mural
homeforward
Konsultan Finansial: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Rekomendasi yang Terbaik

Konsultan Finansial: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Rekomendasi yang Terbaik

Dari banyak orang di dunia ini, tak sedikit yang mengalami masalah keuangan akibat tak bisa mengatur atau gagal dalam menentukan prioritas. Padahal, keuangan adalah hal penting yang berfungsi untuk menopang kehidupan pada hari-hari berikutnya. 

Apalagi kalau kamu merupakan seorang pelaku usaha, pastinya keuangan jadi hal krusial yang bisa menentukan masa depan perusahaan kamu. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu menggunakan jasa konsultan finansial.

Baca juga: Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

Pengertian Konsultan Finansial

Seperti yang disebutkan di atas, berbagai masalah keuangan mungkin menimpa kehidupan personal maupun bisnis kamu. Mulai dari salah mengatur prioritas sampai tidak tepat menentukan produk investasi, semuanya bisa jadi kendala yang dapat memengaruhi kondisi keuangan kamu menjadi kurang baik.

Memiliki konsultan finansial adalah solusi yang harapannya bisa menuntun kamu sebelum mengambil keputusan. Konsultan keuangan di sini sama fungsinya dengan penasihat keuangan. Sehingga, kamu akan mendapatkan arahan hingga pandangan seputar keuangan supaya tidak salah langkah ke depannya.

Tugas Konsultan Finansial

Photo credit: Freepik

Meski di atas sudah dijelaskan bahwa peran konsultan keuangan adalah memberikan nasihat seputar finansial, ada beberapa tugas yang mesti dijalankan secara spesifik.

1. Memahami Kebutuhan Klien

Tugas konsultan finansial yang pertama adalah memahami kebutuhan klien. Sebab, klien perseorangan atau yang membawa nama perusahaan pasti memiliki kebutuhan berbeda. Untuk itu, seorang konsultan keuangan mesti mengetahui bagaimana kondisi finansial awal dan apa yang menjadi tujuan klien di masa mendatang. Dengan begitu, keputusan yang diambil bisa tepat sasaran.

2. Memberikan Solusi

Setelah mengetahui kondisi keuangan klien, seorang konsultan finansial harus mulai memberikan solusi supaya keadaannya makin membaik. Solusi yang ditawarkan ini bermacam-macam, bisa mengenai cara mengatur keuangan yang baik, produk investasi yang pas untuk klien, sampai gaya hidup yang harus dijalani karena menjanjikan kondisi keuangan yang lebih baik lagi.

3. Memantau Perkembangan Finansial Klien

Bukan hanya berhenti pada solusi, seorang konsultan keuangan juga mesti melakukan pemantauan mengenai perkembangan finansial klien. Apakah klien menjalankan solusi sesuai yang ditawarkan, apakah solusi yang diberikan benar-benar works untuk klien, hingga mengontrol besaran pemasukan serta pengeluaran klien.

Tugas konsultan finansial dalam mengontrol kondisi finansial ini bisa dilakukan selama beberapa waktu, sesuai waktu kesepakatan yang ditetapkan antara konsultan dengan klien. 

Semakin lama waktu pemantauannya, tentu akan semakin baik pula kamu dalam menjalankan dan mengatur keuangan agar dapat mencapai goals-goals di masa mendatang.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Finansial

Membaca penjelasan di atas, tentunya menggunakan konsultan keuangan dapat menjadi keputusan yang menguntungkan kamu. Soalnya, siapa saja bisa memiliki pemasukan dalam jumlah besar, tapi tidak setiap orang bisa mengatur uang berjumlah banyak itu agar tepat guna. 

Di sinilah peran konsultan keuangan bakal sangat berguna dalam menjaga setiap keputusan kamu terkait finansial. Agar lebih paham lagi mengenai betapa pentingnya jasa konsultan finansial, kamu bisa lihat poin-poin di bawah ini yang menjabarkan beberapa manfaatnya.

  • Memperjelas visi dan misi keuangan masa depan kamu;
  • Membantu kamu mengembangkan strategi keuangan, dimulai dengan tabungan, nasihat asuransi, dan investasi;
  • Membantu menganalisis kondisi keuangan kamu saat ini, mulai dari aset, utang, tabungan, dan lain-lain;
  • Membantu kamu mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Rekomendasi Konsultan Finansial Terbaik

Memperoleh nasihat keuangan yang baik memang harus datang dari konsultan keuangan terbaik. Supaya tak salah pilih, kamu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi konsultan finansial di bawah ini!

  1. Safir Senduk – Pria kelahiran 1973 ini merupakan perencana keuangan senior yang memulai karier sebagai penasihat keuangan sejak 1998. Ia juga didapuk sebagai perencana keuangan independen pertama di Indonesia;
  2. Ellen Mei – Ia adalah ahlinya jika bicara tentang tips keuangan. Dirinya memiliki sebuah institusi bernama Ellen May Institute yang dikenal luas akan nasihatnya seputar pasar modal;
  3. Prita Ghozie – Ia adalah CEO Zap Finance yang memiliki beberapa tips untuk berinvestasi, menabung, dan mengelola tabungan pensiun. Prita juga memenuhi syarat konsultan finansial dengan menyandang gelar Certified Financial Planner Professional;
  4. Ligwina Hananto – Sebagai pelopor perencana keuangan ternama di Indonesia, Ligwina Hananto telah membantu banyak orang dalam menyelesaikan masalah keuangannya. Dia juga memiliki beberapa sertifikat keuangan yang makin meningkatkan kredibilitasnya.

Mengatur keuangan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu tidak hanya dituntut untuk menghasilkan banyak pendapatan, tapi juga harus mengaturnya agar semua uang masuk tersebut bisa tepat guna, baik untuk kebutuhan sekarang atau di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, menggunakan jasa konsultan finansial bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu dalam mengatur, merencanakan, dan mengontrol kondisi keuangan. Nah, supaya kamu bisa menerapkan gaya hidup yang mendukung visi tersebut, jangan lupa download aplikasi transfer bebas biaya seperti Flip, ya!

 

Baca juga: Cara Tarik Tunai LinkAja Melalui ATM, Minimarket, dan GraPARI, Antiribet!

Dengan menggunakan Flip, kamu bisa transfer antarbank tanpa biaya admin. Tidak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan Flip untuk top up e-Wallet, beli pulsa, beli token listrik, bahkan sampai kirim uang ke luar negeri! Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Flip melalui App Store atau Google Play Store biar kamu bisa lebih hemat!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi