mural
homeforward
Mau Tukar Rupiah ke Baht? Segini Nilai Tukar per Baht-nya, Cek!

Mau Tukar Rupiah ke Baht? Segini Nilai Tukar per Baht-nya, Cek!

Berapa nilai tukar rupiah ke baht saat ini? Untuk kamu yang ingin pergi ke Thailand, wajib banget nih cari tahu kurs Thailand di sini!

Thailand adalah salah satu negara yang paling recommended untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata alamnya saja yang bagus, budaya dan ragam kuliner Thailand pun sangat menarik untuk diulik.

Baca Juga: Cari Tahu Estimasi Biaya Hidup di Thailand dalam Sebulan di Sini

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke negeri gajah putih ini, kamu perlu menukarkan uang agar kegiatan belanja selama di Thailand jadi lebih mudah. Maka dari itu, kamu perlu tahu berapa nilai tukar rupiah ke baht dan di mana menukar uangnya.

Yuk, cari tahu berapa nilai tukar rupaih terhadap baht terkini di penjelasan berikut!

Berapa Nilai Tukar Rupiah ke Baht Saat Ini?

rupiah ke baht

Sumber: Freepik

Nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang lain selalu berubah setiap harinya. Begitu juga nilai tukar rupiah terhadap baht. Jika kamu mencarinya di search engine, kamu akan menemukan grafik kurs yang naik turun setiap harinya.

Lalu, berapa nilai tukar rupiah terhadap baht saat ini? Per 14 Desember 2023, nilai tukar rupiah terhadap baht adalah Rp443,40 untuk setiap baht.

Berikut adalah nominal-nominal lain uang rupiah yang sudah dikonversi ke baht. Dengan gambaran konversi kurs ini, kamu bisa memperkirakan berapa uang saku yang cukup untuk dibawa saat plesir ke Thailand.

  • Rp500.000,00  = 1.128 baht
  • Rp1.000.000,00  = 2.255,27 baht
  • Rp2.000.000,00 = 4.510,55 baht
  • Rp5.000.000,00 = 11.276,37 baht
  • Rp10.000.000,00 = 22.552,75 baht

Dengan mengetahui nilai tukar rupiah ke baht, kamu bisa memperkirakan berapa nominal uang yang cukup berlibur di Thailand. Caranya adalah dengan mempelajari berapa biaya yang diperlukan selama berlibur di sana, lalu menentukan berapa uang saku yang kamu butuhkan.

Mengingat nilai tukar mata uang berubah tiap harinya, kamu mungkin butuh cek ulang nilai tukar rupiah terhadap baht nantinya. Supaya mudah, kamu bisa menggunakan Flip Currency Converter.

Bagaimana cara menggunakan Flip Currency Converter? Berikut tahapan-tahapannya.

  1. Buka internet browser-mu dan kunjungi laman Flip Currency Converter di sini.
  2. Atur mata uang asal dan mata uang tujuan. Karena kamu ingin mengetahui nilai tukar rupiah ke baht, kamu bisa mengatur rupiah sebagai mata uang asal dan baht (THB) sebagai mata uang tujuan.
  3. Masukkan nominal yang ingin kamu ubah.
  4. Terakhir, kamu bisa mengklik ‘Konversi’.

Di Mana Tukar Uang Rupiah ke Baht?

indonesia to thailand

Sumber: SINDOnews

Tidak hanya memikirkan tentang nilai tukar saja, orang-orang yang ingin bepergian ke luar negeri biasanya memikirkan di mana bisa menukarkan uang rupiah ke mata uang negara yang dituju.

Kamu bisa menukarkan rupiah dengan baht di money changer dalam negeri maupun luar negeri. Jika kamu ingin lebih ‘ready’ saat berkunjung ke Thailand karena sudah membawa uang baht, ada baiknya kamu menukarkan uang di dalam negeri.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan uang baht dengan cara menarik uang melalui ATM di Thailand. Cara ini lebih praktis karena kamu tidak perlu menukarkan uang ke money changer, tetapi kamu perlu ingat bahwa ada biaya khusus yang dikenakan per transaksi penarikan di luar negeri.

Faktor yang Berpengaruh pada Fluktuasi Kurs

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap fluktuasi kurs. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingkat inflasi

Inflasi merupakan sebuah kondisi ketika harga-harga barang di dalam negeri mengalami kenaikan. Karena inflasi, mata uang dalam negeri akan mengalami penurunan nilai. 

Secara angka, nilai tukar mata uang asing jadi semakin besar. Misalnya, jika awalnya nilai 1 dolar US adalah Rp15.000,00, karena inflasi nilai tukar 1 dolar US menjadi Rp15.100,00.  

2. Kebijakan pemerintah

Selain inflasi, kebijakan pemerintah ternyata juga berpengaruh terhadap naik turunnya (fluktuasi) nilai mata uang lokal. Biasanya, kebijakan pemerintah yang berpengaruh terhadap nilai mata uang adalah kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan perdagangan internasional dan pasar uang.

3. Tingkat suku bunga dalam suatu negara

Semakin tinggi tingkat suku bunga di suatu negara, biasanya ini akan membuat nilai tukar rupiah menguat. Artinya, nilai tukar rupiah jadi lebih murah terhadap mata uang lain.

4. Ekspektasi

Selain faktor-faktor di atas, ekspektasi terhadap nilai tukar suatu mata uang juga berpengaruh terhadap nilai tukar itu sendiri. Bagaimana maksudnya?

Sebagai contoh, apabila ada berita tentang inflasi di Amerika Serikat, publik akan berbondong-bondong menjual dolar sebelum nilainya turun. Karena banyak orang yang menjual dolarnya, tidak mengherankan jika akhirnya nilai tukar rupiah ke dolar pun otomatis anjlok.

Baca Juga: Kuliah di Negeri Gajah Putih, Ini 8 Universitas Terbaik di Thailand

5. Aktivitas neraca pembayaran

Aktivitas neraca pembayaran suatu negara juga bisa berdampak pada naik turunnya mata uang suatu negara. Apabila neraca pembayaran suatu negara bersifat positif, ini bisa berdampak pada peningkatan nilai mata uang negara tersebut.

Apakah hal-hal tersebut bisa terjadi juga pada nilai tukar rupiah ke baht? Tentu saja. Pada dasarnya, faktor-faktor di atas bisa berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang mana pun di dunia. 

Nah, itulah penjelasan mengenai berapa nilai tukar rupiah ke baht, di mana menukarkan uang baht, serta apa saja yang memengaruhi naik turunnya nilai tukar mata uang. Semoga bermanfaat, ya!

Kamu butuh transfer dana ke luar negeri? Pakai saja Flip! Dengan fitur Flip Globe, kamu bisa transfer dana ke luar negeri dengan biaya yang murah. Prosesnya pun cepat dan praktis.

Yuk, pakai Flip dan rasakan mudahnya transfer dana ke luar negeri!

Flip Globe transfer luar negeri biaya murah


 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi