mural
homeforward
Mau Klaim Token Listrik Gratis? Begini Caranya!

Mau Klaim Token Listrik Gratis? Begini Caranya!

Sejak pandemi atau lebih tepatnya April 2020, pemerintah berkomitmen untuk memberikan berbagai keringanan bagi masyarakat, utamanya yang terdampak COVID-19. Salah satu bantuan tersebut berupa subsidi listrik yang diberikan kepada pelanggan dengan kategori tertentu. Adapun besaran subsidi ini sendiri berkisar antara 50 hingga 100 persen. 

Bagi pengguna layanan pascabayar, subsidi listrik ini akan secara otomatis masuk ke dalam tagihan bulanan. Jadi, tagihan para pengguna akan otomatis terpotong oleh besaran subsidi listrik yang diterima. Sedangkan pada pengguna layanan prabayar atau token, Anda diharuskan mengklaim subsidi listrik tersebut dengan berbagai cara. Hingga nantinya, bisa mendapatkan token listrik gratis atau potongan sebesar 50%. 

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan Token Listrik Gratis

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bahwa program subsidi listrik ini hanya diperuntukkan untuk para pelanggan kategori tertentu. Yakni, pelanggan listrik kategori 450 VA dan kategori daya 900 VA bersubsidi.

 Untuk kategori 450 VA, semua pelanggan baik itu rumah tangga atau industri akan mendapatkan subsidi listrik sebesar 100 persen (gratis). Sedangkan bagi pelanggan kategori 900 VA hanya yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial yang berhak mendapatkan potongan/diskon sebesar 50 persen. Sisanya, atau yang tergolong ke dalam R1M tidak akan mendapatkan bantuan karena dianggap mampu. 

 

Baca Juga : Ini Dia Cara Beli Token Listrik Anti Ribet Lewat Aplikasi Flip!

Cara Klaim Token Listrik Gratis

Bagi Anda para pengguna listrik kategori 450 VA atau 900 VA bersubsidi, manfaatkan program ini untuk meringankan beban ekonomi pasca pandemi COVID-19. Untuk pengguna layanan pascabayar, tagihan akan secara otomatis terpotong oleh besaran subsidi sehingga Anda cukup membayar sisanya atau gratis secara keseluruhan. 

Sedangkan, bagi yang menggunakan layanan prabayar, Anda harus terlebih dulu mengklaimnya hingga bisa mendapatkan token listrik gratis. Tak perlu bingung, berikut beberapa cara klaim token listrik gratis yang bisa dicoba. 

1. Klaim melalui PLN Mobile

Cara pertama yang bisa dicoba untuk klaim token listrik gratis adalah dengan menggunakan PLN Mobile. Di sini, tentu Anda harus mengunduh aplikasi tersebut melalui PlayStore atau AppStore, dan instal di Smartphone

Setelah itu, buka aplikasi, pilih menu Info dan Promo, kemudian klik 'PLN Peduli COVID-19'. Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter, dan kode token listrik gratis akan segera muncul. Pengguna bisa langsung memasukkan kode tersebut ke dalam meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. Subsidi listrik pun bisa langsung dinikmati. 

2. Klaim melalui Situs Website PLN

Bagi Anda yang barangkali kurang berkenan untuk menginstal aplikasi PLN Mobile, bisa mengklaim token listrik gratis melalui website resmi PLN. Caranya, silakan buka laman www.pln.co.id dan pilih menu stimulus COVID-19/token gratis/diskon. Setelah itu, masukkan nomor meter atau ID pelanggan di kolom pencarian. Jangan lupa isi kode captcha, dan klik menu cari.

Tak lama, akan muncul nomor atau kode token listrik gratis/potongan 50%. Simpan atau catat kode tersebut, dan masukkan ke kWh meter sesuai ID pelanggan. 

Baca Juga : Cara Mengisi Token Listrik, Ternyata Tidak Sulit Kok!

3. Klaim melalui Whatsapp PLN

Terakhir, cara yang terbilang paling mudah yakni klaim token listrik gratis melalui Whatsapp. Silakan buka aplikasi Whatsapp, dan kirim chat ke nomor 08122-123-123. Isi chat bisa apa saja, karena nantinya akan ada balasan otomatis berupa petunjuk atau langkah selanjutnya. Ikuti petunjuk tersebut dan pilih 'info listrik gratis/diskon'. Kemudian, tuliskan nomor meter/ID pelanggan secara lengkap dan benar. 

Tak lama akan muncul balasan berupa kode token listrik gratis/diskon yang bisa digunakan. Masukkan kode tersebut ke mesin kWh meter, dan subsidi listrik pun telah bisa dinikmati. 

Selain cara tersebut, para pengguna juga bisa mengajukan permohonan token listrik gratis dengan mendatangi langsung kantor PLN terdekat. Di sana, Anda bisa menuju bagian customer service untuk mengutarakan maksud dan tujuan, yakni mendapatkan token listrik gratis/diskon. Pihak customer service akan menanyakan beberapa hal penting, seperti nomor ID pelanggan, dan identitas diri. Karenanya, jangan lupa untuk membawa KTP atau identitas diri lainnya. 

Setelah proses verifikasi selesai dan Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi listrik tersebut, customer service akan memberikan kode token yang bisa digunakan. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan kode tersebut ke mesin kWh meter sesuai ID pelanggan. 

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan dan klaim token listrik gratis. Meski demikian, penting pula bagi para pelanggan untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik dengan melakukan pembelian saldo token. Apalagi, kini Anda tak perlu repot karena bisa melakukan transaksi pembelian dengan menggunakan aplikasi Flip. 

Dengan cara ini, metode pembayaran atau pembelian token menjadi lebih cepat dan praktis. Pengguna cukup membuka aplikasi dan pilih menu Listrik. Kemudian klik sub menu Token Listrik, masukkan nomor ID pelanggan, dan pilih nominal saldo yang ingin diisi. Dalam hal ini, pastikan saldo Flip tersedia untuk memudahkan transaksi. 

Setelah proses verifikasi selesai, kode atau nomor token akan muncul. Simpan atau catat nomor tersebut dan masukkan ke mesin kWh meter sesuai ID pelanggan. Sangat mudah dan praktis, bukan? 

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi