mural
homeforward
Panduan Singkat Kuliah di Swiss, Jangan Lupa Persyaratannya

Panduan Singkat Kuliah di Swiss, Jangan Lupa Persyaratannya

Kuliah di Swiss dipandang bergengsi dan jadi impian mahasiswa internasional. Swiss termasuk negara maju Eropa dengan pemandangan cantik yang bikin siapa saja terpukau.

Jika kamu sedang mempertimbangkan Swiss sebagai destinasi studi, panduan dan persyaratan kuliah di Swiss berikut ini wajib disimak baik-baik. 

Baca juga: Top 10 Universitas di Eropa, Ada yang Peringkat 1 Dunia!

 

Persyaratan Kuliah di Swiss

40-1 Optima Education.jpg

Sumber : Optima Education

Mendaftar kuliah di negara yang identik dengan Pegunungan Alpen ini tidak begitu sulit selama kamu menyediakan dokumen lengkap. Perlu diingat, Swiss tidak menerapkan sistem penerimaan terpusat. 

Kamu harus mendaftar langsung ke kampus yang dituju sesuai keinginan. Secara umum, persyaratan kuliah di Swiss adalah:

Mengantongi Sertifikat Nilai Kurikulum Internasional

Misalnya, IB atau International Baccalaureate, A-Level, dan O-Level. Perhatikan juga bahwa jurusan dan jenjang pendidikan pilihanmu akan menentukan nilai serta mata pelajaran mana saja yang wajib memenuhi kriteria dari universitas tujuan. 

Hasil Tes Bahasa Inggris

Semua universitas di Swiss meminta para calon mahasiswa menyertakan hasil tes bahasa Inggris yang bersertifikasi internasional, seperti IBT TOEFL, PTE, dan IELTS. Besar skornya dapat berbeda-beda sesuai jurusan dan jenjang pendidikan yang diambil.

Dokumen Pelengkap Lainnya

Selain dua persyaratan kuliah di Swiss tadi, kamu perlu menyertakan dokumen pelengkap, antara lain:

  • Paspor dan visa pelajar
  • Application letter 
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Ijazah atau transkrip nilai pendidikan terakhir
  • CV
  • Letter of acceptance dari kampus tujuan
  • Asuransi kesehatan. 

 

Berapa Biaya Kuliah di Swiss?

Biaya kuliah di Swiss dapat berbeda antara universitas negeri dan swasta. Begitu pula program studi yang ditempuh. Umumnya, jurusan seperti sains, teknik, dan kedokteran memiliki biaya kuliah lebih tinggi.

Universitas negeri di Swiss menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan biaya mulai 800 CHF sampai 1.500 CHF per semester, setara dengan Rp12,2 juta hingga Rp22,8 juta. Beberapa universitas menerapkan biaya berbeda antara mahasiswa Swiss dan mahasiswa internasional.

Misalnya, University of Bern, mahasiswa Swiss cukup membayar 750 CHF, sedangkan mahasiswa non-Swiss harus membayar 950 CHF. Sebaliknya, di ETH Zurich mahasiswa Swiss dan non-Swiss membayar biaya sama, yaitu sekitar 1.298 CHF. 

 

Apakah Biaya Hidup di Swiss Mahal?

Dibandingkan negara Eropa lainnya, biaya hidup di Swiss boleh dibilang sangat mahal. Kamu harus pandai berhemat supaya bisa menghidupi diri dengan uang yang ada. 

Sebagai ilustrasi, jika kamu memilih makan di luar setidaknya perlu mengeluarkan kocek senilai 1.320 CHF (Rp21 juta) per bulan. Sementara, sewa apartemen mulai 1.259 CHF atau Rp20 jutaan per bulan, tergantung lokasi dan ukuran kamar. Kamu juga perlu mengeluarkan biaya listrik, air, pemanas, dan sampah dengan estimasi 214,10 CHF atau Rp3,5 jutaan. 

Dengan biaya hidup mahal, kamu tentu harus menyiasati uang kiriman supaya cukup sampai akhir bulan. Kabar baiknya, kamu bisa mengajukan beasiswa kuliah di Swiss maupun bekerja paruh waktu demi menambah uang saku.

 

Jurusan Pilihan Kuliah di Swiss

40-2 iStock.jpg

Sumber : iStock

Swiss memiliki beberapa universitas kelas dunia yang menjadi magnet mahasiswa internasional. Beberapa universitas tersebut antara lain:

ETH Zurich

Universitas terbaik Swiss ini masuk Top 10 Times Higher Education World University Rankings 2023 lho. Sesuai namanya, jurusan teknik dan teknologi jadi primadona kampus ini, diikuti jurusan sains dan ilmu alam. 

Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne

Universitas sains dan teknologi yang berlokasi di Lausanne ini adalah “kembaran” ETH Zurich. EPFL mempunyai 13 program studi sarjana dan magister yang meliputi ilmu dasar, arsitektur, konstruksi, teknik, lingkungan, ilmu pengetahuan murni dan terapan, serta humaniora. 

University of Zurich

Universitas terbesar di Swiss ini terkenal dengan beberapa program studi andalan, seperti ilmu sosial, ilmu hayati, fisika, serta bisnis ekonomi. University of Zurich juga memiliki museum dan pusat kegiatan pendidikan yang terbuka untuk publik.

Business & Hotel Management School (BHMS)

Berlokasi di Lucerne, BHMS merupakan sekolah favorit untuk kamu yang ingin terjun ke bidang hospitality. Gelar Bachelor of Arts in Hotel & Hospitality Management bisa dimiliki usai 18 bulan masa studi dan 18 bulan program internship. BHMS bekerja sama dengan agen penempatan internasional sehingga lulusannya bisa segera bekerja di industri perhotelan sesuai latar pendidikan yang ditekuni. 

Glion Institute of Higher Education

Swiss adalah tujuan pertama mereka yang ingin belajar perhotelan, salah satunya ke Glion Institute of Higher Education. Glion mampu memadukan pendidikan bisnis terapan dan perkuliahan praktikal untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam bidang hospitality. Kampus Glion berada di Montreux sehingga mempermudah akses menuju beberapa kota dengan atraksi wisata kelas dunia, seperti Lyon, Milan, Turin, dan Chamonix. 

 

Baca juga: Cara Kuliah di Kanada, Bisa Lewat Beasiswa Ini

Kuliah di Swiss bisa kamu masukkan dalam daftar demi menikmati pengalaman kuliah yang mengesankan. Pastikan kamu mendaftar sesuai universitas yang diminati dan cek ulang persyaratan kuliah di Swiss agar prosesnya lancar. 

Nah, untuk memperlancar urusan pembayaran biaya kuliah, kamu bisa download aplikasi Flip di sini. Ada fitur Flip Globe yang mempermudah pengiriman uang ke lebih dari 55 negara dengan tarif murah, transparan, dan berlangsung real-time

Yuk, transfer uang internasional dengan Flip Globe saja!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi