mural
homeforward
Kode Bank BNI dan Cara Pemakaiannya untuk Transfer Dana

Kode Bank BNI dan Cara Pemakaiannya untuk Transfer Dana

Pengetahuan terkait berbagai layanan Bank BNI perlu kamu pahami. Apalagi, kalau kamu memiliki rekening di sana. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kesulitan saat memerlukan informasi tertentu. Salah satunya adalah terkait cara transfer antarbank serta penggunaan kode bank BNI.

Baca Juga: Kode Bank BCA Dan Cara Penggunaannya Untuk Transfer Dana 

Penggunaan Kode Bank BNI untuk Transfer Dana

bni

Sumber : Detik Finance

Setiap bank mempunyai kode tersendiri. Pemakaian kode tersebut bertujuan sebagai identitas bank ketika nasabah melakukan transfer dana. Kode tersebut terdiri dari 3 digit angka. Untuk Bank BNI, kodenya adalah 009. 

Karena fungsinya adalah untuk keperluan transfer dana, banyak orang menyebut kode bank sebagai kode transfer. Cara penggunaannya mudah. Kamu dapat menuliskan kode tersebut ketika melakukan pengiriman dana dari bank lain ke rekening BNI. 

Biar lebih jelas, simak cara penggunaan kode transfer BNI lewat ATM sebagai berikut: 

  • Siapkan kartu debit yang ingin kamu gunakan untuk mentransfer dana
  • Datangi kantor ATM sesuai kartu debit yang kamu gunakan. Utamakan untuk memakai ATM yang sesuai, biar tidak ada biaya tambahan
  • Masukkan kartu debit ke mesin ATM dan masukkan PIN dengan benar
  • Tekan opsi Menu Lain dan pilih Transfer
  • Tekan pilihan Dari Rekening Tabungan dan pilih Rekening Bank Lain
  • Tuliskan kode Bank BNI yang kemudian dapat kamu lanjutkan dengan nomor rekening tujuan
  • Tulis jumlah dana yang ingin kamu transfer
  • Periksa kembali data transfer yang tengah berlangsung. Cek untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan nomor rekening dan nominal uang yang dikirim. Kalau sudah benar, tekan tombol Ya untuk konfirmasi

Ketentuan Penting Terkait Layanan Transfer Bank BNI ke Sesama dan Bank Lain

bni

Sumber : Koran News

Seperti halnya bank lain, kamu akan menjumpai adanya ketentuan terkait penggunaan layanan transfer dana di Bank BNI. Tidak cuma ketentuan yang berkaitan dengan biaya transfer, tetapi ada pula hal yang memiliki kaitan dengan nominal transfer paling kecil yang bisa dilakukan. 

Minimal Transfer Bank BNI ke Sesama dan Bank Lain

Dibandingkan dengan bank lain, BNI menerapkan syarat minimal transfer yang sangat fleksibel. Mereka menerapkan standar kebijakan yang sama baik ketika transfer ke sesama maupun ke bank lain. Dalam aturannya, BNI memberlakukan kebijakan minimal transfer Rp1. 

Kebijakan terkait minimal transfer Rp1 ini berlaku secara universal. Dengan adanya aturan seperti ini, kamu bisa melakukan pengiriman dana dengan nominal Rp1.000 ke sesama rekening BNI, nasabah bank Himbara, maupun nasabah bank lain seperti BCA. 

Selain berkaitan dengan minimal transfer, kamu perlu pula mengetahui batas limit maksimal pengiriman dana dari rekening BNI ke rekening lain, baik sesama BNI maupun antarbank. Hanya saja, kamu perlu memahami limit transfer per hari berdasarkan jenis kartu debit yang digunakan. 

Saat mengirim dana dari BNI ke sesama BNI ataupun bank lain, kamu tak perlu memasukkan kode Bank BNI. Namun, ada perbedaan berkaitan dengan limit transfer yang dilakukan dengan tujuan rekening BNI dan rekening bank lain. 

Sebagai contoh, pengguna kartu debit Gold BNI bisa melakukan transfer dana ke sesama pengguna BNI dengan jumlah total mencapai Rp100 juta per hari. Sementara itu, pengiriman dana ke bank lain dibatasi hanya pada angka Rp25 juta per hari. 

Biaya Transfer dari Bank BNI ke Sesama dan Bank Lain

Selanjutnya, kamu perlu mencermati adanya ketentuan terkait biaya transfer. Ketentuan terkait biaya transfer mempunyai perbedaan bergantung dengan metode transfer yang kamu gunakan. 

Untuk proses transfer dana dari rekening BNI ke rekening BNI, kamu bisa melakukannya secara gratis. Kebijakan ini berlaku di semua platform. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini saat di ATM BNI, ATM Link, maupun ATM Link Himbara.

Untuk proses transfer ke bank lain, kamu tidak perlu memasukkan kode Bank BNI. Sebagai gantinya, kamu harus memperhitungkan biaya transfer yang ditetapkan oleh BNI. 

Dalam ketentuannya, BNI memberlakukan biaya transfer antarbank berkisar antara Rp4.000 hingga Rp25.000 untuk setiap transaksi. Berikut ini adalah beberapa rinciannya: 

  • Biaya transfer dari BNI ke Mandiri via ATM Link Himbara: Rp4.000
  • Biaya transfer dari BNI ke Mandiri via ATM Bersama: Rp6.500
  • Biaya transfer BNI ke Mandiri di RTGS: Rp25.000
  • Biaya transfer dari BNI ke BCA di ATM Link Himbara: Rp6.500
  • Biaya transfer dari BNI ke BCA via internet banking: Rp6.500

Cukup besar biayanya, kan? Apalagi, kalau kamu aktif dalam melakukan kegiatan pemindahan dana dari BNI ke rekening di bank lain. Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan solusi alternatif dengan aplikasi Flip.

Baca Juga: Kode Bank BRI Dan Cara Pemakaiannya Untuk Transfer Dana 

Flip membantu kamu untuk melakukan aktivitas transfer antarbank tanpa pusing dengan biaya admin. Berkat Flip, proses transfer beda bank bisa kamu lakukan secara gratis. Dengan Flip, kamu bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah yang cukup signifikan. 

Yuk, mulai berhemat dengan menggunakan Flip!

New Banner Transfer

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi