mural
homeforward
Biaya Hidup di Malaysia Per Bulan dan Tips Jitu Menghemat Uang

Biaya Hidup di Malaysia Per Bulan dan Tips Jitu Menghemat Uang

Tahukah kamu bahwa biaya hidup di Malaysia tergolong terjangkau? Tak heran apabila banyak mahasiswa maupun pekerja yang tertarik untuk menetap di Negeri Jiran. Selain murah, di Malaysia kamu bisa mengunjugi banyak tempat menarik dan mencicipi kuliner yang tak kalah lezat dengan Indonesia. 

 

          Baca Juga : Nggak Usah Jauh-jauh, Kuliah di 7 Universitas Terbaik di Malaysia, Yuk!

Mahalkah Hidup di Malaysia? 

Sebenarnya, biaya hidup di Malaysia tidak semahal negara Amerika ataupun Eropa. Cukup dengan uang saku sebesar RM1.200 atau setara dengan Rp4 jutaan. Agar lebih jelas, berikut kisaran biaya hidup untuk mahasiswa, pekerja, dan keluarga di Malaysia. 

Biaya Hidup di Malaysia Untuk Mahasiswa 

Biaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa yang tinggal sendiri di asrama atau apartemen memiliki perbedaan cukup banyak. Asrama menawarkan biaya sewa lebih murah, sedangkan apartemen lebih mahal. Namun, apartemen menyediakan ruang yang lebih bebas. 

Ketika orang tua atau saudara berkunjung, mereka bisa menginap di apartemen. Lain halnya apabila kamu tinggal di asrama. Meskipun demikian, ada baiknya untuk mempertimbangkan tempat tinggal. Kisaran sewa apartemen sekitar RM750 atau setara Rp2.5 juta per bulan. Asrama atau flat dibanderol dengan harga sewa sekitar RM600 atau setara Rp2 juta per bulan.

Biaya transportasi di Malaysia termasuk bersahabat. Kamu bisa menggunakan MRT, Bus Rapid KL, atau KL Monorail untuk menghemat uang. Apabila tempat tinggal berada dekat kampus, tentu hal ini sangat membantu kamu menekan pengeluaran bulanan.

Tak berbeda dengan Indonesia, harga makanan di Malaysia masih dalam batas wajar. Berbekal uang RM15 atau setara Rp50 ribu, kamu bisa makan selama satu hari penuh dengan lauk lengkap. 

Biaya Hidup di Malaysia Untuk Pekerja 

Biaya hidup di Malaysia untuk pekerja tak jauh berbeda dengan mahasiswa. Rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar RM1500 atau setara Rp5 juta. Tentunya, kamu harus menghemat pengeluaran dengan mengurangi belanja yang kurang begitu dibutuhkan. Kamu juga bisa berbagi kamar dengan teman sekantor untuk menghemat biaya sewa apartemen atau flat.  

Alih-alih terus membeli makanan, lebih baik kamu memasak sendiri. Berbekal uang RM15 atau setara 50 ribu, kamu bisa memasak menu makan untuk dinikmati bersama teman sekamar sehari penuh. 

Kalau lokasi tempat tinggal mengharuskan kamu menggunakan kendaraan umum, disarankan untuk membeli tiket bulanan. Dibandingkan tiket sekali jalan, tiket bulanan lebih hemat hingga 20%. Uang ini bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain. 

 

          Baca Juga : 4 Universitas di Singapura Ini Tawarkan Beasiswa S1 Penuh!

Biaya Hidup di Malaysia Keluarga 

Biaya hidup di Malaysia untuk keluarga umumnya berkisar RM2.000 atau setara Rp6.8 juta. Namun, perlu diingat bahwa pengeluaran tersebut bisa lebih tinggi apabila kamu telah memiliki anak. Untuk menekan biaya bulanan, disarankan menyewa hunian yang letaknya strategis. Selain hemat waktu perjalanan, biaya transportasi juga akan lebih murah. 

Lantaran tinggal bersama keluarga, kebutuhan bulanan tentu akan berbeda dengan mahasiswa dan pekerja yang belum menikah. Meskipun demikian, kamu tetap bisa menikmati hiburan dengan makan di restoran, berjalan-jalan ke tempat wisata, atau menginap di hotel bintang bersama pasangan. Hal ini bisa diwujudkan apabila kamu pandai mengelola keuangan secara cermat. 

Tips Menghemat Uang di Malaysia 

Untuk mendapatkan biaya hidup di Malaysia paling murah, berikut tips yang dapat kamu aplikasikan.

  • Buat rencana anggaran dan skala prioritas dalam periode satu bulan. Sesuaikan rencana anggaran tersebut dengan uang yang kamu miliki. 
  • Pastikan untuk menyisihkan dana darurat setiap untuk mengantisipasi keadaan mendesak.
  • Belanja barang yang benar-benar kamu butuhkan, bukan hanya keinginanmu saja.
  • Rajin mencari informasi mengenai promo baik makanan, fesyen, buku, tempat wisata, hotel, atau hiburan lainnya.
  • Sisihkan uang dengan menabung kembalian belanja. Gunakan uang ini ketika diperlukan. Misalnya: untuk jalan-jalan, uang makan di akhir bulan, atau lainnya. 

Demikianlah informasi mengenai biaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa hingga keluarga. Gunakan informasi tersebut sebagai gambaran sebelum memutuskan menetap di Malaysia. Bagi kamu yang sudah tinggal di Malaysia dan ingin transfer ke luar negeri dengan aman tanpa repot, gunakan layanan Flip Globe. Dijamin transfer jadi praktis tanpa harus ke bank! Yuk, unduh dan pakai Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi