mural
homeforward
6 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Pilih yang Mana?

6 Perbedaan Emas Antam dan UBS, Pilih yang Mana?

Saat ingin berinvestasi emas, kamu bisa membelinya dari Antam atau UBS. Kedua merek ini sama-sama membanggakan kadar emas sebesar 99,99%, tapi keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja contoh perbedaan emas antam dan ubs? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya supaya kamu bisa memilih yang tepat!

Baca juga: Jangan Keliru! Begini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

 

1. Pilihan Ukuran

Ada berbagai macam ukuran yang bisa kamu pilih saat akan membeli emas. Baik emas Antam dan UBS menyediakan berbagai ukuran. Umumnya, variasi emas Antam lebih banyak daripada emas UBS. Namun, perlu dicatat bahwa variasi ini tidak menentukan ketersediaan emasnya, ya.

Emas Antam memiliki persediaan ukuran mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram,  5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, bahkan hingga 1 kilogram. Sementara, variasi emas yang tersedia pada merek emas UBS, meliputi 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gran, 5 gram, 10 gran, 25 gram, 50 gram, sampai 100 gram. Kemudian, jangan lupa juga untuk pastikan ketersediaan ukurannya, ya. 

 

2. Dimensi Emas Batangan

Beda emas antam dan UBS dapat terlihat juga dari dimensinya, meliputi ketebalan dan kelebarannya. Apabila kamu perhatikan dengan seksama, ukuran emas Antam lebih kecil dibandingkan emas UBS. Hal ini juga berlaku serupa untuk ketebalannya, dimana emas Antam cenderung lebih tipis daripada emas UBS. 

Meskipun dimensinya berbeda dan ukuran emas UBS lebih besar, tapi keduanya memiliki kadar yang tidak jauh berbeda. Uniknya lagi, berat kedua jenis emas ini serupa saat ditimbang. Jadi, tinggal sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing. 

 

3. Produsen Mitra

Kenapa kedua emas ini memiliki sebutan yang berbeda, ya? Pasalnya, emas-emas ini berasal dari 2 perusahaan yang berbeda. Emas Antam merupakan milik dari dari PT. Aneka Tambang Tbk, sedangkan emas UBS adalah hasil produksi PT Untung Bersama Sejahtera atau UBS yang identik dengan sebutan emasnya. 

PT Aneka Tambang Tbk. adalah salah satu perusahaan anak perusahaan dari PT Inalum (Persero) yang merupakan bagian dari BUMN. Di lain sisi, PT UBS adalah perusahaan swasta. Berbeda dengan PT Aneka Tambang Tbk., PT UBS tidak hanya berfokus dalam produksi emas batangan, tetapi mereka juga memiliki brand perhiasan, yakni Venus dan Starshine. 

 

4. Harga yang Ditawarkan 

Harga emas Antam maupun UBS cukup beragam bergantung pada beratnya. Namun, biasanya emas UBS memiliki harga yang relatif lebih murah daripada emas Antam. Hal ini juga berlaku saat kamu berniat membeli emas dengan dimensi yang lebih besar. Ditinjau dari indogold.id, emas Antam dengan berat 0,5 dihargai senilai Rp571.000,00, sedangkan emas UBS di berat yang sama dikenakan harga beli sebesar Rp526.000,00. 

 

5. Sertifikat Emas

Perbedaan emas Antam dan UBS yang kelima ada pada sertifikatnya. Salah satu keuntungan yang ditawarkan dari pembelian emas Antam adalah fleksibilitas penjualannya. Sertifikat emas Antam sudah berstandar London Bullion Market Association (LBMA) yang memungkinkan kamu untuk menjualnya kembali di pasar global. Sementara emas UBS menyediakan sertifikat nasional dari PT UBS sendiri.

Dari segi kemasan sertifikatnya juga cukup berbeda. Sertifikat emas Antam terlaminasi bersamaan dengan emas batangannya secara fisik untuk menjamin keasliannya. Di lain sisi, emas UBS memiliki dua macam kemasan sertifikat. Sertifikat untuk emas dengan berat kurang dari 4 gram memiliki sertifikat yang identik dengan bentuk SIM Card. Ada pula untuk emas yang beratnya 5 gram atau lebih akan diberi sertifikat hologram yang terpisah dari emasnya. 

 

6. Lokasi Pembelian

Lokasi pembelian kedua emas ini sebetulnya tidak jauh berbeda. Emas Antam tersedia di toko emas, pegadaian, ataupun kantor cabang emas Antam yang bisa kamu jangkau. Untuk emas UBS pun kamu juga bisa membelinya di lokasi serupa. Namun perbedaan emas Antam dan UBS yang signifikan di poin, yakni UBS biasanya juga membuka booth di pusat perbelanjaan mengingat UBS juga menyediakan perhiasaan. 


Baca juga: Cara Menghitung Zakat Emas Perhiasan yang Tepat

Perbedaan emas Antam dan UBS di atas dapat kamu jadikan rujukan untuk mulai menentukan investasi emas yang cocok. Apalagi, emas memang sudah lama menjadi pilihan investasi karena cenderung stabil dan aman. 

Selain itu, di era digital ini pilihan investasi sudah sangat beragam. Bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan praktis dan aman, segera download aplikasi Flip, yuk! Saat ini, aplikasi Flip sudah menyediakan fitur investasi yang bekerja sama dengan Amerta dan sudah terverifikasi OJK, loh! Jadi, nggak kalah aman dengan investasi emas. 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi