mural
homeforward
Intip Bagaimana Pendidikan di 6 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Intip Bagaimana Pendidikan di 6 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Ketika menyebut nama negara Korea Selatan, yang banyak terbayang di benak anak muda pastinya soal K-POP dan K-drama mereka. Padahal, tahukah kamu, negara Asia yang sangat maju ini, tidak hanya unggul di industri hiburannya saja. Korea Selatan juga terdepan soal pendidikannya. Terlihat dari banyak universitas terbaik di Korea Selatan yang masuk ke dalam top 100 peringkat universitas dunia menurut QS World University Ranking. Apakah kamu penasaran bagaimana pendidikan di universitas terbaik Korea? Yuk, kita intip bersama profil 6 universitas yang ada di Korea berikut. 

Baca juga: Intip! Biaya Hidup di Korea untuk Mahasiswa

 

1. Seoul National University 

Seoul National University (SNU) adalah salah satu universitas negeri yang paling prestisius di Korea Selatan. Berdiri pada tahun 1946, jumlah mahasiswa yang dimiliki SNU sekarang mencapai 28,000 mahasiswa. Ada 15 fakultas yang menawarkan 85 jurusan setingkat sarjana di SNU. Sementara untuk program master ada 106, dan program doktoral ada 107. 

SNU juga memiliki 12 sekolah program profesi yang bertujuan mencetak para profesional yang inovatif dan mampu menghadapi tantangan zaman. SNU punya 4 kampus di Seoul dan luar Seoul. Kehidupan para mahasiswa kampus terbaik di Korea ini sangat fleksibel. Baik para mahasiswa maupun dosennya hidup, kerja, dan bersosialisasi sesuai keinginan mereka. 

 

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) 

KAIST adalah institut pertama di Korea Selatan yang fokus pada riset sains dan teknologi. Meski baru berdiri pada tahun 1971, KAIST telah berkembang sangat pesat dan membuktikan dirinya sebagai universitas berkualitas dengan menduduki peringkat 42 dunia menurut QS World University 2023. Sesuai namanya, institut yang satu ini menitikberatkan pendidikannya pada area ilmu pengetahuan alam, teknik, dan teknologi. Sehingga tidak heran ya, kegiatan ekstrakurikuler di kampus ini tidak menjadi prioritas. Walau begitu, KAIST tetap memiliki kegiatan klub dan komunitas serta tetap mengadakan acara-acara budaya dan kesenian.   

 

3. Sungkyunkwan University (SKKU) 

Sungkyunkwan University adalah universitas terbaik di Korea Selatan yang memiliki sejarah lebih dari 6 abad lamanya. Sejak pendiriannya sebagai Akademi Confucius Kerajaan pada zaman Dinasti Joseon, Sungkyunkwan telah menunjukkan kepemimpinan akademik yang kuat. Sebagai sebuah universitas yang sudah sangat tua, Sungkyunkwan telah banyak mencetak lulusan yang membentuk sejarah dan budaya Korea. SKKU memiliki prinsip untuk mengajarkan mahasiswanya untuk terus memperbaiki diri dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. 

 

4. Korea University 

Salah satu kampus terbaik di Korea Selatan ini adalah universitas pertama yang dibiayai dan dikelola secara penuh oleh orang Korea. Didirikan pada tahun 1905 oleh Lee Young-Ik, Bendahara Keluarga Kerajaan, yang ide dan visinya adalah untuk memakmurkan negara Korea melalui pendidikan generasi muda. Jurusan hukum, kedokteran, teknik, dan bisnis di sini adalah jurusan yang paling bergengsi. Korea University juga memiliki rumah sakit pendidikan yang memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan menjadi sarana belajar praktik mahasiswanya. Kampusnya sendiri berlokasi di pusat kota Seoul dengan arsitektur bergaya Eropa. Para mahasiswa belajar dalam ruangan kelas yang modern dan nyaman dengan teknologi terkini. Dosen-dosennya pun berkualitas tinggi yang mana mayoritasnya sudah meraih gelar doktor di bidangnya masing-masing. 

 

5. Yonsei University 

Yonsei University didirikan pada tahun 1885 sebagai lembaga pendidikan barat pertama di Korea. Berlokasi di jantung Kota Seoul, Yonsei University merupakan salah satu universitas terbaik Korea. Universitas ini bermisi untuk mencetak para pemimpin yang berjiwa kebenaran dan kebebasan serta berkontribusi pada masyarakat. Yonsei University memberikan kontribusi yang signifikan pada semua area mayoritas penelitian akademis, seperti kedokteran, biokimia, kesehatan, teknik, neurosains, dan juga ilmu pengetahuan sosial.   

 

6. Pohang University of Science and Technology (POSTECH) 

Pohang University merupakan universitas yang fokus pada bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dengan kampus seluas 1,6 juta m2 di Kota Pohang, POSTECH telah berkiprah sejak 1986 dan tengah memimpin transisi Korea ke era post-industrial. Sejak 2010, perkuliahan di POSTECH telah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mata kuliah utamanya. POSTECH juga menerapkan Kurikulum Pendidikan Umum Berbasis Kegiatan sejak tahun 2011. Melalui program pendidikan ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan kapasitas siswa termasuk dalam hal kepemimpinan, kepribadian, dan kreativitas. 

 

Baca juga: Serba-Serbi Universitas Kyunghee: Kampusnya Para Bintang Korea, Nih!

Banyak hal menarik yang bisa digali dari berbagai universitas terbaik di Korea. Bagaimana? Apakah ada yang membangkitkan minatmu untuk melanjutkan studi ke Korea Selatan? Jika nanti kamu sudah menjadi mahasiswa di Korea Selatan, tidak perlu bingung soal transfer dana internasional. Sekarang sudah ada layanan Flip Globe, layanan transfer dana antar negara dari Flip yang mudah, aman, serta tanpa biaya tersembunyi. Tunggu apalagi, unduh aplikasi Flip sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi