihan listrik membengkak.

Ganti Lampu yang Hemat Energi

Lampu adalah salah satu pengeluaran rutin listrik di mana pun. Penggunaan lampu dan jumlahnya berkontribusi besar terhadap tagihan listrik bulan ini. Mengganti jenis lampu ke lampu hemat energi akan membantu mengurangi tagihan listrik secara signifikan.

Matikan yang Tidak Digunakan

Bangun kebiasaan baik untuk mematikan alat listrik yang tidak sedang digunakan. Seperti TV yang tidak ditonton, lampu di ruangan yang tidak dipakai, dan charger.

Atur Suhu dengan Bijak

Pemanasan dan pendinginan ruangan termasuk penyumbang tagihan listrik bulan ini yang besar. Gunakan alat-alat yang mengatur suhu ruangan dengan bijak dan usahakan lebih banyak membuka pintu dan jendela agar aliran udara lancar dan tidak terlalu membutuhkan alat listrik pendingin seperti AC.

Cek Instalasi Listrik

Ketika ada gangguan dalam instalasi listrik di rumahmu, tagihan listrik bisa membengkak karena ada kebocoran energi. Tidak hanya itu, listrik yang bermasalah juga bisa membuat alat listrik menjadi lebih cepat rusak. Pastikan di rumahmu instalasinya berjalan dengan baik dan tidak ada kebocoran listriknya.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Ini

beli token dan bayar listrik di flip

Untuk kamu pengguna listrik pascabayar, kamu perlu sering-sering mengecek tagihan listrik bulan ini agar tidak terkaget-kaget saat membayarnya nanti. Pengecekan tagihan listrik sekarang sudah sangat mudah karena banyak layanan daringnya.

Kamu bisa mengecek tagihan listrik melalui website resmi PLN atau dengan mengunduh aplikasi resminya di Playstore atau Appstore. Kamu tinggal mendaftar dan membuat akun lalu memasukkan ID pelanggan saja. Ada pula layanan daring seperti aplikasi Flip yang akan memudahkan kamu mengecek tagihan listrikmu.

Selain secara daring, pelanggan PLN juga bisa mengecek tagihan listriknya melalui call center PLN di nomor 123. Pengecekan juga bisa melalui SMS. Caranya: kamu tinggal kirim SMS dengan format "TAGIHAN [spasi] ID Pelanggan" ke nomor 8123.

Jika kamu memiliki rekening bank dengan fasilitas mobile banking, kamu juga bisa mengecek tagihan listrikmu dengan menggunakan aplikasi mobile banking tersebut. Biasanya kamu bisa menemukannya di menu pembayaran.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Mudah dan Sat Set!

Cara Bayar Tagihan Listrik Bulan Ini

Zaman sudah banyak berubah, tidak hanya sekarang sudah ada listrik prabayar, pembayaran tagihan listrik pascabayar pun sudah tak lagi butuh kita untuk datang ke kantornya dan mengantri panjang. Pelanggan pascabayar kini hanya membutuhkan koneksi internet dan gawai yang mumpuni untuk membayar tagihan listrik bulanannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi mobile resmi PLN untuk mengecek dan membayar tagihan listrik bulan ini. Selain itu kamu juga bisa menggunakan mobile banking dari bank favoritmu. Pilihan lainnya, kamu bisa menggunakan e-commerce atau aplikasi finansial serba bisa seperti Flip.

Pembayaran listrik di aplikasi Flip sangat mudah, kamu hanya membutuhkan nomor ID Pelanggan listrik dan tinggal memilih transfer melalui bank yang kamu mau. Nanti kamu juga akan mendapatkan bukti pembayaran yang bisa disimpan.

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai tips hemat energi agar tagihan listrik bulan ini tidak membengkak. Semoga bermanfaat!

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi