mural
homeforward
Berapa Maksimal Transaksi QRIS? Yuk, Simak!

Berapa Maksimal Transaksi QRIS? Yuk, Simak!

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan hasil penyatuan kode QR dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Dengan QRIS, kamu bisa melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan aman. Cukup buka aplikasi PJSP yang kamu punya di perangkat smartphone, scan kode QR yang tersedia, dan transaksi pun sudah bisa dilakukan!

Namun, sama seperti metode pembayaran cashless lain, QRIS juga punya limit maksimal transaksi. Supaya transaksi lancar, yuk, ketahui jumlah maksimal transaksi QRIS terlebih dulu!

Baca Juga: Gampang Banget, Ini Cara Bayar via QRIS Gopay

Maksimal Transaksi QRIS Terdahulu

maksimal transaksi qris

Sumber: Freepik

Saat pertama kali diluncurkan pada Agustus 2019 lalu, QRIS hanya bisa melayani transaksi dengan limit maksimal Rp2 juta. Namun, Bank Indonesia telah menaikkan jumlah maksimal pembayaran QRIS menjadi Rp5 juta pada 1 Mei 2021.

Keputusan tersebut diambil untuk mendukung digitalisasi ekonomi di Indonesia. Tujuannya supaya keuangan nasional bisa lebih inklusif dan efisien. Kabar baiknya, baru-baru ini Bank Indonesia kembali menaikkan limit maksimal transaksi QRIS. Berapa jumlahnya?

Kenaikan Maksimal Pembayaran QRIS

Sejak 1 Maret 2022 lalu, limit maksimal yang berlaku untuk pembayaran QRIS adalah Rp10 juta. Artinya, kamu bisa melakukan transaksi sampai maksimal Rp10 juta dengan menggunakan QRIS. Meski begitu, Bank Indonesia mengatakan bahwa jumlah tersebut masih bisa bertambah.

Mereka membuka peluang penambahan limit maksimal pembayaran QRIS apabila memang dibutuhkan. Namun, hal ini tergantung pula pada penyedia infrastruktur, termasuk bank maupun lembaga PJSP lain yang terlibat.

Apa Maksimal Transaksi QRIS Mengikuti Limit Rekening Bank?

limit maksimal transaksi qris

Sumber: Freepik

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, transaksi QRIS bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi PJSP, termasuk aplikasi mobile banking milik bank. Sementara itu, tiap bank biasanya memiliki limit maksimal transaksi tersendiri. Lantas, apakah maksimal transaksi QRIS mengikuti limit dari bank?

Terkait hal ini, tiap bank ternyata menerapkan kebijakan yang berbeda. Misalnya pada Bank Mandiri, limit maksimal untuk pembayaran QRIS adalah Rp10 juta per hari sesuai ketentuan Bank Indonesia.

Jumlah tersebut berbeda dari Bank Central Asia (BCA) yang menetapkan angka Rp25 juta per hari sebagai limit maksimal pembayaran QRIS. Limit QRIS ini dipisahkan dari limit harian kartu debit BCA. Jadi, seandainya hari ini kamu sudah mencapai limit maksimal penggunaan kartu debit BCA, kamu masih bisa melakukan transaksi dengan QRIS melalui BCA Mobile.

Mirip seperti BCA, Bank Negara Indonesia (BNI) juga menetapkan limit Rp25 juta untuk transaksi dengan QRIS. Namun, kebijakan ini berlaku untuk transaksi QRIS yang menggunakan kartu kredit BNI sebagai sumber dananya. Jadi, pastikan dulu kartu kredit BNI kamu sudah terhubung dengan aplikasi BNI Mobile Banking, ya.

Apa Maksimal Pembayaran QRIS Sudah Termasuk MDR?

Tiap kali kamu bertransaksi pakai QRIS di merchant, mereka bakal dikenakan biaya Merchant Discount Rate (MDR). Biaya ini diberikan kepada Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) yang meliputi lembaga switching, lembaga issuer, lembaga acquirer, Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN), dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Jumlah MDR telah ditentukan oleh Bank Indonesia, mulai dari 0% sampai 0,7% tergantung dari nilai transaksi dan kategori merchant. MDR tidak boleh dibebankan kepada pelanggan. Karena MDR sepenuhnya ditanggung merchant, hal ini pun idealnya tidak akan memengaruhi limit maksimal pembayaran QRIS harian yang dimiliki pelanggan.

Baca Juga: Cara Praktis dan Mudah Kirim Uang Menggunakan QRIS Mandiri

Dengan limit maksimal transaksi QRIS yang kini sudah mencapai Rp20 juta, belanja pakai QRIS pun jadi lebih nyaman dan leluasa. Namun, pastikan kamu punya saldo cukup agar bisa bertransaksi dengan QRIS. 

Kalau memang harus top-up, kamu bisa menggunakan fitur Money Transfer pada aplikasi Flip. Fitur ini melayani transfer uang ke lebih dari 100 bank di Indonesia dengan biaya lebih hemat! Soal keamanan, kamu juga tidak perlu khawatir karena Flip telah mendapatkan izin dan lisensi resmi dari Bank Indonesia.

Bahkan, Flip sendiri juga menyediakan fitur scan kode QR, lho, jadi kamu bisa langsung melakukan transaksi QRIS melalui aplikasi satu ini. Yuk, lengkapi transaksi QRIS kamu dengan aplikasi Flip! Download aplikasinya sekarang juga melalui Apple App Store atau Google Play Store!


 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi