mural
homeforward
Panduan Lengkap Kode Bank DKI untuk Kemudahan Transaksi

Panduan Lengkap Kode Bank DKI untuk Kemudahan Transaksi

Apakah kamu pemilik rekening Bank DKI? Kalau iya, kamu perlu tahu kode Bank DKI sebelum kirim uang. Soalnya, kode ini memiliki peranan yang penting untuk memastikan bahwa uangmu bisa segera diterima oleh pemilik rekening tujuan. 

Ya, bahkan jika rekening tersebut berasal dari bank yang berbeda. Untuk mempersiapkan diri dari sekarang, yuk, simak informasi selengkapnya melalui tulisan ini!

Baca Juga: Kode Bank Terlengkap di Indonesia

Kegunaan Utama Kode Bank DKI

kegunaan kode bank dki

Sumber: Freepik

Rangkaian angka yang merupakan bagian dari kode Bank DKI memiliki fungsi yang tak tergantikan demi keamanan transaksi, lho. Sebab, kode tersebut berguna untuk mengidentifikasi bank penerbit rekening yang akan dituju. Dengan demikian, dana yang kamu kirimkan akan berakhir di rekening penerima, bukan milik orang lain. 

Hal ini juga akan memastikan pencatatan transaksi secara akurat sebagai bukti jika kamu perlu menyanggah pengiriman uang yang tidak diketahui, tapi tiba-tiba muncul di mutasi rekeningmu.

Berapa Kode Bank DKI?

Kode Bank DKI terdiri dari dua jenis, yaitu kode untuk rekening Bank DKI yang biasa dan Bank DKI Syariah. Kode transfer untuk tujuan rekening Bank DKI adalah 111, sedangkan kode Bank DKI Syariah adalah 724. 

Mengingat bahwa kedua kode tersebut tidaklah sama, pastikan kamu mengingat angka yang tepat dan mengeceknya kembali sebelum melanjutkan proses transfer dana. Sebab, dana yang sudah ditransfer dari rekening akan sangat sulit dikembalikan, terutama jika diakibatkan oleh kesalahan nasabah saat memasukkan kode bank serta nomor rekening tujuan. 

Jadi, sebelum kirim uang, kamu perlu mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah rekening tujuanmu merupakan produk perbankan biasa atau syariah.

Cara Menggunakan Kode Bank DKI

Kirim uang jadi hemat pakai Flip

Menggunakan kode Bank DKI untuk keperluan transfer uang sama sekali tidak sulit, kok! Caranya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana berikut saat ingin mengirim uang dari rekening bank lain ke Bank DKI:

  1. Kunjungi mesin ATM terdekat karena transaksi menggunakan metode lain seperti mobile banking dan internet banking tidak perlu meng-input kode transfer bank;
  2. Masukkan kartu debit yang kamu punya dan PIN-nya;
  3. Pilih menu “Transfer” > “Transfer Antar Bank” atau “Transfer ke Bank Lain”;
  4. Masukkan kode Bank DKI atau Bank DKI Syariah diikuti dengan nomor rekening tujuan;
  5. Masukkan nominal uang yang akan kamu kirimkan;
  6. Pastikan detail nominal transfer dan nama penerima sudah sesuai di layar. Jika sudah, kamu bisa memasukkan PIN transaksi lagi dan menunggu sampai ada notifikasi keberhasilan transfer;
  7. Mesin ATM akan mencetak struk bukti transfer. Pastikan kamu menyimpannya baik-baik sebelum meninggalkan ATM.

Perlu diingat bahwa petunjuk spesifik di setiap layar mesin ATM bisa berbeda-beda. Namun, langkah-langkah di atas berlaku secara umum untuk mayoritas mesin ATM dari berbagai bank di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Kode Bank Maybank untuk Berbagai Transaksimu!

Cara Hemat dan Gampang Kirim Uang ke Rekening Bank DKI

cara mudah kirim uang tanpa kode bank dki

Sumber: Freepik

Bagaimana kalau kamu tidak ingin menghafalkan apalagi mengetikkan kode Bank DKI ataupun kode Bank DKI Syariah secara manual saat kirim uang ke orang lain? Tenang dulu, karena ada cara otomatis yang lebih gampang dan bahkan bisa membantumu berhemat, lho! Kuncinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Flip untuk transfer uang.

Melalui fitur Money Transfer di aplikasi Flip, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor rekening tujuan yang diinginkan dan mengecek apakah nama pemiliknya sudah sesuai. Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan nominal transfer dan mengirimkan uang sesuai jumlah yang tertera ke rekening Flip melalui rekening bank asalmu. 

Jangan khawatir, transaksi ini lebih hemat biaya admin karena kamu hanya akan mentransfer ke rekening bank yang sama! Lalu, Flip akan meneruskan uangmu ke penerima hanya dalam hitungan menit, dan transaksi sudah selesai. Kamu bisa langsung mengirimkan bukti transfer sahnya ke pemilik rekening tujuan, deh. Gampang sekali, kan?

Itulah informasi lengkap tentang kode Bank DKI, mulai dari angkanya serta cara menggunakannya. Untuk transaksi yang lebih gampang dan cepat, kamu juga bisa coba kirim uang ke rekening Bank DKI dengan aplikasi Flip, lho! Dengan begitu, kamu tidak perlu memasukkan kode transfer atau membayar biaya administrasi yang mahal, deh. Penasaran? Yuk, download aplikasinya sekarang dan lunasi kewajiban pembayaranmu dengan lebih mudah!

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi