mural
homeforward
Ini Perbedaan Alibaba dan AliExpress, Pilih yang Mana?

Ini Perbedaan Alibaba dan AliExpress, Pilih yang Mana?

Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan Alibaba dan AliExpress. Meskipun berada di bawah naungan Alibaba Group, keduanya memiliki perbedaan cukup kentara. Namun, baik Alibaba maupun AliExpress merupakan situs belanja online Tiongkok yang populer di kalangan masyarakat. Bahkan, popularitas keduanya menyebar dari Asia hingga Eropa.

Maklum saja, Alibaba dan AliExpress menjadi tempat terbaik bagi pebisnis untuk menawarkan barang dagangannya dengan harga bersaing. Bagi pembeli, kedua situs jual beli tersebut memberikan apa yang dibutuhkan. Termasuk, kemudahan pencarian barang serta rasa nyaman dan aman selama berbelanja.

Baca Juga: Aliexpress Tracking: Pengertian, Panduan, dan Masalah yang Dialami Pelanggan

Sederet Perbedaan Alibaba dan AliExpress 

38-1 Beli saldo Paypal.jpg

Sumber : Rita Elfianis ID

Lantas, apa yang membedakan Alibaba dengan AliExpress? Berikut uraian singkatnya.

Model Bisnis 

Alibaba dan AliExpress memiliki pangsa pasar yang berbeda. Alibaba dirancang untuk pelaku bisnis karena menerapkan model bisnis B2B (Business to Business). Lantaran menyasar pembelian dalam jumlah besar, Alibaba memberikan aturan terkait jumlah pembelian minimum sekitar 50 buah untuk satu produk.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir karena Alibaba menawarkan kuantitas dan harga bersaing yang bisa menguntungkan pemilik bisnis. Makin besar kuantitas barang yang kamu pesan, harga produk akan makin murah.  

AliExpress memiliki kelas yang setara dengan eBay atau Amazon. Pasalnya, AliExpress menerapkan model bisnis B2C (Business to Consumer). Situs jual beli ini tidak menerapkan jumlah pembelian minimum.

ALiExpress memungkinkan kamu membeli produk secara ecer atau satuan. Sangat cocok bagi pelanggan yang akan menggunakan produk tersebut untuk kepentingannya sendiri, bukan untuk dijual kembali.

Harga Produk 

Di Alibaba, harga yang tertera masih dapat berubah. Biasanya, pembelian jumlah besar berpeluang mendapatkan harga lebih miring. Kamu bisa melakukan negosiasi dengan penjual hingga mencapai kesepakatan harga. 

Berbeda dengan Alibaba, harga produk di AliExpress adalah tetap. Artinya, kamu tidak bisa melakukan negosiasi harga sekalipun membeli dalam jumlah banyak. Harga produk yang harus kamu bayar sesuai dengan yang tertera ketika melakukan check out.

Waktu Produksi 

Lantaran Alibaba menyasar pelaku bisnis, waktu produksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan bervariasi. Ketika ada stok di gudang, pengiriman produk akan lebih cepat. Lain halnya ketika stok di gudang terbatas atau penjual menerapkan sistem Pre Order (PO), tentunya waktu yang dibutuhkan untuk produksi lebih lama.

Berbeda dengan Alibaba, produk yang dijual di AliExpress sudah siap kirim alias ready stock. Setelah pembayaran diterima, pesanan akan segera dikirim ke alamatmu. 

Ketentuan Custom Produksi

Perbedaan Alibaba dan AliExpress selanjutnya tampak dari custom produksi. Mengingat AliExpress hanya menyediakan barang siap kirim, kamu tidak bisa melakukan kostumisasi produk. 

Lain halnya dengan Alibaba yang memang memberikan keleluasaan bagi pelaku bisnis untuk melakukan kostumisasi, seperti penambahan label, merek, dan pembuatan produk sesuai desain. 

Kendati demikian, AliExpress menyediakan fasilitas dropship bagi pembeli yang ingin menjual barang tanpa melakukan stok produk. Fasilitas ini tidak akan kamu temukan di situs jual beli Alibaba.

Metode Pembayaran 

Untuk metode pembayaran, hampir tidak ada perbedaan. Baik Alibaba maupun AliExpress menyediakan beragam jenis pembayaran yang memudahkan pelanggan, seperti transfer bank, kartu debit atau kredit, dan dompet digital. 

Salah satu dompet digital yang direkomendasikan adalah Alipay. Mengingat aplikasi ini dirancang oleh Alibaba Group, keamanannya lebih terjamin. Proses pembayarannya pun mudah dan relatif singkat. Kamu bisa menggunakan Flip Globe untuk mengisi saldo Alipay.

Banner Flip Globe

Ongkos Kirim dan Pengiriman 

Ongkos kirim yang berlaku pada pembelian di Alibaba biasanya disesuaikan dengan kesepakatan pembeli dan penjual. Besaran biayanya mengikuti kebijakan ekspedisi yang dipilih. 

Sering kali penjual menyarankan untuk menggunakan kargo dibandingkan pengiriman standar. Alasannya, agar biaya kirim yang dibebankan pada pelanggan lebih murah. Tak jarang, penjual juga akan memberikan diskon ongkos kirim untuk pembelian tertentu. 

Lantaran kuantitas pembelian barang di AliExpress tidak sebesar Alibaba, hampir sebagian besar penjual memberikan gratis ongkos kirim. Tentunya hal ini sesuai dengan syarat serta ketentuan berlaku. Meskipun demikian, akan ada penyesuaian ongkos kirim pada pembelian dengan kuantitas lebih besar. 

Pengiriman barang Alibaba umumnya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 hari. Namun, bisa lebih lama apabila produk tersebut custom dan dipesan dalam jumlah besar. Pengiriman barang AliExpress biasanya dilakukan paling cepat satu hari setelah pembayaran. 

Estimasi produk sampai di tangan pelanggan bervariasi, tergantung ekspedisi dan jenis paket yang dipilih. Namun, rata-rata pengiriman dari Tiongkok ke Indonesia membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 30 hari. 

Setelah mengetahui perbedaan Alibaba dan AliExpress, kini kamu tak perlu lagi bimbang memilih salah satu di antara keduanya. Pastikan berbelanja di tempat yang tepat sesuai kebutuhanmu. 

Baca Juga: Begini Cara Cek Resi AliExpress, Bebas Ribet Dan Mudah!

Supaya belanja makin nyaman, jangan ragu menggunakan Flip Globe. Berbekal Flip Globe, kamu bisa transfer internasional dengan cepat, aman, dan praktis. Yuk, pakai Flip Globe untuk transaksi ke luar negeri yang lebih mudah!

new banner flip globe
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi