mural
homeforward
Mengenal PCare BPJS, Cara Penggunaan, dan Manfaatnya

Mengenal PCare BPJS, Cara Penggunaan, dan Manfaatnya

BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Salah satu upayanya adalah dengan menghadirkan platform PCare BPJS, yang menawarkan kemudahan bagi peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Baca Juga: Ingin Tahu Faskes BPJS Di Terdekat? Cari Tahu Caranya Di Sini!

Apa Itu PCare BPJS?

pcare bpjs

Photo credit: Sehatq

Pcare atau Primary Care BPJS Kesehatan adalah aplikasi yang memungkinkan faskes tingkat 1 untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien peserta JKN-KIS. Faskes tingkat 1 ini bisa berupa Puskesmas, klinik, ataupun praktik dokter mandiri.

Menurut CNBC Indonesia, faskes tingkat pertama dapat menggunakan aplikasi PCare BPJS untuk mengakses data diri pasien dari server BPJS. Dengan begitu, proses pendaftaran, pengintegrasian data, diagnosis, hingga, pengurusan rujukan pasien peserta BPJS bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Dari sisi peserta JKN-KIS, tersedia aplikasi PCare BPJS Kesehatan yang bisa membantu memudahkan dalam mendapatkan pelayanan ke faskes tingkat pertama yang dituju atau mendaftarkan diri ke faskes tersebut.

Harap dicatat, aplikasi PCare BPJS tidak tersedia untuk umum sehingga tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi ini. Adapun pihak-pihak yang diizinkan untuk menggunakan aplikasi ini adalah faskes yang sudah resmi mendaftarkan diri ke BPJS dan mendapatkan username dan password untuk bisa login.

Cara Daftar PCare BPJS dan Penggunaannya

Agar bisa mengakses Primary Care BPJS, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di Kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan username dan password. Setelah itu, kamu bisa mengikuti panduan berikut untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Buka website resmi Primary Care BPJS kesehatan melalui browser, pastikan perangkatmu terhubung ke internet.
  • Masukkan username dan password yang kamu terima saat pendaftaran offline. Kemudian, isi captcha dengan benar. Setelah itu, klik tombol “Sign In”.
  • Setelah berhasil masuk, kamu akan dialihkan ke halaman utama PCare BPJS Kesehatan yang berisi indeks pasien.
  • Kamu akan dihadapkan pada dua opsi menu, “Pendaftaran” dan “Pelayanan".
  • Kamu bisa mendaftarkan pasien dengan memasukkan nomor BPJS pasien di kolom “No. Pencarian”, lalu klik “Cari”. Jika pasien tersebut adalah pasien faskes tempatmu bekerja, maka identitasnya akan muncul secara otomatis.
  • Selanjutnya, isikan bidang-bidang yang kosong dengan data yang sesuai, seperti: Jenis Kunjungan, Pemeriksaan Fisik, dan Tekanan Darah.
  • Setelah itu, klik “Simpan” untuk menyimpan data pendaftaran.
  • Selanjutnya, kembali ke entri data. Pilih menu “Pelayanan”. Kemudian, isikan bidang-bidang yang kosong dengan data yang sesuai, seperti kolom Terapi dan Diagnosis.
  • Setelah melengkapi data, klik “Simpan” untuk menyimpan data Pelayanan. Sampai di sini, proses entri data pasien BPJS di faskes tingkat pertama telah selesai dilakukan.
  • Kamu bisa memantau data pasien yang berkunjung ke faskes tempatmu bekerja, seperti kegiatan, jumlah kunjungan, dan jenis kunjungan.
  • Sebagai informasi, kamu bisa mengubah password akun PCare milikmu dengan masuk ke menu Tools. Selain itu, kamu juga bisa masuk ke LUPIS BPJS untuk memonitor dan mengedit jumlah pekerja di faskes tempatmu bekerja.
  • Terakhir, jangan lupa untuk melakukan logout dari akun PCare BPJS setelah selesai digunakan.

Manfaat PCare BPJS

pcare bpjs

Photo credit: Kumparan

Penggunaan layanan PCare BPJS di faskes tingkat pertama membawa sejumlah manfaat, baik bagi faskes tersebut maupun pasien JKN-KIS. Berikut beberapa manfaat PCare BPJS yang perlu diketahui:

Alur Pendaftaran yang Lebih Praktis

Dengan digitalisasi layanan melalui penggunaan aplikasi PCare, proses pendaftaran pasien di fasilitas kesehatan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Cukup dengan memasukkan nomor BPJS pasien, data diri pasien tersebut akan otomatis muncul, sehingga tidak perlu lagi menuliskannya secara manual.

Selain itu, adanya antrean digital juga dapat membantu efisiensi proses pendaftaran sehingga bisa berlangsung lebih cepat. Dengan demikian, pasien akan merasa lebih nyaman karena tidak perlu waktu lama untuk menunggu.

Data Pasien Terintegrasi

Karena data-data pasien sudah terintegrasi dengan sistem BPJS, pelayanan bisa dilakukan dengan lebih cepat karena tidak perlu memasukkan ulang data setiap kali pasien ingin berobat. Dengan sistem ini, akses ke data-data seperti riwayat pengobatan dan rujukan juga dapat dilakukan dengan mudah.

Proses Diagnosis Lebih Cepat

Primary Care BPJS membantu mempercepat proses diagnosis. Hal ini karena rekam medis pasien sudah tersimpan ke dalam sistem, sehingga tidak perlu dilakukan pemeriksaan ulang. Selain itu, riwayat penyakit pasien juga dapat dicek dengan mudah oleh nakes untuk membantu mempercepat pemeriksaan pasien.

Proses Rujukan Lebih Mudah

Adakalanya pasien perlu dirujuk ke rumah sakit atau faskes lain untuk mendapatkan pelayanan yang lebih memadai. Dengan Primary Care BPJS, faskes tingkat pertama bisa merujuk pasien ke faskes rujukan dengan lebih mudah melalui platform ini.

Itulah informasi tentang PCare BPJS Kesehatan, cara penggunaan, dan manfaatnya. Dengan adanya aplikasi ini, proses pelayanan di faskes tingkat pertama bagi pasien JKN-KIS bisa dilakukan dengan lebih praktis dan hemat waktu.

Baca Juga: Sudah Daftar BPJS Kesehatan? Ini Cara Cetak Kartunya!

Untuk bisa terus menikmati pelayanan di fasilitas kesehatan, penting untuk rutin membayar premi BPJS setiap bulan dan usahakan jangan sampai telat. Solusinya, kamu bisa bayar iuran BPJS melalui aplikasi Flip yang hemat dan mudah diakses melalui smartphone. Yuk, download Flip sekarang dan rasakan manfaatnya!

new banner bpjs

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi