mural
homeforward
Cara Praktis Menggunakan Kuota Lokal Smartfren Agar Tidak Hangus

Cara Praktis Menggunakan Kuota Lokal Smartfren Agar Tidak Hangus

Saat akan membeli pulsa atau paket data, kamu akan melihat ada banyak pilihan jenis kuota. Mulai dari kuota utama, kuota malam, kuota lokal, dan lain-lain. Nah, salah satu yang menarik adalah kuota lokal yang tidak banyak orang tahu apa kegunaannya.

Kuota lokal Smartfren biasanya didapatkan ketika beru bergabung menjadi pengguna Smartfren atau merupakan pelanggan baru. Nah, tahukah kamu apa itu kuota lokal? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Pulsa Habis, No Worry! Ini Cara Minta Pulsa Darurat Smartfren

Apa itu Kuota Lokal Smartfren?

manfaat kuota lokal smartfren

Sumber: Freepik

Smartfren menghadirkan kuota lokal untuk para penggunanya. Kuota ini hanya dapat digunakan di lokasi seusai dengan wilayah atau zona yang sudah ditentukan. Jadi kuota ini memang khusus digunakan untuk daerah tersebut saja. 

Jika kamu keluar dari wilayah tersebut, maka kuota kuota lokal Smartfren tidak aka bisa digunakan lagi. Umumnya, saat berpindah lokasi, maka kuota utama yang akan terpakai. Kuota jenis ini biasanya akan kamu dapatkan saat membeli salah satu paket kuota Smartfren. Namun, terkadang kuota ini juga bisa diberikan sebagai bonus.

Manfaat Kuota Lokal?

Banner Pulsa dan Paket Data

Tidak banyak yang tahu bahwa kuota lokal sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi pengguna. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Cakupan jaringan lebih optimal

Cakupan jaringan yang diberikan kuota lokal umumnya lebih optimal di daerah yang sudah ditentukan. Jadi, pengguna bisa menikmati akses internet yang lebih baik dan stabil di wilayah lokal mereka.

2. Internet lebih cepat dan stabil

Kecepatan internet kuota lokal Smartfren juga cenderung lebih cepat dan stabil jika dibandingkan dengan jaringan kuota umum. Jadi, kamu akan mendapatkan pengalaman akses internet yang lebih baik.

3. Peningkatan aksesibilitas

Kuota ini dapat meningkatkan aksesibilitas layanan telekomunikasi bagi masyarakat di daerah pedesaan. Jadi hal ini bisa sedikit mengurangi kesenjangan digital sehingga adapat membantu masyarakat pedesaan mendapatkan akses internet yang lebih mudah.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren 

cara menggunakan kuota lokal smartfren

Sumber: Freepik

Cara menggunakan kuota lokal sebenarnya sangat sederhana. Umumnya, kamu sudah bisa menggunakan kuota ini hanya dengan berada di daerah yang sudah ditentukan sebelumnya. Pasalnya, kuota ini akan langsung aktif ketika kamu berada di kota tersebut.

Kalau kamu mendapatkan kuota jenis ini, maka berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengklaim kuota lokal.

1. Aplikasi my SF

Kamu bisa mengaktfikan kuota lokal melalui aplikasi resmi Smartfren, yaitu mySF. Pertama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi ini di ponsel. Selanjutnya, login menggunakan nomor Smartfren kamu,

Setelah masuk ke halaman utama, lakukan klaim untuk mengaktifkan kuota lokal. Beberapa saat kemudian akan muncul notifikasi bahwa kuota lokal telah diaktifkan. Pengguna baru akan mendapatkan kuota lokal gratis saat baru mengaktifkan.

2. Kode USSD

Jika kamu belum memiliki jaringan internet yang aktif, maka kamu bisa mengaktifkan kuota lokal menggunakan SSD. Caranya, buka panggilan pada ponsel, lalu tekan *123*789#. Kemudian akan muncul pesan di halaman selanjutnya dan kamu bisa mengaktifkan kuota lokal di tampilan tersebut.

Setelah melakukan klaim kuota lokal, kamu sudah bisa menggunakannya. Jika kuota tersebut sudah aktif, maka secara otomatis kuota tersebut akan lebih diprioritaskan daripada penggunaan kuota utama untuk mengakses internet. Jadi, tidak ada langkah lain yang perlu dilakukan untuk menggunakan kuota lokal.

Baca Juga: 3 Cara Beli Paket Smartfren untuk Internetan

Meskipun demikian, biasanya ada jam-jam tertentu ketika kuota lain yang akan diprioritaskan. Misalnya,  ketika kamu mengakses internet pada jam 1 malam sampai 5 pagi, maka kuota malam akan lebih diprioritaskan. Setelah melewati waktu tersebut, maka kuota lokal otomatis digunakan kembali.

Jika kuota lokal sudah habis, maka pemakaian internet akan beralih ke kuota utama. Agar kuota utama tidak cepat habis, dan kuota lokal dapat terpakai maksimal, pastikan lokasi kamu berada sama dengan saat membeli pake kuota lokal tersebut. Pasalnya, kuota ini tidak akan bisa dipakai jika kamu berpindah ke lokasi atau daerah lain.

Jika pulsa maupun kuota kamu sudah habis, kamu juga bisa mengisinya kembali dengan mudah menggunakan aplikasi Flip. Beli pulsa pakai Flip jelas lebih murah karena kamu akan mendapatkan harga agen. Isi pulsa Rp100 ribu, kamu hanya perlu membayar Rp96 ribu (harga sewaktu-waktu bisa berubah). 

Tidak hanya itu saja, isi paket data juga murah karena bisa mulai dari Rp1000 saja. Sangat cocok untuk semua orang apalagi di tanggal tua! Selain lebih murah, beli pulsa pakai Flip juga lebih mudah dan lebih praktis karena bisa dilakukan hanya dalam 3 langkah.

Jadi, jangan salah pilih ya! Pakai Flip sekarang juga untuk beli kuota lokal Smartfren sekaligus mengatur segala kebutuhan keuanganmu dengan lebih mudah!

Beli Pulsa dan Paket Data

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi