mural
homeforward
Ayo Cari Kerja di Korea! Begini Caranya

Ayo Cari Kerja di Korea! Begini Caranya

Korea Selatan, atau sering disebut Korea, dikenal karena industri hiburan dan gaya hidupnya yang mendunia. Mulai dari musik, produk-produk perawatan kecantikan, drama, dan sebagainya. Kalau kamu juga suka dengan hal-hal berbau Korea, pernahkah berpikir untuk kerja di Korea? Yuk, coba simak peluang dan caranya di bawah ini.

Baca Juga: Syarat Dan Cara Daftar G To G Korea Industri Shipbuilding

5 Alasan Mencari Kerja di Korea

kerja di korea

Sumber : Envato

Ada beragam alasan seseorang ingin mengadu nasib ke Korea. Lima poin di bawah inilah di antaranya.

Orang Indonesia disukai di Korea

Orang Indonesia dikenal sopan, sabar, penurut, rajin, dan tidak banyak menuntut. Hal ini membuat banyak pebisnis asing suka bekerja sama dan mempekerjakan orang Indonesia.

Gaji Disamakan dengan Warga Negara Korea

Ketika diterima sebagai pekerja di Korea Selatan, standar gaji akan disamakan dengan gaji warga negara Korea. Bagi kebanyakan orang Indonesia, standar gaji tersebut dianggap sangat mencukupi. Dengan demikian, Korea Selatan pun menjadi salah satu destinasi impian untuk mencari pekerjaan.

Minim Diskriminasi Agama

Pada banyak negara, sering terjadi diskriminasi terhadap pemeluk agama tertentu. Namun, tidak demikian halnya dengan Korea Selatan. Hukum di negeri itu dikenal tegas untuk menindak perilaku-perilaku diskriminatif, terlebih untuk alasan agama. Pekerja asing pun merasa aman dan terlindungi.

Bisa Kerja Sambil Kuliah

Ketika bekerja di Korea Selatan, sangat mungkin bagimu untuk memanfaatkan sebagian waktu luang untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Banyak pekerja migran yang masuk melalui program G to G telah berhasil menyelesaikan kuliah sambil bekerja di Korea.

Biaya Hidup Terjangkau

Biaya hidup di Korea masih relatif terjangkau oleh warga Indonesia dengan penghasilan yang akan diterima. Biaya hidup sehari-hari tidak terlalu mencekik seperti halnya yang terjadi di sebagian negara.

Cara Bekerja di Korea

kerja di korea

Sumber : Envato

Banyak jalan menuju Roma. Demikian pula, terdapat jalan merantau ke Korea yang bisa ditempuh sesuai tujuan dan keadaanmu.

Mengikuti Program G to G

Program kerja di Korea  ini bisa dibilang banyak diminati karena syarat pendidikan yang diperlukan hanya lulusan SLTP/sederajat. Walaupun demikian, gaji yang diterima tidak bisa disepelekan. Bahkan, tidak sedikit Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korea yang bisa menyelesaikan pendidikan tingginya sambil mencari cuan di Korea.

Popularitas program G to G membuat seleksi penerimaan pekerja cukup ketat. Calon PMI bahkan tidak ragu menggelontorkan dana dulu untuk mengikuti kursus agar bisa lulus seleksi dan mengais rezeki di Korea.

Bekerja di Perusahaan dengan Cabang di Korea

Jika kamu merupakan lulusan perguruan tinggi dan bisa bekerja dengan cemerlang, cobalah bekerja di perusahaan yang memiliki cabang di Korea. Perusahaan tersebut bisa saja perusahaan Indonesia maupun perusahaan global. Karir cemerlangmu mungkin bisa membawamu ditempatkan di kantor cabang Korea.

Menjadi Asisten Riset di Institusi Pendidikan Korea

Sebagai lulusan sarjana, kamu bisa mencari peluang sebagai asisten riset di institusi pendidikan Korea. Banyak universitas membutuhkan asisten untuk membantu kelancaran dan kemajuan riset di kampus. Kamu bahkan bisa melamar posisi ini sambil menempuh pendidikan sebagai mahasiswa kampus tersebut. Sebagai asisten riset, tentu saja kamu akan memperoleh bayaran.

Menjadi Lulusan Sekolah Milik Korea

Warga negara asing dinilai sangat sulit untuk melamar pekerjaan di Korea secara konvensional. Pemerintah Korea memang berkomitmen untuk mengutamakan warganya sendiri sebelum menerima pegawai asing. Namun, lain halnya jika kamu bersekolah di Korea dan menjadi lulusan salah satu sekolah yang dikenal di Korea. Peluangmu untuk memperoleh pekerjaan pun akan meningkat.

Membuka Bisnis di Korea

Cara kerja di Korea lainnya adalah dengan membangun bisnis di Korea. Kamu bisa bekerja sama dengan warga negara Korea dan mengembangkan sayapmu di negeri tersebut. Terlebih, produk Indonesia juga banyak diminati warga Korea Selatan. Hal tersebut merupakan salah satu peluang emas yang bisa kamu ambil. 

Syarat Kerja di Korea

Agar bisa bekerja di negerinya BTS ini, kamu harus banget menguasai bahasa Korea. Pelamar kerja diharuskan lulus EPS TOPIK terlebih dahulu. Selanjutnya, syarat-syarat lainnya tergantung dari program kerja yang ingin kamu jalani.

Sebagai contoh, untuk program G to G, pelamar kerja diharuskan memenuhi persyaratan:

  • Usia 18-39 tahun
  • Pendidikan minimal lulus SLTP
  • Tidak buta warna
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri.

Pada program-program yang lain, bisa saja terdapat persyaratan seperti prestasi akademik, rekomendasi, latar belakang pendidikan, dan lainnya. Kamu bisa mencari informasi resminya terlebih dahulu dan memenuhinya.

Besarnya gaji yang ditawarkan serta peluang-peluang yang tersedia membuat pencari kerja di Indonesia semakin tertarik untuk mencari peruntungan di negeri gingseng. Dengan jaminan keamanan dan tercukupinya fasilitas untuk pekerja asing, kamu bisa hidup layak sampai kembali lagi ke Indonesia.

Baca Juga: Tidak Bisa Login Edabu? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jadi, tidak perlu takut untuk mencoba kerja di Korea ya! Terlebih, keluarga dan kerabat di Indonesia bisa tetap memberikan dukungan, termasuk dukungan finansial. Flip Globe membuat transfer dana ke luar negeri jadi mudah. Aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore dan App Store ini menjamin keamanan kiriman danamu. Kamu pun tidak perlu takut tertipu tagihan tersembunyi.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi