mural
homeforward
Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Tagihan Air Menggunakan HP

Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Tagihan Air Menggunakan HP

Sebelum membayar tagihan air, biasanya kita akan cek tagihan air terlebih dahulu untuk mengontrol biaya pengeluaran air kita setiap bulannya. Setelah itu, baru kita akan membayar tagihan tersebut melalui channel resmi PDAM untuk dapat menikmati fasilitas air bersih. Ada banyak cara untuk cek tagihan air PDAM, seperti datang langsung ke loket PDAM atau cek tagihan air online. Namun, di zaman yang serba digital ini, kita dapat cek tagihan air PDAM online di mana pun dan kapan pun hanya dari HP! 

Baca juga: Sekilas Tentang Perumda Air Minum Tugu Tirta, PDAM Kota Malang

 

Cara Cek Tagihan Air Menggunakan HP 

Cara cek tagihan air PDAM yang paling mudah di era digital ini adalah secara online. Hanya dengan perangkat smartphone, kamu sudah bisa mengetahui berapa tagihan air kamu sekaligus membayarnya melalui HP juga. Kelebihan cek tagihan air online yaitu kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Kamu pun tidak perlu keluar rumah hanya untuk cek tagihan air dan tidak perlu menunggu jam tertentu untuk mengecek serta membayar tagihan air. Setelah tagihan air dilunasi, kamu bisa menikmati pasokan air bersih seperti biasanya. Sebab, semua aktivitas rumah tangga membutuhkan air bersih baik untuk minum, memasak, mencuci, dan masih banyak lainnya. Untuk itu, ketahui selengkapnya cara cek tagihan air PDAM online berikut ini!   

1. Melalui Aplikasi Resmi 

Cek tagihan air bisa kamu lakukan melalui aplikasi resmi PDAM yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal kamu. Misalnya, untuk kamu yang tinggal di Kota Bogor, kamu bisa mengunjungi situs PDAM Tirta Pakuan Bogor. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini: 

1. Pada situs PDAM Tirta Pakuan Bogor, scroll ke paling bawah dan temukan link download aplikasi resmi PDAM Bogor. Kamu akan diarahkan menuju Google Play Store. 

2. Pilih install, kemudian tunggu selama beberapa saat hingga proses instalasi selesai. 

3. Buka aplikasi Simotip, kemudian pilih menu “Tagihan”. 

4. Masukkan ID Pelanggan ke kolom yang tersedia. 

5. Klik opsi “Cek Tagihan”. 

6. Tunggu beberapa saat hingga rincian tagihan air PDAM kamu muncul di halaman tersebut. 

2. Melalui Aplikasi PDAM Info 

Kamu juga bisa cek tagihan air PDAM online melalui aplikasi PDAM Info yang bisa diunduh di Play Store. Tak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan air saja, tetapi kamu bisa melakukan pembayaran, pengaduan, mendaftar layanan PDAM untuk pelanggan baru, hingga membaca informasi terkini seputar PDAM. Berikut ini langkah-langkah melakukan cek tagihan air PDAM melalui aplikasi PDAM Info: 

1. Untuk pengguna Android, buka aplikasi Google Play Store. 

2. Unduh dan install aplikasi PDAM Info, lalu tunggu beberapa saat hingga aplikasi ter-install di HP kamu. 

3. Buka aplikasi PDAM Info, kemudian masukkan nomor telepon kamu dan aktif, kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. 

4. Setelah itu, isi data kamu dan klik “Daftar”. 

5. Setelah melalukan pendaftaran, pilih menu ‘Tagihan’ untuk cek tagihan air PDAM kamu. 

 

Melalui Marketplace 

Cek tagihan air online juga bisa kamu lakukan melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lainnya. Saat ini, marketplace telah menyediakan layanan cek tagihan air hingga pembayaran PDAM secara online, aman, mudah, praktis, dan menawarkan voucher cashback dan diskon yang menarik. 

Untuk cek tagihan air, kamu bisa masuk ke aplikasi marketplace yang kamu miliki atau unduh terlebih dahulu bila belum mempunyai aplikasinya sama sekali. Setelah memasuki halaman utama, kamu bisa memilih menu ‘PDAM’ dan masukkan data yang dibutuhkan. Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan rincian tagihan air kamu. Kamu bisa langsung melakukan pembayaran atau kembali ke halaman utama. 

Jika kamu akan melakukan pembayaran, kamu bisa memilih metode pembayaran untuk melakukan pelunasan. Seperti menggunakan ATM / M-Banking, e-wallet, atau minimarket. 

 

Melalui Aplikasi Flip 

Kamu juga bisa cek tagihan air PDAM dan melakukan pembayaran melalui aplikasi Flip. Umumnya, saat melakukan pelunasan tagihan air akan dikenakan biaya admin. Melalui aplikasi Flip, kamu tidak dikenakan admin hingga Rp0! Berikut ini cara cek tagihan air melalui Flip: 

1. Buka aplikasi Flip dan pilih menu ‘PDAM’. 

2. Masukkan data-data yang diperlukan. 

3. Tunggu sesaat, maka rincian tagihan air akan muncul di layar. 

4. Untuk melakukan pembayaran, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, kemudian lakukan pembayaran.   

Kemudahan Cek Tagihan Air Online di Flip 

Kapan lagi kamu bisa menikmati kemudahan dan praktisnya cek tagihan air pdam online menggunakan aplikasi Flip? Kamu bisa menikmati layanan cek tagihan air dan melakukan pembayaran air sekaligus hanya di satu aplikasi. 

 

Baca juga: Anti Ribet! Cara Cek Tagihan PDAM Makassar Lewat Smartphone

Selain untuk cek tagihan air online, lewat aplikasi Flip kamu juga bisa melakukan pembayaran apapun seperti membayar tagihan listrik, membeli token listrik, pulsa, paket data internet, hingga melakukan transfer antarbank tanpa dikenakan biaya! Pastinya dapat mempermudah transaksi kamu. Tertarik untuk menggunakan Flip? Segera unduh aplikasinya melalui App Store atau Play Store sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi