mural
homeforward
Aliexpress Tracking: Pengertian, Panduan, dan Masalah yang Dialami Pelanggan

Aliexpress Tracking: Pengertian, Panduan, dan Masalah yang Dialami Pelanggan

AliExpress tracking hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengecek proses pesanan. AliExpress merupakan situs jual beli populer di Tiongkok yang menyediakan beragam jenis produk berkualitas harga terjangkau. 

Di tempat ini, kamu bisa berbelanja dalam partai kecil maupun besar untuk mendukung bisnismu. Asyiknya lagi, kamu bisa mendapat harga lebih murah ketika Super Deals berlangsung.

Baca Juga: Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-Serbinya Di Sini

Apa Itu Aliexpress Tracking? 

aliexpress

Sumber : Envato

Tak berbeda dengan situs jual beli lainnya, AliExpress juga melengkapi websitenya dengan fitur tracking. AliExpress tracking adalah fitur yang disediakan untuk melacak pesanan. Melalui fitur ini, kamu bisa mengetahui waktu pesanan diterima penjual, diproses, hingga dikirim ke alamat via ekspedisi. 

Ketika melakukan pemesanan, kamu akan menemukan metode pengiriman AliExpress Standard ShippingAliExpress Standard Shipping merupakan perusahaan logistik milik Alibaba Group yang bertindak sebagai perantara dan mengambil alih sebagian masalah logistik maupun kontrol paket. 

AliExpress Standard Shipping bekerja sama dengan banyak kurir ekspedisi dan operator pos, yakni  Singapore Post, Correos, Posti Finland, EMS, ePacket, TNT, DHL, UPS, serta lainnya. Rata-rata waktu pengiriman paket standar sekitar 15 hingga 45 hari. Namun, tersedia pengiriman paket premium dengan waktu sampai sekitar 7 hingga 15 hari.

Panduan Pelacakan Pengiriman AliExpress 

Sebelum melakukan pelacakan, kamu wajib memiliki akun dan telah berbelanja di AliExpress. Jika belum, berikut panduan berbelanja dan tracking paket di AliExpress.

Buat Akun

Buat akun AliExpress, isi data yang dibutuhkan, dan lakukan konfirmasi. 

Pilih Produk 

Pilih dan cari produk yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukan filter untuk mempersempit pencarian. Masukkan produk ke keranjang kemudian klik Buy.

Isi Data Diri

Setelah muncul Shipping Information, isi data diri pada kolom yang tersedia. Pastikan data tersebut valid dan sesuai karena akan memengaruhi pengiriman paket. Jika sudah yakin data tersebut lengkap, klik Confirm.

Payment Methods

Setelahnya, pilih metode pembayaran. Di layar akan muncul sejumlah cara, mulai dari pembayaran via kartu debit atau kredit, Virtual Account, transfer bank, hingga dompet digital. Kalau kamu ingin proses pembayaran lebih cepat dan aman, disarankan menggunakan Alipay.

Alipay merupakan dompet digital yang dibuat oleh Alibaba Group. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduh kemudian melakukan instalasi dan pendaftaran. Tak perlu cemas, kamu bisa melakukan top up Alat pembayaran Alipay via Flip Globe

Pelacakan Paket

Setelah pembayaran selesai, pesanan akan diteruskan ke penjual. Biasanya, penjual memerlukan waktu untuk melakukan proses pengemasan paket. Pengecekan resi baru bisa lakukan setelah penjual mengirimkan produk yang kamu pesan. 

Aliexpress Tracing, Mudahkan Kamu Menemukan Paket

Hal yang sering menjadi pertanyaan, bagaimana cara untuk menemukan paketmu? Berikut cara melakukan pelacakan paket!  

  • Buka situs jual beli AliExpress kemudian pilih Login.
  • Klik profil yang terdapat di kanan atas. 
  • Klik My Order.
  • Klik Track Order untuk menemukan paketmu. 
  • Cek nama ekspedisi dan salin nomor resi. 
  • Buka alamat website perusahaan ekspedisi, misalnya EMS atau DHL. Pilih menu tracking nomor resi, masukkan nomor resi, dan klih Search. 
  • Di layar akan muncul informasi mengenai paketmu. Mulai dari nama pengirim, penerima, nomor telepon, alamat tujuan, serta estimasi waktu sampai.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Pelacakan Beserta Solusinya 

aliexpress

Sumber : Envato

Kendati AliExpress tracking didesain sedemikian rupa, tak jarang terjadi masalah ketika hendak melakukan pelacakan. Kamu tidak perlu panik ketika mengalaminya. Kamu bisa mencari solusinya sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Beberapa masalah umum yang dialami pelanggan, di antaranya:

Nomor Pelacakan Tidak Berfungsi

Nomor pelacakan tidak berfungsi sering terjadi pada pengiriman ekonomi yang diawali huruf R dan diakhiri huruf CN. Biasanya, pengiriman ini hanya akan memberikan informasi mengenai pergerakan paket ketika masih berada di Tiongkok. Nomor resi ini akan berubah ketika tiba di negara tujuan. Hal inilah yang menjadi sebab nomor pelacakan tidak berfungsi.

Status Pelacakan Tidak Berubah

Terkadang ekspedisi pengiriman memerlukan waktu hingga 15 hari untuk melakukan pembaruan terkait status pesananmu. Biasanya, hal ini terjadi ketika hari libur nasional atau saat Tiongkok sedang merayakan hari besar. Salah satunya adalah Tahun Baru Imlek. 

Kamu hanya perlu bersabar dan melakukan pengecekan berkala hingga batas waktu. Apabila status tetap tidak berubah, hubungi tim Layanan Pelanggan AliExpress untuk mendapatkan bantuan. 

Nomor Pelacakan Palsu

Meskipun jarang terjadi, beberapa pelanggan pernah mengalaminya. Pada kasus ini, kamu lebih baik bertanya kepada penjual lebih dulu. Apabila penjual tidak kooperatif, lampirkan bukti pesanan dan segera hubungi Layanan Pelanggan AliExpress melalui obrolan langsung, telepon, ataupun email.

Baca Juga: Begini Cara Cek Resi AliExpress, Bebas Ribet Dan Mudah!

Dari penjelasan singkat mengenai AliExpress tracking yang perlu kamu ketahui. Kini, berbelanja di luar negeri ataupun AliExpress bisa dilakukan di mana saja. Soal pembayaran, kamu bisa memanfaatkan Flip Globe. Flip Globe hadir untuk memudahkan transfer dana secara global dengan aman, cepat, dan praktis. Tunggu apa lagi? Yuk, pakai Flip Globe untuk transaksi ke luar negeri yang lebih mudah!

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi