mural
homeforward
7 Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal, Sudah Pernah Coba?

7 Makanan Khas Malaysia Paling Terkenal, Sudah Pernah Coba?

Malaysia punya banyak hidangan lezat yang pasti terasa cocok di lidah Indonesia. Pasalnya, masakan khas Malaysia kaya bumbu sehingga terasa sangat lezat. Selain itu, pengaruh berbagai budaya seperti India, Cina, dan Melayu juga menghasilkan hidangan yang menggugah selera.

Kalau berkunjung ke Malaysia, jangan lupa cicipi 7 makanan ini, ya!

Baca juga: Biaya Hidup di Malaysia Per Bulan dan Tips Jitu Menghemat Uang

 

Nasi Lemak

makanan khas malaysia.jpeg

Sumber : Intip Seleb

Makanan khas Malaysia yang pertama adalah nasi lemak, hidangan nasional negara tersebut. Hidangan ini dibuat dengan nasi yang dirsebut di air dengan santan, daun pandan, dan berbagai bumbu lainnya. Hasilnya adalah nasi yang gurih dan lezat.

Selanjutnya, hidangan ini disajikan dengan sambal, ikan teri goreng, dan kacang panggang. Hidangan pendampingnya bisa beragam seperti telur, tahu, cumi-cumi, ayam goreng, dan lain-lain. 

 

Assam Laksa

makanan khas malaysia 1.png

Sumber : Resep

Hidangan ini terbuat dari mie beras tebal yang disiram kuah kental. Kuah assam laksa memiliki rasa manis, gurih dan asam. Kemudian, hidangan ini dihidangkan dengan irisan ikan, taburan bawang yang diiris halus, mentimun, selada, nanaas, cabai merah, daun mint, dan tunas bunga kantan. 

Sekilas rasanya memang mirip dengan tom yum, namun rasanya lebih ringan. Kuahnya berwarna kekuningan kental dengan banyak rempah di dalamnya. Untuk mencicipi hidangan lezat ini, kamu bisa mampir ke Penang yang merupakan kota khas asal hidangan ini.

 

Curry Mee 

makanan khas malaysia 2.jpeg

Sumber : School

Selanjutnya adalah Curry Mee atau yang juga dikenal dengan nama Curry Laksa. Hidangan ini merupakan perpaduan dari masakan Cina, Melayu, Thailand, and India. Curry Mee adalah semangkuk mie kuah yang dihidangkan dengan kecambah, irisan tahu, ayam, udang, daun bawang, irisan jeruk nipis, serta sambal. 

Kuah kental hidangan ini memiliki campuran rasa pedas, gurih, dan kaya rasa rempah lainnya. Hidangan ini sangat terkenal di Malaysia sehingga sangat mudah ditemukan. Biasanya, Curry Mee dinikmati saat sarapan atau makan siang.

 

Roti Canai 

makanan khas malaysia 3.jpeg

Sumber : Liputan6

Makanan khas Malaysia selanjutnya adalah Roti Canai. Hidangan ini merupakan pengaruh dari budaya India yang masuk ke Malaysia. Di negara ini, Roti Canai menjadi makanan sarapan yang sangat populer. 

Roti ini terbuat dari tepung, air, dan mentega dan dibentuk bulat pipih. Kemudian, adonan dipanggang sebentar di atas sedikit minyak. Biasanya, Roti Canai dinikmati bersama kari kambing atau domba. Rasanya yang gurih menjadikan hidangan ini sangat cocok sebagai menu sarapan bersama masakan khas Malaysia lainnya.

 

Durian Goreng 

makanan khas malaysia 4.jpeg

Sumber : Klik Dokter

Tidak semua orang menyukai buah durian, namun kalau kamu termasuk penyuka buah ini, maka jangan lewatkan hidangan istimewa dari Malaysiai ini. Cara membuat cemilan ini sangat mudah. Pertama, durian yang sudah matang dipisahkan dari bijinya, kemudian dilapisi dengan adonan yang terbuat dari tepung.

Selanutnya, durian yang sudah dilapisi adonan tepung digoreng dalam minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan. Hasilnya adalah cemilan renyah di luar dengan tekstur yang lembut dan manis di bagian dalam. Rasa manis dan unik durian akan semakin kuat karena proses penggorengan. Hasilnya adalah cemilan yang lezat dan kaya rasa. 

Cemilan ini bisa dinikmati langsung begitu saja atau ditambahkan dengan taburan sirup manis atau gula bubuk. Beberapa toko terkadang juga menambahkan es krim atau susu kental manis untuk menambah rasa manis.

 

Teh Tarik

makanan khas malaysia 5.jpeg

Sumber : VOCKET

Teh tarik merupakan minuman populer di Malaysia, terutama di antara komunitas India-Muslim. Minuman manis ini lezat dinikmati panas maupun dingin sepanjang hari. Teh ini dibuat menggunakan teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis dan gula. Selanjutnya, teh diseduh dengan air panas dan dituang bolak-balik di antara dua wadah sampai kental dan berbuih. Dari sinilah nama Teh Tarik berasal, yaitu dari gerakan menarik saat menuang teh.

Cara pembuatan yang menarik ini membutuhkan keterampilan khusus. Pasalnya, memindahkan bolak-balik antara dua wadah ternyata tidaklah mudah. Proses ini tidak hanya berfungsi untuk mencampur bahan-bahan yang digunakan, namun juga untuk menganginkan minuman sehingga teksturnya berubah lembut dan berbuih. 

 

Char Koay Kak 

makanan khas malaysia 6.jpeg

Sumber : Best Recipes

Makanan khas Malaysia selanjutnya adalah Char Koay Kak, salah satu cemilan yang populer di negara ini, terutama di Penang. Makanan gurih ini terbuat dari kue beras yang dikukus dan dipotong kotak. Selanjutnya, kue beras tersebut digoreng dengan berbagai macam bumbu untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan kaya rasa.

Bahan yang ditambahkan untuk membuat hidangan ini antara lain adalah lobak yang sudah diawetkan, kecap, bawang, telur, kecambah, dan terkadang sambal untuk memberi rasa pedas. Kue beras ini menyerap rasa bumbu dan bahan tambahan sehingga hasilnya adalah hidangan kenyal yang sangat lezat.

 

Baca juga: Tertarik Kuliah di Malaysia? Baca Dahulu Hal-Hal Penting Berikut!

Kamu bisa langsung meluncur ke negeri Jiran untuk menikmati berbagai hidangan lezat ini. Jangan khawatir dengan urusan keuanganmu karena dengan Flip Globe, kamu masih bisa transfer ke mana saja dengan lebih aman dan cepat. Dengan Flip, kamu bisa transfer hingga ke lebih dari 50 negara dengan kurs terbaik!

Yuk download Flip sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi