mural
homeforward
5 Perguruan Tinggi Terbaik di Korea Selatan, Pilih yang Mana?

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Korea Selatan, Pilih yang Mana?

Kamu berencana melanjutkan studi ke salah satu perguruan tinggi di Korea Selatan? Kalau ya, mempersiapkan universitas Korea Selatan mana yang bakal jadi incaran bisa kamu lakukan seawal mungkin untuk menyiapkan strategi terbaik.

Pasalnya selama beberapa tahun terakhir Negeri Ginseng memang makin populer menjadi negara idaman untuk berkuliah. Jumlah mahasiswa internasional di berbagai universitas di Korea Selatan pun memiliki tren meningkat setiap tahunnya. Dalam kata lain, persaingan untuk masuk ke kampus-kampus terbaik ini kian ketat.

Ada ratusan perguruan tinggi di Korea Selatan. Namun kalau kamu ingin mengejar yang terbaik, berikut adalah lima perguruan tinggi yang bisa jadi pertimbanganmu untuk meraih studi impian.

Seoul National University

Seoul National University alias SNU adalah universitas Korea Selatan yang paling prestisius dan menjadi salah satu dari tiga universitas SKY yang bergengsi. SNU bahkan telah berhasil menorehkan prestasi dan predikat kampus riset kelas dunia. Karena itu, tak heran jika mahasiswa internasional pun berebut untuk bisa menjadi mahasiswa di sini.

Kampus utama SNU berada di bagian utara kota Seoul, yakni Gwanak. Sementara itu, dua kampus lainnya yakni Yeongeon Medical Campus ada di Daehak-ro dan Pyeongchang Campus ada di Gangwon-do.

SNU menawarkan menawarkan 15 fakultas untuk jenjang sarjana. Sementara itu, program pascasarjana SNU memiliki 6 fakultas dan program. Adapun bagi pengincar program profesi, universitas yang menduduki peingkat ke-29 QS-World University Rankings 2023 punya 12 jurusan.

 

Baca Juga : Serba-Serbi Universitas Kyunghee: Kampusnya Para Bintang Korea, Nih!

Sungkyunkwan University

Ini adalah salah satu perguruan tinggi dengan sejarah panjang sekaligus tertua tak hanya di Korea Selatan, tetapi juga Asia Timur. Berada di pusat kota Seoul, Sungkyunkwan University sudah ada sejak Kerajaan Joseon.

Universitas yang juga menjadi tempat syuting drama bertajuk Sungkyunkwan Scandal ini mempunyai dua kampus utama. Lokasi kampus yang berada di Seoul adalah untuk studi jurusan Humaniora dan Ilmu Sosial, sedangkan lokasi kampus yang berada di Suwon adalah untuk studi jurusan Ilmu Pengetahuan Alam.

Sungkyunkwan University bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan kedokteran. Selain jadi salah satu yang terbaik, kampus yang berada di peringkat 99 menurut QS World Ranking ini juga telah berafiliasi dengan Samsung Medical Center.

Korea Advanced Institute of Science and Technology

Kalau tertarik dengan riset sains dan teknologi, seperti namanya, kamu bisa menjadikan Korea Advanced Institute of Science and Technology alias KAIST sebagai universitas Korea Selatan tujuan. Institut pertama yang menitikberatkan pada riset sains dan teknologi di Korea Selatan ini berlokasi di Daejeon meski beberapa bidang studi lainnya juga mulai dikembangkan beberapa tahun terakhir.

Meski usianya masih muda, KAIST berhasil menduduki peringkat ke-42 menurut QS World University. Institusi ini terus gencar melakukan perkembangan di berbagai aspek sehingga tak heran jika berhasil menarik perhatian mata dunia. 

Peluang untuk mendapat kesempatan belajar lebih luas terbuka cukup lebar di sini. KAIST bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dunia lain dan menawarkan program dual degree seperti dengan The Technical University of Berlin di Jerman dan Carnegie Mellon di Amerika Serikat.

Korea University

Berada di posisi ke-74 QS World Ranking, Korea University alias KU jadi universitas di Korea Selatan berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan. Perguruan tinggi yang berlokasi di Seoul ini juga merupakan bagian dari SKY sehingga menjadi bagian dari Korea University dapat menjadi tantangan sekaligus penghargaan tersendiri.

Universitas swasta ini telah mencapai usia lebih dari satu abad dengan arsitektur bangunannya yang klasik dan sentuhan modern di bagian dalamnya. Ada banyak pilihan jurusan studi yang bisa kamu tempuh di sini, seperti bisnis dan ekonomi, kimia, bahasa dan literatur, politik, dan berbagai macam lainnya. Adapun studi yang paling populer di KU adalah hukum.

Hal lain yang juga terkenal dari Korea University adalah kegiatan olahraganya. KU punya beberapa fasilitas penunjang untuk mendukung aktivitas ini, mulai dari lapangan sepak bola hingga gelanggang es.

 

Baca Juga : Intip Bagaimana Pendidikan di 6 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Yonsei University

Tak lengkap rasanya membuat daftar rekomendasi universitas Korea Selatan tanpa menghadirkan Yonsei. Institusi pendidikan di Seoul yang berada di peringkat 78 QS World Rank ini juga menjadi bagian dari SKY yang prestisius.

Yonsei University kerap berkompetisi dengan Korea University secara cukup sengit dalam berbagai kesempatan olahraga. Kompetisi keduanya bahkan telah berlangsung cukup lama dan seperti menjadi legenda.

Universitas favorit Korea Selatan ini memiliki kontribusi yang cukup signifikan di berbagai bidang riset akademik, mulai dari kedokteran, kesehatan manusia, teknik, biokimia, dan masih banyak lainya. Karena itu, persaingan di kampus ini pun terbilang cukup kompetitif.

Itulah lima rekomendasi universitas Korea Selatan terbaik dan prestisius yang dapat mendukungmu untuk tumbuh dan berkembang. Jadi, mau pilih yang mana, nih?

Jangan lupa, gunakan Flip Globe saat kamu nanti mulai mempersiapkan diri untuk studi di Korea Selatan, ya. Flip Globe memungkinkanmu transfer dari Indonesia ke Korea Selatan dengan cepat dan biaya murah. Dengan begitu, kamu dapat menghemat lebih banyak biaya untuk berbagai keperluan lain yang lebih penting.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi