mural
homeforward
Swift Code Bank Permata: Lebih Gampang Transfer Uang ke Negara Lain

Swift Code Bank Permata: Lebih Gampang Transfer Uang ke Negara Lain

Sebelum pesatnya perkembangan teknologi berbasis digital seperti sekarang ini, transfer atau mengirimkan uang bisa dibilang menjadi aktivitas finansial yang membutuhkan banyak waktu. Sebab, kamu harus datang ke kantor cabang bank, mengisi informasi di lembar slip, mengambil nomor antrean, dan menunggu petugas bank memanggil nomor kamu untuk membantu transaksi. 

Selanjutnya, transfer uang dan transaksi lain bisa dilakukan melalui mesin ATM. Sekarang, transfer uang ke berbagai rekening bank lain di seluruh Indonesia sudah jauh lebih praktis dan mudah karena bisa dilakukan secara daring, mulai dari metode sms banking, internet banking, hingga mobile banking. Bahkan, kamu juga bisa mengirim uang dari mana pun ke berbagai negara lain di dunia lebih mudah dengan bantuan swift code, termasuk swift code Bank Permata. 

Baca juga: Mengenal Visa Kerja ke Luar Negeri dan Cara Membuatnya

 

Sekilas tentang Bank Permata 

Bank Permata

Sumber : Kompas 

Sebelum resmi menggunakan nama Bank Permata, PT Bank Permata Tbk sebelumnya memiliki nama PT Bank Bali Tbk yang resmi beroperasi pada 17 Desember tahun 1954. Selanjutnya, perusahaan resmi mendaftarkan saham di Bursa Efek Indonesia pada 15 Januari tahun 1990 dengan kode BNLI. 

Nama dari Bank Permata sendiri terbentuk berdasarkan merger atau penggabungan dari PT Bank Bali Tbk., PT Bank Artamedia Tbk., PT Bank Prima Express, PT Bank Patriot, dan PT Bank Universal Tbk. pada tahun 2002 silam. Kemudian, PT Astra International Tbk. bersama dengan Bank Standard Chartered mengambil alih operasional Bank Permata pada tahun 2004. 

Setelah melewati berbagai prosedur dan regulasi yang cukup panjang, Bank Permata kemudian berhasil menuliskan sejarah terbaru sekitar bulan Mei tahun 2020 melalui aktivitas transaksi perolehan alias akuisisi yang dilaksanakan oleh Bangkok Bank Public Company Limited atau lebih dikenal dengan nama Bangkok Bank. Selanjutnya, Bank Bangkok menjadi pemegang sekaligus pengendali saham Bank Permata secara resmi setelah mengambil alih saham milik Astra International dan Bank Standard Chartered sebesar 89,12 persen. Sekarang, bank dengan kode 013 ini juga sudah bisa digunakan untuk transfer uang dari luar negeri dengan menggunakan swift code Bank Permata. 

 

Manfaat Transfer Uang ke Luar Negeri Pakai Swift Code Bank Permata 

Kode Swift Permata Bank

Sumber : Kompas 

Sekarang, transfer uang ke berbagai negara di seluruh dunia sudah sangat mudah dilakukan. Tentunya, ini tidak lepas dari peran suatu teknologi dan sistem yang bernama Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications atau lebih dikenal dengan sebutan SWIFT. 

Swift code atau nomor swift sendiri merupakan suatu kode yang unik dan tersusun dari kombinasi huruf dan angka. Kode ini dipakai untuk melakukan pengiriman uang baik dari dan ke luar negeri. 

Kode ini adalah bentuk standar dari Kode Identifikasi Bisnis yang dimanfaatkan oleh lembaga perbankan dan finansial lainnya sebagai instrumen identifikasi dalam lingkup internasional. Menariknya, kode ini memberikan informasi yang berkaitan dengan identitas lembaga perbankan dan lokasinya. 

Bisa dibilang, kode ini serupa dengan kode area telepon atau kode pos suatu wilayah. Swift code dipakai saat kamu akan melakukan pengiriman uang antarbank, terutama untuk pengiriman uang ke bank internasional atau transfer Single Euro Payments Area (SEPA). Tidak hanya untuk mengirim uang, kode swift ini juga dipakai oleh perusahaan perbankan untuk bertukar informasi terkait keuangan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan swift code untuk mengirim uang? Berikut beberapa di antaranya. 

- Jaminan kerahasiaan data dan semua informasi lain. 

- Transaksi finansial antarnegara yang pastinya jadi jauh lebih mudah, praktis, efektif, dan efisien. 

- Mengurangi terjadinya risiko yang berkaitan dengan proses operasional. 

- Membantu menekan biaya pengeluaran yang tidak sedikit. 

Dengan saling terkoneksinya perusahaan perbankan dan nasabah, berbagai informasi yang biasanya dibutuhkan untuk proses transaksi menjadi jauh lebih mudah dan lebih terjamin keamanannya. Jadi, kamu tidak perlu cemas dan takut akan risiko terjadinya tindak kejahatan dan penyalahgunaan. Afiliasi SWIFT sendiri mempunyai kantor pusat yang berada di negara Belgia dan beberapa kantor cabang yang berlokasi di negara yang menjadi sentra transaksi finansial. Asosiasi ini berperan sebagai pembawa semua informasi dan pesan yang diperlukan dalam hubungannya dengan transaksi antarbank di seluruh dunia. 

 

Swift Code Bank Permata Jakarta dan Syariah 

Swift Code Bank Permata Jakarta dan Syariah

Sumber : Quora 

Sebagian besar lembaga perbankan di Indonesia telah tergabung dalam asosiasi SWIFT untuk memudahkan para nasabah dalam mengirimkan uang baik dari dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya. Termasuk pula Bank Permata. Adapun swift code Bank Permata Indonesia adalah BBBAIDJA. 

Kode ini juga berlaku sebagai swift code Bank Permata Jakarta. Ternyata, swift code Bank Permata konvensional tidak sama dengan swift code Bank Permata Syariah yang memiliki kode BBBAIDJA. Dengan mengetahui swift code Bank Permata ini, kamu jadi lebih mudah kalau ingin mengirim uang ke bank lain, terutama kalau transaksi pengiriman dilakukan dari bank di luar negeri. 

Untuk mencari kode swift suatu bank, kamu bisa bertanya langsung dengan petugas call center bank, melihat di aplikasi mobile banking, atau mencarinya di mesin pencari Google. 

Nah, kalau mau transfer uang lebih mudah ke negara lain dari Indonesia, kamu bisa pakai layanan Flip Globe dari aplikasi Flip. Layanan ini memang berfokus untuk memudahkan nasabah bank di Indonesia melakukan pengiriman uang ke bank yang berada di negara lain. Namun, perlu diingat kalau layanan Flip Globe hanya bisa dipakai untuk transfer uang ke rekening individu dan bukan rekening perusahaan. Pengecualiannya jika memang ada pilihan rekening perusahaan saat kamu melakukan transaksi. 

 

Baca juga: Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Yuk, Ketahui Swift Code BCA!

Melalui Flip Globe, kamu tidak perlu lagi berkunjung ke bank dan mengantre untuk melakukan pengiriman uang. Flip akan memproses semua transfer ke negara lain yang dilakukan melalui ATM, sms banking, internet banking, dan mobile banking. 

Namun, perlu diketahui bahwa setiap negara punya biaya transfer yang berbeda, ya. Perbedaan ini juga mencakup lama waktu proses transaksi. Terlepas dari semua hal tersebut, transfer uang ke rekening bank di negara lain dari Indonesia sudah pasti lebih mudah pakai Flip Globe. Yuk, download segera aplikasi Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi